Login

or


Email
Password

Mybody

6 HAL ANEH YANG TERJADI PADA TUBUH KETIKA HAID

25 Mei 2019

Selain perut kram dan mood yang selalu acak-acakan, ternyata ada 6 hal aneh lain yang muncul saat kita sedang memasuki masa haid. Blame it to our hormones, apakah kamu juga mengalaminya?

 

KEMAMPUAN KOGNITIF JADI MENURUN

Hampir 90% dari perempuan pernah merasakan nyeri perut di saat haid atau dysmenorrhea dengan kadar yang berbeda-beda. Tapi ternyata, rasa nyeri ini punya pengaruh besar pada kinerja otak kita sehingga kemampuan kognitif dari perempuan yang sedang haid jadi menurun.

Sebuah studi yang dilakukan dr. Ed Keogh dari Departemen Psikologi University of Bath menunjukkan kalau rasa sakit mempengaruhi bagaimana kita berpikir dan daya konsentrasi, serta kemampuan untuk mengerjakan hal yang kompleks.

Simpelnya, bisa jadi juga karena kita jadi terfokus sama rasa sakit yang sedang dirasakan, sehingga memikirkan hal lain jadi nomor dua. Ya kan?

 

DARAH YANG KELUAR BERWARNA COKELAT

Adda kalanya darah yang keluar saat masa haid nggak selalu merah, tetapi cenderung  berwarna kecokelatan. Walaupun kelihatannya aneh, ternyata hal ini termasuk normal dalam siklus haid kita. Kenapa? Karena darah cokelat yang keluar merupakan darah yang sudah mengalami proses oksidasi karena terlalu lama berada di dalam ovarium, dan biasanya darah cokelat ini keluar di masa-masa akhir siklus menstruasi.

 

INDERA PERASA MENJADI LEBIH SENSITIF

Merasa bau makanan atau parfum jadi lebih kuat? Atau kulit terasa lebih sensitif? Hal ini nggak aneh kok, dan wajar banget kita alami selama masa haid. Pelepasan hormon prostaglin yang berfungsi meluruhkan lapisan uterus membuat kita jadi lebih sensitif terhadap rasa sakit selama masa haid. Hormon ini juga yang menyebabkan perut kita kram dan terasa melilit saat haid.

 

SUARA BERUBAH JADI LEBIH BERAT

Walaupun nggak berubah banyak, hormon di tubuh kita juga mempengaruhi suara kita lho saat haid! Penelitian tentang hal ini pernah dilakukan oleh Nathan Pipitone dan Gordoon Gallup terhadap 10 orang perempuan yang diminta untuk menghitung 1-10 setiap menghadapi siklus menstruasi. Hasilnya, perempuan yang sedang mengalami masa haid cenderung berbicara dengan pitch suara yang rendah dan terdengar nggak mood.

 

RASA NYERI DAN KRAM YANG BERPINDAH-PINDAH

Sebagian dari kita mungkin pernah merasa nyeri haid yang berpindah-pindah, mulai dari perut, ke area punggung, bahkan kaki. Tapi hal ini ternyata wajar banget terjadi saat kita sedang mengalami siklus haid. Hal ini dikarenakan saraf yang terdapat pada aera pinggul masih ada kaitannya dengan saraf-saraf lain di tubuh kita, sehingga apabila berut mengalami nyeri, rasa sakit tersebut bisa menjalar ke area-area lain.

 

VAGINA MUDAH TERINFEKSI VIRUS DAN BAKTERI

Perubahan hormon juga meningkatkan kemungkinan vagina terinfeksi virus dan bakteri. Kenapa? Karena saat menstruasi, hormon ikut berperan memengaruhi kelembapan dan keseimbangan pH area vagina. Sehingga penggunaan pembalut yang kurang dapat menyerap cepat, terlalu lama, dan nggak rutin diganti bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi seperti keputihan, gatal, iritasi, hingga munculnya bau tak sedap. Jangan lupa untuk gunakan pembalut yang mampu menyerap cepat seperti Softex Comfort Slim Hello Kitty. Dengan Breathable Layer, yaitu lapisan bersikulasi udara untuk mencegah lembap, dan mampu menyerap cairan hanya 1 detik, sehingga kita nggak perlu khawatir terjadinya bocor. Selain itu, selalu rutin mengganti pembalut minimal tiap 4 jam sekali atau saat pembalut sudah terasa penuh sangat dianjurkan untuk mencegah pertumbuhan bakteri di area vagina.

 


Foto: Shutterstock

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

25 Mei 2019

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

25 Mei 2019

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

25 Mei 2019

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.