Login

or


Email
Password

Mybody

7 BAU BADAN YANG GAK BOLEH DICUEKIN!

25 Mei 2019

Setiap orang punya bau badan, seperti bau ketiak karena keringat habis olahraga atau bau mulut tiap bangun pagi adalah hal yang normal. Walaupun bikin gak nyaman tapi kebanyakan dari kita gak aware mana bau badan yang normal dan mana yang mengharuskan kita cek ke dokter. Karena ada beberapa bau badan yang ternyata gak boleh kita cuekin dan harus diwaspadai. Apa aja? Cek di sini!

 

Dilansir dari Bustle, menurut Dr. Nesochi Okeke-Igbokwe M.D., M.S., setiap orang punya aroma tubuh yang berbeda dan unik. Beberapa aroma atau bau badan yang dikeluarkan tubuh adalah bagian dari proses kimia alami tubuh. Namun, penting buat kita mengenali dan memperhatikan aroma atau bau tubuh sendiri sehingga bila ada perubahan bisa langsung dicari sebabnya.   

 

SMELLY URINE

Kalo kita buang air kecil dan berbau nyengat atau amis, bisa jadi kita ngalamin infeksi saluran kemih. Apalagi bila dibarengin gejala lainnya seperti demam, menggigil, rasa nyeri atau burning sensation ketika buang air kecil.

 

TERCIUM BAU AMIS DARI MISS V

Setiap cewek punya aroma Miss V yang berbeda, dan hal ini bisa berubah seiring siklus yang kita alami tiap bulan. Tapi kalo kita mencium aroma atau bau amis terus-terusan bisa jadi ada ketidaknormalan pada Miss V kita. Menurut Medic.com, bau amis pada Miss V bisa jadi ada gejala Bacterial Vaginosis. Ini adalah kondisi di mana bakteri yang tumbuh alami pada Miss V tumbuh tidak normal. Biasanya cewek yang ngalamin ini juga mengalami keputihan tidak normal.

 

BAU TIDAK SEDAP (BUSUK) YANG KELUAR PADA LUKA

Apabila pada luka kering (ataupun baru) tercium bau tidak sedap, bukan bau metal pada umumnya, ini berarti ada infeksi pada luka tersebut.

 

BAU MULUT TERUS MENERUS

Beda dengan bau mulut ketika kita puasa atau diet yang hilang ketika kita makan, bau mulut ini gak hilang biarpun sudah cuci mulut dengan freshner. Ada kondisi tertentu (terlepas dari masalah kesehatan dan kebersihan gigi) yang bisa nyebabin bau mulut. Seperti penyakit gusi, gigi berlubang, infeksi sinus, atau masalah hidung lainnya. Alasan lainnya bisa juga karena perokok berat atau gangguan lambung. Segera cek ke dokter kalo kita ngalamin bau mulut yang terus menerus. Gak cuma untuk kenyamanan diri sendiri, tapi juga untuk orang lain. Gak mau kan dijauhin hanya karena orang gak nyaman berbicara dengan kita karena bau mulut.   

 

SMELLY FEET

Kaki adalah salah satu bagian tubuh yang rentan dengan tumbuhnya jamur atau bakteri. Makanya menjaga kebersihan kaki adalah hal yang penting. Apalagi kalo kaki kita sering berkeringat ketika pake sepatu dan kaus kaki dalam jangka waktu lama. Tips: selalu bersihkan kaki terutama sehabis dari luar, memakai sepatu tertutup yang bikin lembap. Usahakan jangan bertelanjang kaki biarpun di dalam rumah. Bersihkan sela-sela kaki dan rendam kaki dalam air hangat guna menghilangkan bau dan bakteri/jamur.

 

BAU TIDAK SEDAP KETIKA BUANG AIR BESAR

Penting juga lho memperhatikan warna kotoran ketika buang air besar. Kalo kotoran kita mengeluarkan bau yang sangat menyengat dan berwarna hitam gelap diiringi keluarnya darah, bisa jadi kita ngalamin pendarahan gastrointestinal. Hal ini bisa jadi akibat dari makanan yang kita makan, atau sebab lainnya.

 

KERINGAT ATAU CAIRAN TUBUH LAINNYA BERBAU TIDAK SEDAP.

Last but not least, bila keringat, urine, ataupun cairan tubuh lainnya beraroma tidak sedap bisa jadi kita ada kelainan genetis yang disebut Trimethylaminuria. Trimethylaminuria adalah senyawa yang juga ada pada ikan yang nyebabin ikan berbau amis. Masih menurut Dr. Nesochi Okeke-Igbokwe M.D., M.S., ini adalah kelainan genetis yang langka dan gak bisa disembuhkan, tapi bukan berarti gak bisa diatasi. Cuma harus bersabar pake pengobatan atau bantuan pewangi.

 


Foto: Shutterstock   

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

25 Mei 2019

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

25 Mei 2019

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

25 Mei 2019

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.