Login

or


Email
Password

Mybody

NUTRISI PENTING YANG DIBUTUHKAN REMAJA WANITA

21 Februari 2019

Ketika puber tubuh kita ngalamin banyak perubahan, terutama fisik, dan ini butuh perhatian ekstra supaya perkembangan tubuh kita lancar. Makanya kita butuh nutrisi yang tepat. Nah kira-kira apa aja ya nutrisi yang dibutuhkan remaja cewek? Cari tahu di sini!

 

KEBUTUHAN KALORI

Menurut The Dietary Guidelines For Americans 2010, remaja cewek yang berusia 14-18 tahun butuh 1.800 – 2.400 kalori tiap harinya. Tapi ini disesuaikan dengan tingkat aktivitas yang kita jalanin sehari-harinya. Semakin banyak dan aktif aktivitas kita, maka semakin banyak pula kalori yang kita butuhin.

 

KEBUTUHAN PROTEIN

Protein bantu sempurnain pertumbuhan tulang, organ, jaringan dan bagian tubuh lainnya. Untuk kebutuhan protein, anak-anak yang berusia 9 – 13 tahun butuh sekitar 34 gram protein setiap harinya. Ketika puber (atau pas berumur 14 – 18 tahun), remaja cewek butuh sekitar 46 gram protein.

Protein bisa didapetin dari daging sapi tanpa lemak, daging unggas tanpa kulit, seafood, telur, kedelai dan produk olahannya, susu dan produk olahannya yang rendah lemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

 

KEBUTUHAN LEMAK

Yup, jangan salah lho kita juga butuh lemak baik untuk perkembangan tubuh. Untuk kebutuhan lemak, remaja cowok dan cewek kurang lebih sama-sama harus konsumsi lemak sekitar 25-35 % dari jumlah kalori hariannya. Menurut The Institute of Medicine, remaja cewek direkomendasikan buat konsumsi lemak setidaknya 1.100 mg asam lemak omega 3 setiap harinya buat perkembangan otaknya.

Beberapa jenis makanan kaya lemak baik adalah minyak sayuran, minyak ikan, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, kedelai, dan buah olive.

 

KEBUTUHAN VITAMIN DAN MINERAL

Karena remaja cewek kehilangan darah karena menstruasi (haid) jadi kita butuh vitamin dan mineral terutama zat besi lebih banyak dari remaja cowok. Setiap hari kita butuh sekitar 15 mg zat besi, dan sekitar 27 mg zat besi ketika hamil atau menyusui.

Beberapa jenis makanan sumber zat besi adalah daging sapi tanpa lemak, daging unggas, polong-polongan, bayam, kismis, dan sereal yang diperkaya zat besi.

 

Nah selain untuk kesehatan tubuh, penting juga nih buat mengkonsumsi tiga nutrisi di bawah ini supaya kecantikan kulit kita tetap terjaga sampe tua nanti.

Vitamin A, selain buat menjaga kesehatan mata, vitamin A dipercaya bisa memudarkan bintik coklat yang sering muncul akibat paparan sinar matahari dan bisa bantu memperbaiki jaringan kulit yang ngalamin kerusakan.

Vitamin C, sebagai antioksidan yang bertugas memerangi radikal bebas pemicu kerusakan kulit. Selain itu vitamin C juga diperluin untuk mendorong produksi kolagen yang berfungsi mengencangkan dan menjaga kekenyalan kulit.

Vitamin E, kurang lebih punya manfaat yang sama kayak vitamin C. Mampu menahan radikal bebas, dan juga diyakini mampu menjaga kulit supaya gak mudah kering dan melindunginya dari sengatan sinar ultraviolet (UV).


Foto: Shutterstock   

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

03 Februari 2016

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.