Login

or


Email
Password

Mybody

BAHAYA HANDPHONE BUAT KESEHATAN KITA

23 Agustus 2017

Sebagai benda yang selalu ada di tangan dan nemenin dalam keseharian, kita jarang banget sadar sama bahaya yang ada di balik smartphone. Padahal, nggak sedikit bahaya kesehatan yang ditimbulin dari seringnya kita menggunakan smartphone setiap hari. Coba yuk waspadai bahayanya supaya kita bisa menghindar dari hal-hal yang berakibat buruk buat kesehatan kita.

 

MATA LELAH DAN SAKIT KEPALA

Tanpa sadar, mata kita yang terus menatap layar handphone bisa mengakibatkan mata perih dan sakit kepala, apalagi dilakukan secara kontinu dan tanpa henti. Kepala pusing, penglihatan yang kabur dan juga mata kering bisa diakibatkan oleh jarak pandangan kita yang terlalu dekat ke layar, serta huruf-huruf yang ada pada layar handphone terlalu kecil. Untuk mengantisipasinya, pastikan mata dan handphone kita berjarak 30 cm dan bersarkan juga ukuran font yg ada pada layar handphone.

 

MERUSAK POSTUR TUBUH

Kebiasaan membungkukkan leher dan punggung kita saat melihat handphone dan dilakukan setiap hari tanpa sadar, dapat membuat postur tubuh kita menjadi bongkok karena tekanan pada otot leher dan punggung. Buat mengakalinya, letakkan handphoe sejajar dengan mata kita pada saat menggunakan.

 

KRAM DAN NYERI OTOT

Selain nyeri di otot leher dan punggung, otot lengan atas dan juga jari sering banget ngalamin nyeri kalo kita keseringan menggunakan handphone. Coba deh tekan bagian di antara ibu jari telunjuk, pasti kita merasakan nyeri akibat sering menggunakannya untuk mengetik. Nah kalo kita udah mulai ngerasain kesemutan dan nyeri, letakkan sejenak handphone kita dan lakukan peregangan ringan dengan jari dan lengan kita.

 

FOMO (FEAR OF MISSING OUT) DAN ADIKSI

Banyak yang ngerasa ketinggalan banget sama info yang ada di luar kalo nggak mengakses handphone-nya meski sejenak aja. Nggak sadar setiap 5 menit sekali kita akan ngecek handphone dan ngebuka Instagram, situs berita, atau sekedar ngeliat timeline di Twitter. Ini yang memicu adiksi pada para pengguna smartphone. Padahal nggak ada salahnya lho ‘puasa’ dan detoks sejenak dari handphone. 

 

WAKTU TIDUR TERGANGGU DAN MENYEBABKAN INSOMNIA

Nggak sadar kebiasaan ngeliat handphone sebelum kita tidur jadi akibat berkurangnya waktu tidur dan istirahat kita. Yang harusnya udah tidur jam 10 malem jadi molor sampe jam 1 pagi karena keasyikkan liat Instastories orang-orang. Malah nggak jarang bisa bikin kita insomnia karena bergantung pada penggunaan smartphone.

 

MENGURANGI PRODUKTIVITAS DAN FOKUS

Pasti sering deh ngerasa kedistraksi sama handphone pas kita lagi ngerjain tugas atau sekedar ngobrol sama temen. Yang ada kita nggak pernah bisa fokus lama sama satu hal karena selalu ngerasa perlu ngecek handphone setiap saat. Kebiasaan ini juga pada akhirnya bikin kita nggak bisa mengingat sesuatu, karena kebiasaan ngeliat handphone juga ngebuat kita cepet banget berganti objek yang kita lihat. Coba perhatiin deh, dalam waktu 1 menit, ada berapa akun Instagram yang kita lihat? Pasti jumlahnya bisa 5-10 akun. Ini yang ngebuat otak kita nggak terlatih dalam mengingat hal, dan cenderung mengingat suatu hal dalam sekejap aja.

 

MENIMBULKAN JERAWAT

Seringnya handphone dipegang oleh tangan dan diletakkan di manapun tanpa kita sadar, nyebapin layar handphone mengandung banyak kuman dan bakteri, yang kalo diletakkan di pipi kita pada saat menelpon menjadi mendiator transfer kuman dan bakteri itu ke pipi kita hingga nyebapin jerawat. Hiii, nggak pernah sadar kan kalo itu bisa menjadi penyebap jerawat? Makanya buat mengantisipasi hal itu, selalu bersihkan layar handphone kita setiap harinya dengan kain khusus yang sudah diberikan cairan anti bakteri.

 

RADIASI

Happifyourworld yakin pasti kalian udah pernah dengar tentang bahaya radiasi elektromagnetik handphone pada tubuh kita. Menurut data terbaru yang dikeluarkan cancer.gov tentang radiasi handphone , walaupun memang belum ada bukti ilmiah yang mengatakan radiasi bisa nyebabin kanker dan memicu tumor otak, beberapa ahli setuju kalo ada beberapa peningkatan panas pada beberapa bagian tubuh (misalnya kepala dan telinga). dan khusus buat anak-anak, ada resiko peningkatan lebih tinggi dibanding orang dewasa. Hal ini disebabkan anak-anak masih dalam tahap perkembangan (sel otak, ukuran tubuh, dsb) sehingga mereka lebih bisa menyerap radiasi. Walau pun dampaknya nggak langsung keliatan. Inilah kenapa anak-anak usia di bawah 10 tahun nggak dianjurkan untuk memegang gadget, atau setidaknya dibatasi pemakaiannya. Cancer.gov nambahin, walau kanker dan radiasi handphone belum terbukti secara ilmiah karena keterbatasan sumber, tapi bukan berarti kita bisa santai dan menggunakan handphone secara berlebihan.

Selain itu, radiasi handphone juga ada indikasi nyebabin gangguan kesehatan lain, kayak gangguan telinga, nyebabin resiko tekanan darah, fatigue dan pusing. Banyak juga ditemuin kasus handphone yang panas dan bisa meledak. Kasus ini pernah terjadi pada Samsung Galaxy Note 7. Dan masih banyak kasus handphone lainnya yang bisa membahayakan penggunanya.

 

LAST BUT NOT LEAST...

Nggak bisa dipungkiri kita emang butuh handphone untuk menjalankan aktivitas kita sehari-hari, tapi bukan berarti pemakaiannya boleh berlebihan. Pakai handphone sewajarnya, karena sama dengan badan handphone pun juga butuh masa 're-charging'. Kalo handphone kita udah panas, langsung stop deh. Dan matikan atau pake mode airplane - sleep pas kita lagi tidur. Simpan juga handphone kita dalam tas dan bukan di kantong baju, untuk meminimalisir efek radiasi pada tubuh.


Foto: berbagai sumber

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

03 Februari 2016

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

03 Februari 2016

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.