Login

or


Email
Password

Mylife

5 JURUSAN KULIAH PALING MENJANJIKAN UNTUK MASA DEPAN!

10 Mei 2019

Masih bingung nentuin pilihan jurusan saat kamu kuliah nanti? Jangan kuatir, lima jurusan favorit yang dinilai menjanjikan untuk masa depan ini mungkin bisa jadi pertimbanganmu!

 

Selain menambah ilmu dari sisi teori, dunia perkuliahan juga pastinya jadi gerbang awal dari karir yang akan kita jalanin di masa depan. Kita mulai tau minat dan passion kita, plus jadi lebih banyak mendapatkan pengetahuan tentang industri yang bakal kita hadapi nantinya.

Tapi dari sekian banyak jurusan di universitas, ternyata ada jurusan-jurusan tertentu yang paling menjanjikan buat karir di masa depan, karena tingginya kebutuhan perusahaan dalam tenaga kerja di industri tersebut. Penasaran jurusan apa saja?

 

ILMU KOMPUTER DAN SISTEM INFORMASI

Yup, dua jurusan ini menjadi salah satu jurusan paling dibutuhkan saat ini. Gimana nggak, di era yang serba digital kayak sekarang, pastinya ilmu komputer dan sistem informasi bakal menjanjikan banget dari sisi karir. Apalagi didukung dengan makin banyaknya startup berbasis digital dan aplikasi yang sedikit banyak mempermudah kehidupan kita.

Bahkan untuk perusahaan yang nggak berkecimpung di industri digital sekalipun, sekarang butuh tim IT untuk mengoperasikan komputer dan menghubungkannya ke dunia maya. Begitu juga dengan jebolan dari jurusan sistem informasi yang dibutuhkan untuk menjadikan tampilan website dan aplikasi jadi user friendly dan menarik para pengunjung. Beberapa perusahaan pun menawarkan gaji yang nggak sedikit untuk posisi ini, mulai dari Rp 8 juta hingga lebih dari Rp 11 juta. Wow banget kan!

 

ILMU HUKUM

Punya passion di bidang ‘mencari kebenaran’? Jurusan ini mungkin cocok banget buat kamu! Jurusan hukum kayaknya akan selalu jadi jurusan yang paling menjanjikan buat karir kita di masa depan, karena selama hukum masih ada dan berlaku, lulusannya pasti banyak dicari oleh perusahaan.

Menjadi sarjana dari fakultas hukum termasuk seru karena nantinya kita akan punya banyak cabang yang bisa diseriusin, dan akan mengerucut ke minat tertentu. Misalnya hukum perdata, hukum pidana, hukum tata negara, hukum ekonomi bisnis, ataupun hukum internasional. Bukan hanya bisa melamar di perusahaan advokat, kita juga bisa bekerja di perusahaan-perusahaan yang aktif di dalam urusan hukum dan legal. Selain itu, kita juga bisa meniti karir sebagai notaris, pengacara, atau jaksa sesuai dengan fokus jurusan, pendidikan lanjutan, dan sertifikasi yang kita ambil.

 

ILMU KOMUNIKASI

Kalau menurutmu ilmu komunikasi cuma modal cuap-cuap dan nggak butuh kuliah, bisa jadi kamu keliru. Faktanya, lulusan ilmu komunikasi masih menjadi lulusan yang banyak dicari oleh perusahaan, terutama untuk perusahaan broadcasting, editorial, manajeman public relations, dan juga periklanan.

Jurusan ilmu komunikasi umumnya mempelajari gimana kita bisa menyampaikan pesan atau berita secara efisien dan efektif buat ngedapetin hasil yang kita inginkan. Karena itu kemampuan berbicara (communication skill) dan perbendaharaan bahasa kita sangat dibutuhkan di bidang ini.  Selain itu mahasiswa ilmu komunikasi juga dituntut untuk kritis dan pastinya nggak boleh baper or emosian, karena biasanya suatu perusahaan akan nempatin dia di garis depan.

Mahasiswa ilmu komunikasi juga harus bisa menciptakan konten-konten komunikasi menarik. Apalagi di jaman sekarang di mana teknologi media industri kreatif udah maju pesat, sehingga mereka berlomba-lomba buat jadi sumber informasi tercepat, akurat dan pastinya paling menarik. Sudah siap jadi the next Najwa Shihab? Jurusan Ilmu Komunikasi bisa jadi wadah yang tepat buat kita ;)

 

ILMU DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Berbeda dengan ilmu komunikasi, Ilmu Desain Komunikasi Visual (DKV) pada dasarnya mempelajari tentang desain, komunikasi, dan media. Nggak cuma bikin desain terlihat menarik (eye-catchy) tapi juga gimana supaya orang yang melihat mengerti sama pesan yang ingin disampaikan (key-message / key-word) melalui media yang tepat. Jadi mahasiswa DKV nggak cuma sebatas belajar bentuk aja tapi juga kata dan bagaimana, atau dimana placementnya.

Nah, kebutuhan industri akan lulusan DKV saat ini lagi tinggi-tingginya dan diperkirakan timeless, karena hampir setiap perusahaan atau usaha membutuhkan identitas visual buat menarik target marketnya. Baik itu iklan, tampilan website atau aplikasi, baliho di jalan raya, semua membutuhkan tim desain.

DKV sendiri punya bidang konsentrasi yang bisa dipilih. Mulai dari grafis, visual advertising, multimedia, visual animation, dan DKV new media (berpusat pada desain untuk media digital kayak website, aplikasi, blog, dll.). Kalau kamu berminat serius di industri ini, tinggal cari universitas dan bidang prodi yang kamu inginkan deh.

 

ILMU AKUNTANSI

Sarjana lulusan akuntansi memang masih paling dicari perusahaan-perusahaan. Bahkan menurut survey dari website National Association of Colleges and Employers di tahun 2018 lalu, jurusan akuntansi dan keuangan direspon hingga 100% dari 172 perusahaan yang ditanya. Lulusan dari jurusan ini memang dibutuhkan di industri perbankan, jasa keuangan, kantor akuntan publik, konsultan, internal auditor atau analis kredit.

Karena urusan uang di perusahaan bukanlah hal yang main-main, pastinya dibutuhkan lulusan yang punya integritas tinggi di bidang akuntansi, untuk mengurus semua yang berhubungan dengan keuangan perusahaan tersebut, mulai dari laporan keuangan hingga traffic uang yang keluar masuk. Pastinya kamu harus mahir hitung-hitungan dan matematika ya supaya nggak salah hitung, hehe.


Foto: Shutterstock, Freepik, Google image, moneydonutcom, echo360dotcom

Related Articles

Cara mengatasi writer block

02 September 2016

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

13 April 2016

Bagaimana ya cara LDR agar tidak bosan dan tetap romantis dengan pasangan? LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.