Login

or


Email
Password

Mylife

7 PILIHAN KARIR TERINSPIRASI DARI K-DRAMA

24 Februari 2019

Selain storyline yang bagus, drakor atau drama Korea selalu nyuguhin karakter dengan karir yang kreatif dan unik, yang bisa jadi inspirasi pilihan karir kita di masa depan!

 

BARISTA

From: Coffe Prince

Seperti judul dramanya, Coffee Prince ini bercerita tentang para barista di sebuah coffee shop. Berawal dari Go Eun Chan (Yoon Eun Hye) yang mulanya kerja karena butuh uang, tapi gak lama kemudian dia jadi passionate sama pembuatan kopi. Its a classic story tapi gak membosankan, gak cuma si cewek ketemu sama jodohnya tapi juga dia nemuin jati diri dan apa yang jadi passionnya selama ini.

 

SET DESIGNER

From: 30 But 17 dan

Kamu suka interior dan pay attention to details? Nah kedua pilihan karir ini pas buatmu. Di “30 But 17”, Gong Woo Jin (Yang Se Jong) bekerja sebagai set designer. Sifatnya yang extraordinaire, bawa pengukur kemana-mana supaya dia bisa mengukur apapun dan nyiptain duplikatnya di set, mungkin terlihat aneh buat sebagian orang tapi inilah yang jadi kelebihannya. Pekerjaan set designer kayak Woo Jin adalah pekerjaan seru di mana kita nyiptain dunia based on our imagination, membuat dunia “palsu” terlihat nyata dan asli dengan penambahan our own unique twist. Selain itu, gak cuma pas bikin, ketika kita window shopping nyari-nyari barang yang dibutuhkan itu juga jadi kesenangan tersendiri lho.

 

ARCHITECTURAL MODEL MAKING

From: Just Between Lovers

Kalo menurut kamu set designer skalanya terlalu besar dan overwhelming, kamu bisa coba milih karir sebagai architectural model maker seperti Ha Moon Soo (Won Jin Ah) di drama “Just Between Lovers”. Spesifikasinya kurang lebih mirip, bikin set tapi bentuknya lebih kecil (diorama). Di dalam drama, buat Moon Soo, bikin diorama adalah salah satu cara untuk hidup tenang dan bebas dari stress. Bagus nih buat kamu yang solo fighter dan kurang bisa bekerja dalam paced cepat.

 

SOUND DIRECTOR

From: Another Oh Hae Young

Kalo kamu nonton drama, semua efek suara yang muncul itu gak asli ada saat shooting tapi ditambahkan oleh sound director. Pekerjaan sound director sejatinya menyediakan sound effects untuk film dan tv show. Jadi dari suara orang jalan, suara angin, sampe ke suara ketikan dan ledakan itu jadi tanggung jawab sound director. Ini adalah pekerjaan sempurna buat kamu yang sensitif sama suara kayak Park Do Kyung (Eric Shinwa). Serunya, kamu dan tim musti kreatif banget nyiptain suara yang gak mungkin diambil dari aslinya, kayak make batang seledri buat niruin suara tulang patah, atau pake panci buat niruin suara gaduh. Duh...

 

PD DIRECTOR

From: The Producer’s and The Worlds We Live In

Penyuka drama dan variety show Korea pasti paham banget sama istilah “PD”. Yup mereka adalah orang-orang yang mendirect jalannya show. Mereka bertanggung buat ngasih tanda, bikin notes buat para pemain, dan lain sebagainya. Ini adalah salah satu pekerjaan seru dan menantang, karena kreativitas dan kecepatan kamu bekerja benar-benar diuji di sini. Nah kalo kamu punya kemampuan dan ide-ide fresh serta punya communication skills oke, bisa banget nih dicoba.

 

PENULIS

From: Chicago Typewriter

Sejak drama ini dirilis, banyak orang yang akhirnya terinpirasi untuk menjadi penulis dan aktif nyiptain blogs. Walaupun kelihatannya mudah tapi pekerjaan jadi seorang penulis itu juga butuh dedikasi yang tinggi. Baca buku berjam-jam, nyari referensi, berusaha nyiptain tulisan yang original sekaligus berusaha mengatasi writers blok yang sering dialami tiap penulis . Seperti yang dilakukan Han Se-Joo (Yoo Ah In), Jeon Seol (Im SooJung), dan Yoo Jin Oh (Go Kyungpyo).

 

VIDEO GAME DESIGNER

From: Strong Woman Do Bong Soon

Suka nge-game bahkan termasuk maniak sama game, kenapa gak jadi video game designer aja kayak Do Bong Soon (Park Bo Young)? Video game designer bertanggung jawab untuk menciptakan dunia, cerita, karakter, dan nentuin designnya seperti apa.

Gak perlu punya kekuataan super power kayak Bong Soon, kamu bisa gunain kekuatan imajinasimu untuk nyiptain game oke dalam bentuk apapun. Mau itu Role Playing Games, battle, ngasah otak, adventure, bebas!

 

Apapun pilihan karirmu di masa depan, pastikan karir tersebut bisa menunjang impianmu ya!


Foto: Berbagai sumber   

Related Articles

Cara mengatasi writer block

02 September 2016

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

13 April 2016

Bagaimana ya cara LDR agar tidak bosan dan tetap romantis dengan pasangan? LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.