Login

or


Email
Password

Mylife

GIMANA BIAR NGGAK BAPER DI SOCIAL MEDIA

13 September 2017

Hari gini kayaknya kehidupan kita sehari-hari nggak mungkin lepas dari yang namanya social media. Dari bangun tidur sampe tidur lagi, kayaknya nggak keitung deh berapa kali kita mengakses Instagram, Facebook, Path atau Twitter. Dan efeknya, kadang kala kita suka baper liat postingan di timeline. Ada nggak sih ya caranya supaya kita bisa santai-santai aja ngadepinnya?

 

Okay let’s face it, siapa sih yang nggak kebersit rasa iri ngeliat postingan liburan temen di pantai yang kayaknya kok fun banget. Atau, super baper liat artis yang kita follow punya pacar ganteng dan nunjukkin sayang dengan ngasih surprise yang romantis. Apalagi kalo liat fashion atau beauty blogger yang selalu gonta-ganti  baju dan dapet makeup gratis dari brand ternama. Duh, super pengen!

Eh tapi, kalo kita posting sesuatu terus dapet komen nggak enak, entah itu dari temen, orang yang follow kita, atau totally random, juga sering banget nimbulin perasaan nggak enak di hati kita kan? Iya kalo komennya kritik yang ngebangun, nggak jarang malah komennya tuh pedes banget sampe bikin kita sebel! Emangnya salah kita apa sih sampe nerima komen macam gitu? Ada beberapa cara sih buat ngelatih diri kita nggak baper saat mengakses social media. Emang nggak langsung bisa cuek dan santai aja, tapi kalo dilatih terus, kebaperan kita akan terkikis dan jadi santai aja kok ngeliat social media. Siap?!

 

"komen mereka kok jahat-jahat banget sih... Sebel"

 

NGGAK USAH DIAMBIL HATI

Ini emang hal yang gampang diucapin tapi susah buat dilakuin. Nggak ada yang bisa ngontrol hati selain kita sendiri. Makanya mulai deh latih dan kontrol perasaan kita saat mengakses social media, apapun itu bentuknya. Saat ada komen nggak enak di postingan Instagram kita, tarik napas dan hitung sampe tiga, lalu lewatin aja komen itu dan nggak usah dipikirin lagi. Karena semakin kita pikirin, semakin masuk pula komen nggak enak itu ke dalem hati kita.

 

MANFAATIN FITUR BUAT NGE-BLOCK NEGATIVE COMMENTS

Kalo udah kesel banget sama komen nggak penting di Instagram, kita bisa kok manfaatin fitur yang udah diciptain sama Instagram. Sesimple menonaktifkan Reply Message dan Turn Off Comments, dan kita nggak bakal lagi ngebaca komen-komen nggak enak dari mereka. Atau, hari gini juga udah banyak social media yang dilengkapi dengan fitur inner circle, artinya yang bisa ngeliat kita hanya mereka yang beneran deket sama kita aja, dan kita percaya banget nggak bakal ngasih energy negative dalam hidup kita.

 

YANG KELIATAN BELUM TENTU YANG SEBENARNYA

Gimana caranya biar nggak iri liat postingan yang oke-oke di Instagram? Caranya adalah dengan memahami apa yang kita liat itu belum tentu yang beneran terjadi. Misalnya nih, baper liat artis yang punya pacar romantis? Yakin deh yang namanya orang pacaran pasti juga pernah berantem, dan jelas berantemnya ini nggak ditunjukkin di social media dong. Artinya, nggak usah ambil hati apa yang kita liat, denger dan baca di social media, karena itu belum tentu juga itu adalah kebenaran yang sepenuhnya.

 

UNFOLLOW AJA

Nggak pernah suka sama postingan temen yang kasar, menjurus ke hal-hal porno atau komen dan postingannya negatif terus? Chill girls, just unfollow or unfriend them! Nggak usah ngerasa nggak enakkan, daripada hari-hari kita jadi suram pas ngeliat postingan mereka, ngapain juga kan? Kalo takut ditanya “kok lo unfollow gue sih?” pas lagi ketemuan, santai aja jawab dengan “abis lo postingannya suka bikin gue baper sih, jadi daripada daripada kan? Tapi gue nggak baper kok di kehidupan nyata sama lo, hehe!” Jangan sampe kehidupan medsos menganggu kehidupan nyata kita.

 

NGGAK USAH SOK JADI DETEKTIF

Oke, khusus buat kasus-kasus tertentu, kayak misalnya ngorek info soal mantannya pacar kita, ada hal-hal yang emang seharusnya nggak usah segitunya kita kepoin di social media. Contohnya nih ya, ngapain juga kita kulik banget Instagramnya si mantan terus scrolling sampe bawah dan liat apakah masih ada fotonya berdua sama pacar kita di sana? Atau jadi emosi karena pacar nge-like foto cewek yang artsy banget. See, kadang emang kita sendiri yang kepengen nyari tau dan in the end bikin kita sakit hati sendiri.

 

SOPAN DAN BIJAK

Nggak pengen dijahatin, means jangan mulai buat ngejahatin orang. Kita nggak mau halaman rumah kita dikotorin, jadi jangan ngotorin halaman rumah orang lain dengan komen-komen nggak penting dan bisa bikin orang lain sakit hati. Jadi bijak dan ngeliat dari segala sudut juga ngelatih perasaan kita buat nggak gampang baper dan kepengaruh sama semua hal yang ada di social media. Cukup dengan mengerti kalo di dunia ini ada banyak macam kepribadian dan perilaku, dan nggak semuanya bisa ngasih impact yang positif ke kita.

 

Beberapa peraturan ini mungkin harus kita pahamin lagi saat bersosial media, dan nantinya bakalan ngebantu kita jadi netizen yang bertanggung jawab dan nggak baperan lagi tentunya:


Foto: berbagai sumber

Related Articles

Cara mengatasi writer block

02 September 2016

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

13 April 2016

Bagaimana ya cara LDR agar tidak bosan dan tetap romantis dengan pasangan? LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.