Login

or


Email
Password

Mylife

TIPE PENERIMA KRITIK MANAKAH KAMU?

29 Januari 2019

Yang namanya kritik dan saran, terlepas dari apakah hal tersebut membangun, nyesatin atau malah sekedar nyinyir, pastinya selalu berdampak ke psikologis kita. Dan gimana hasil kritik tersebut itu tergantung dari gimana sikap dan pikiran kita nge-responnya. Nah based on beberapa “riset” di lapangan, ada beberapa tipe penerima kritik dan saran, kamu tipe yang manakah?

 

TIPE 1: MASUK KUPING KIRI KELUAR KUPING KANAN

Tipe yang ini gak jelas apakah dia nge-respon positif atau negatif, karena dari luar bisa aja kita konsen dengerin tapi kritik dan saran yang dikasih cuma numpang lewat. Yang kayak gini nih yang berbahaya, karena kita jadi gak bisa nge-filter mana kritik yang membangun dan menyesatkan, semuanya dianggap angin lalu dan berakhir jadi gak bisa berkembang.

 

TIPE 2: MENERIMA KRITIK DAN MENGKOREKSI ALASAN DIBALIK KRITIK YANG DITERIMA

Entah maksudnya benar-benar tulus mengkritik biar kita memperbaiki diri atau sekedar nyindir, tipe ini bikin kita menanyakan balik alasan dan maksud sebenarnya dari kritik tersebut. Dan apakah benar kita seperti yang dimaksud, kayak apa buktinya, dan lain sebagainya. Biarpun terlihat defensif tapi sebenarnya tipe ini hanya ingin lebih mencari tahu lebih dalam alasan kita menerima kritik tersebut. Dampak positifnya kita jadi bisa ngebedain mana yang kritik membangun dan mana yang nggak, sedang dampak negatifnya orang bisa aja salah paham terhadap kita, sehingga harus kita jelasin lagi apa maksud kita menanyakan hal tersebut.

 

"Gue rasa sepertinya ada yang harus lo perbaiki dari sifat lo itu..."

 

TIPE 3: DEFENSIF TERHADAP SI PENGKRITIK

Gak ada orang yang bebas dari kritikan, setiap orang pasti menerima kritik at least sekali dalam hidupnya. Nah tipe ini kayaknya gak bisa menerima hal tersebut. Sikap defensif di sini bisa ditunjukin macam-macam. Dari ngekritik balik si pengritik, ngejauhin, sampe bersikap apatis terhadap si pengkritik.

Jangan jadi tipe seperti ini ya, karena biar gimana kritik tetaplah kritik biar kita bisa berkembang lebih baik. Bersikaplah biasa aja dan open minded terhadap setiap kritik dan saran yang masuk. Jadiin itu pelajaran buat kita.

 

TIPE 4: MENERIMA TAPI MENGKRITIK BALIK SI PEMBERI KRITIK

Kalo si pemberi kritik ngasih fakta yang salah dan kita beri kritik balik yang membangun sih gak masalah, tapi kalo kita malah menyangkal dan ngasih excused justru itu bikin kita terlihat kekanakan. Tipe kayak gini biasanya gak mau mendengarkan dan lebih ingin didengarkan, gak jauh berbeda dengan tipe 3.

 

TIPE 5: MENERIMA KRITIK DAN JADIIN ITU SEBAGAI BAHAN KOREKSI DAN PEMBELAJARAN DIRI

Tipe 5 mungkin tipe dewa, tapi setiap orang bisa ngelakuinnya kok. Karena pada dasarnya merespon kritik dengan cara yang baik adalah kewajiban dan sebuah attitude yang baik juga. Gak ada orang yang sempurna dan kritik adalah salah satu jalan untuk kita bisa berubah. So, percaya aja setiap kritik pasti ada hikmahnya yang bisa diambil untuk kebaikan kita ke depannya.


Foto: Shutterstock   

 

 

Related Articles

Cara mengatasi writer block

02 September 2016

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

24 Mei 2019

LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.