Login

or


Email
Password

Mylife

KELUAR DARI BAYANG-BAYANG SESEORANG

24 Februari 2019

Punya saudara atau teman yang lebih keren daripada kita kadang suka bikin kita ngerasa jadi “bayangan” dia. Daya tarik kita ketutup dan orang lain jadi lebih memperhatikan dia. Well, ini saatnya keluar dari bayang-bayang seseorang!

 

KASUS ARISA DAN MIKA*

Arisa selalu ngerasa tertutup dan jadi bayang kakaknya yang adalah seorang beauty influencer terkenal. Walaupun Arisa sebenarnya juga sama-sama cantik dan berprestasi, tapi karena kakaknya duluan yang jadi spotlight, semua kelebihan Arisa jadi gak keliatan. Dan yang paling menyebalkan buat Arisa adalah ketika orang mulai ngebanding-bandingin dirinya dengan kakaknya.

Lain Arisa, lain lagi dengan cerita Mika. Mika adalah model student dan juga entrepreneur muda, tapi semua prestasinya ketutup karena bayang-bayang orang tuanya yang cukup berpengaruh. Orang menganggap dia It girl bukan karena kemampuannya tapi karena ada campur tangan orang tuanya.

 

TEKANAN YANG DIALAMI  KETIKA KITA JADI BAYANG-BAYANG ORANG LAIN

Dari kasus Arisa dan Mika, kita bisa tahu kalo kita di posisi mereka itu super gak enak banget. Perasaan “aku gak sebaik mereka”, “aku gak se-spesial itu”, ataupun “aku gak lebih baik dari anggapan orang-orang”, bikin kita slowly but sure jadi pribadi yang gak percaya diri dan jadi malas berkembang.  Karena apapun yang kita lakukan gak akan pernah bisa menyaingi orang tersebut, ataupun ngubah persepsi orang terhadap kita.

Sebenarnya pemikiran kayak gini ini salah besar lho. Setiap orang itu diciptain istimewa dan spesial dengan caranya masing-masing. Mereka yang berada dalam sinar juga ngerasain kecemasan dan rasa insecure yang gak jauh beda dengan kita yang ada di bayang-bayang. Karena gak peduli mau seberapa kayak, terkenal, dan apapun personality kita, akan selalu ada orang yang lebih baik daripada kita. Yang perlu kita lakuin adalah coba bertahan untuk mencari kelebihan yang kita miliki dan let it shine.

 

GIMANA CARANYA KELUAR DARI BAYANG-BAYANG DAN JADI SINAR BUAT DIRI KITA SENDIRI?

PERTAMA, MENGERTI TENTANG DIRI KITA SENDIRI

Kalo ditanya kelebihan pasti lebih susah jawabnya daripada nunjukin kejelekan. Emang mudah banget nunjukin kejelekan daripada kelebihan. Jangan gitu dong. Kita juga harus bisa dengan bangga nunjukin apa kelebihan kita. Pasti ada kok sesuatu di diri kita yang lebih baik daripada orang lain, karena setiap orang itu lahir pasti ada tujuannya. Kalo belum tahu apa, then start searching it! Kita bisa mulai mencari dengan melakukan apa yang kita suka dan yang paling kita bisa. Dari situ jangan pernah berhenti mengasah kemampuan yang kita miliki, pasti suatu saat nanti cahaya kita bakal lebih bersinar dibanding siapapun.

 

KEDUA, MANFAATIN CAHAYA YANG ADA

Bila kita ada di dekat cahaya, ada dua opsi yang bisa kita lakukan. Memanfaatkan cahaya tersebut, atau duduk diam sambil silau dan kepanasan. Gak ada salahnya lho memanfaatkan cahaya yang mereka punya untuk mengembangkan diri kita, tapi ingat ya memanfaatkan di sini maksudnya in a good way. Misalnya nih kalo punya kakak keren, bisa kita minta tolong untuk bantu promosiin barang ataupun skills kita ke teman-temannya. Punya teman keren yang gayanya keren dan cantik? Jangan ragu konsul sama dia dengan minta nasehat seputar bidangnya.

 

KETIGA, UBAH IRI JADI MOTIVASI DAN RASA BANGGA

Kylie Jenner adalah kasus paling nyata sukses di tengah bayang-bayang keluarga dan kakaknya, Kendall Jenner yang udah terkenal duluan. Sebelum terjun di dunia beauty dan ngeluarin lini makeupnya, siapa sih yang ngelirik Kylie? Its all about Kendall. Tapi hal itu gak bikin dia jadi iri, justru dia bangga sama Kendall dan berusaha nyari cahayanya sendiri. Dan lihat dia sekarang, berhasil berdiri sendiri dan bahagia dengan apa yang diraihnya.

 

JANGAN TAKUT UNTUK BERSINAR.

Sejujurnya, kita bukan gak mampu untuk bersinar tapi kitanya aja yak gak mau karena udah keburu takut duluan. Entah karena proses ngejalaninnya yang panjang, takut menghadapi komentar orang-orang, gak enakan, atau bahkan takut menghadapi kegagalan yang bikin tambah down. Don’t let anything stop you to shine, even yourself!

 

INGAT JUGA, GAK SEMUA SPOTLIGHT ITU INDAH

Yup. High profile dan jadi spotlight in front of the stage bukan satu-satunya tolak ukur keberhasilan seseorang. Gak semua cahaya yang keliatan itu berkilauan emas. Kita bisa aja jadi cahaya behind the stage. Karena pada akhirnya, cahaya yang indah itu adalah ketika orang benar-benar menikmati apa yang dia suka untuk dirinya sendiri, bukan untuk orang lain. If you love what you do behind the computer and far from social media attention, then its fine. Orang akan lebih mengapresiasi cahaya kita kalo kita gak fake.  

 

*bukan nama sebenarnya


Foto: Shutterstock   

Related Articles

Cara mengatasi writer block

02 September 2016

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

24 Mei 2019

LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.