Login

or


Email
Password

Mylife

5 UJIAN PALING SULIT DI DUNIA

21 Maret 2019

Kompetisi untuk masuk ke sekolah, kantor, ataupun institusi prestis musti diakui sangat dahsyat. Gak sedikit orang berlomba-lomba lulus dari ujian demi keyakinan akan hidup yang lebih baik atau memperbaiki taraf hidup mereka.

Semakin ke sini dan seiring berjalannya waktu, standar ujian pun semakin naik. Hal ini mau gak mau bikin para siswanya under pressure, dan gak sedikit yang berakhir kekecewaan (bahkan bunuh diri). Dari sekian banyak ujian, Happifyourworld ngerangkum 5 ujian yang dinilai tersulit di dunia. Apa aja itu?

 

ALL SOULS PRIZE FELLOWSHIP EXAM

Ujian ini diadakan oleh Universitas Oxford, dan hanya diperuntukkan 500 lulusan terbaik Oxford atau beberapa lulusan terbaik dari universitas terbaik pula. Tujuan ujian ini apa sih? Ujian All Souls Prize Fellowship Exam adalah untuk menyaring orang-orang terbaik dengan kepintaran yang luar biasa dalam satu kelas. Nggak cuma sulit luar biasa, universitas hanya akan mengambil DUA ORANG SAJA dari beribu-ribu kandidat. Menurut salah satu sumber, sampe tahun lalu, pihak universitas meminta kandidat buat nulis essai berdasarkan satu topik kata di mana kita perlu pengetahuan luas yang menggabungkan fakta dan imajinasi buat mecahin essai ini. Bingung kan tuh.

Terus kenapa orang mau ikutan ujian ini sih? Karena benefitnya pun lumayan sangat besar. kalo lolos ujian, semua fellowship All Souls College berhak ngedapetin tunjangan penelitian selama 7 tahun dan uang tersebut bebas mau dipake untuk apa aja selama masih berhubungan sama riset kampus Oxford Inggris. Itu belum nanti lulusan katanya juga dapat wewenang dan pengaruh tinggi.

 

IIT – JEE ATAU JOINT ENTRANCE EXAMINATION  - ADVANCED

The Indian Institutes of Technology (IITs)  atau Institute Teknologi India bisa dibilang adalah mimpi buruk buat calon insinyur India. Disebut juga sebagai Joint Entrance Examination – Advanced (JEE-Advanced), ini adalah annual engineering college examination yang dilaksanakan oleh gabungan tujuh zona universitas. Susahnya jangan ditanya, apalagi tingkat kompetisinya juga terbilang tinggi. Tercatat tahun 2017, admission ratenya berkisar 0,92% atau sekitar 11 ribu yang keterima dari 1.2 juta orang yang mendaftar.

 

GAOKAO

Atau National College Entrance Exam di Cina. Gaokao terkenal banget selain tersulit, juga merupakan ujian terlama, karena ujiannya diadakan selama 9 jam! Para murid mengambil ujian ini di akhir masa SMA-nya dengan harapan bisa masuk ke top universitas dalam negeri. Its a mandatory buat para siswa ngambil ujian ini, makanya tiap tahun ada sekitar 10 juta kandidat, tapi hanya 0,2% yang berhasil keterima. Sedih. Diantara para siswa, Gaokao udah jadi kayak sumber kepanikan. Bayangin aja, udah tingkat kesulitannya bikin geleng-geleng kepala, ujiannya sendiri berlangsung 9 jam. Kita aja yang ujian 120 menit udah mual, apalagi ini.

GAOKAO seperti CSAT di Korea (atau disebut juga Suneung). Kalo kamu suka film drama sekolah Korea pasti paham banget gimana stresnya para senior ngadepin ujian ini. Karena CSAT dipercaya masyarakat Korea sebagai satu-satunya pintu untuk ngeraih kehidupan yang layak.

 

UPSC (UNION PUBLIC SERVICE COMMISION)   

Tiap tahun UPSC mengadakan ujian untuk merekrut calon pekerja yang akan bekerja di pemerintahan. Mungkin kalau di Indonesia mirip-mirip ujian CPNS gitu. Ada tiga tahapan atau tiga level ujian yang dijalankan dalam beberapa bulan, dengan level terakhir adalah tahap personal interview. Menurut beberapa sumber, ujian ini adalah salah satu ujian terberat di dunia dari berbagai sisi. Bahkan pernah tercatat orang yang lulus ujian IIT-JEE gagal lolos ujian UPSC. Tingkat keberhasilannya sendiri adalah 0,1% - 0,4%.

Karena tidak cuma mengandalkan otak, katanya UPSC ini juga dinilai dari kepribadian dan lifestyle.

 

MASTER SOMMELIER DIPLOMA EXAM

Dari semua ujian sekolah, ada satu ujian profesi yang terbilang sulit, yaitu ujian untuk para winemakers. Para winemakers terkenal lihai, pembawaannya sopan, dan elegan. Tapi di balik itu semua, mereka harus jungkir balik demi bisa ngeraih gelar ‘Master Sommelier’.

The Court of Master Sommeliers didirikan tahun 1977, ujian ini bisa diikuti kalau para winemakers udah berhasil lulus dari Court Sommelier Advanced Sommelier Certificate. Para calon Master Sommelier harus lulus ujian teori verbal, wine tasting (nyobain enam anggur berbeda dan nggak boleh salah), kemudian ujian praktek.

Segitu aja? Oh no no. Did you know kalo sepanjang 40 tahun terakhir ini HANYA 229 orang yang berhasil lulus. Padahal yang ikutan bisa dari seluruh pelosok dunia, kebanyakan kandidat menyerah setelah 5-6 kali.

 

Nah sekarang kebayang kan gimana sulitnya ujian dari seluruh dunia selain UN dan SMBPTN. Ini belum termasuk ujian Mensa, ataupun ujian profesi lainnya seperti pengacara, dokter, bahkan untuk profesi jurnalis dan IT. Walaupun ujian ini penting tapi tetap jangan sampai kita mengorbankan kesehatan, apalagi sampai stres dan depresi. Bila gagal lulus, hal tersebut bukanlah suatu akhir dunia kok. Anggap aja itu salah satu ujian hidup yang mungkin bukan jalan kita menuju ke situ. Masih ada banyak jalan untuk seseorang meraih kesuksesannya.  


Foto: Shutterstock   

Related Articles

Cara mengatasi writer block

02 September 2016

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

24 Mei 2019

LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.