Login

or


Email
Password

Mylife

YUK BERANI BILANG NGGAK!

27 Agustus 2017

Ada banyak alasan kenapa kita sering banget nggak bisa bilang ‘nggak’ ke orang-orang di sekitar kita. Bisa karena nggak enakkan, nggak pengen mereka marah, atau karena nggak pengen hubungan di antara kita dan mereka jadi bermasalah. Padahal, buat kepentingan kita sendiri, harus banget lho bisa bilang ‘nggak’!

 

Ada bedanya antara jadi orang baik sama terlalu baik sampe-sampe kita dimanfaatin orang terus. Nggak berani bilang ‘nggak’ sama dengan kita segitunya pengen jadi people pleasure yang selalu nyenengin orang tanpa terkecuali, dan dalam kondisi apapun itu. Karena bukan nggak mungkin kita jadi kejebak situasi yang di luar kendali kita karena kita selalu jadi ‘yes girl’. Beberapa hal ini harus berani kita sikapin buat berubah jadi nggak lagi jadi si people pleasure.

JANGAN TERLALU MIKIRIN APA KATA ORANG

Ngaku deh, yang pertama terlintas di pikiran kita pada saat bilang ‘oke bisa kok’, atau ‘hmm, boleh deh’ pasti karena ngerasa kita nggak enakkan sama mereka yang minta pertolongan atau minta sesuatu ke kita. Kita mikir kalo mereka akan ngecap kita seseorang yang nggak baik kalo nggak mengiyakan permintaan mereka. Sebenernya kita tau kok kita akan nolak permintaan itu, cuma akhirnya yang ngontrol mulut kita adalah rasa nggak enak itu tadi, bukan logika pikiran kita. Nah mulai sekarang, sebelum jawab ‘iya, boleh atau mau’, tahan diri dulu dan itung sampe lima, baru deh keluarin jawaban ‘nggak’.

BERANI BERTINDAK TEGAS

Biasanya kalo kita udah berani bilang ‘nggak’, orang akan ngerasa heran kok tumben banget kita nolak permintaan mereka dan ujung-ujungnya maksa. Inilah waktunya kita buat bertindak tegas dan stick sama jawaban kita. Percaya deh, rasa nggak enak yang kita rasain di detik-detik pertama akan hilang setelah ngeliat reaksi orang-orang sekitar kita nggak akan memperlakukan kita seenaknya lagi.

SAYING ‘NO’ WON’T BE THE END OF THE WORLD

Bilang ‘nggak’ nggak lantas bikin besok jadi kiamat kok girls. Apa sih hal terburuk yang bakal kejadian kalo kita nolak permintaan mereka? Mereka marah, that’s it. Tapi sebenernya nih, mereka yang marah dan ngambek setelah kita tolak, nunjukkin kalo mereka nggak peduli sama kita dan pengen enaknya sendiri aja kok. See, jadi keliatan kan tabiat aslinya.

NGGAK PERLU SELALU MINTA MAAF

Oke, sekarang ini hal lain yang selalu jadi ‘penyakit’ langganan si people pleasure. Rajin banget minta maaf, padahal kita nggak bikin kesalahan apa-apa. Coba deh ambil kasus kita dipaksa hang out sama temen-temen, padahal kita tau badan lagi capek banget dan kurang fit, plus masih ada makalah yang belum dikerjain. Masih maksa ikutan juga karena nggak enak? Nggak perlu bertubi-tubi minta maaf karena nggak enak, cukup bilang ‘nggak bisa ikutan’ karena emang kondisinya nggak memungkinakan. Kalo maksa ikutan, kebayang kan ending ceritanya kayak apa.

JANGAN MAU DIMANFAATIN ORANG

Kalo kita perhatiin nih, ada kok bedanya orang yang beneran minta tolong sama yang pengen manfaatin kita aja. Misalnya nih, temen kita minta ajarin pelajaran Matematika yang rumusnya emang susah banget dipecahin. Atau ada lagi temen yang minta dikerjain PR-nya karena dia tau kita pinter di pelajaran ini. See the difference? Dalam hati kita pasti udah tau mana yang beneran pengen kita kerjain deh.

JANGAN LUPA BERBUAT BAIK SAMA DIRI KITA SENDIRI

Selama ini kita pengen bikin orang lain seneng, gimana dengan diri kita sendiri? Udah seberapa banyak kita berbuat baik ke diri sendiri? Nggak usah mikirin apa yang orang lain bilang atau pikirin, tapi mulai deh pikirin diri kita sendiri. Dengan berbuat baik ke diri sendiri, kita bisa kok mulai belajar ‘say no’ dengan lebih tegas. Inget, don't discount yourself.


Foto: Freepik

Related Articles

Cara mengatasi writer block

02 September 2016

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

13 April 2016

Bagaimana ya cara LDR agar tidak bosan dan tetap romantis dengan pasangan? LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

Teman yang selalu tergantung atau Overly Attached Friends

13 April 2016

Punya teman yang tergantung sama kita yang sampai mengatur apa yang harus dan nggak harus kita kerjain dan musti tau kita lagi jalan sama siapa pun? Nah ini tipsnya

PROJECT BARENG SAUDARA

02 September 2016

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.