Login

or


Email
Password

Mylooks

HAIRPEDIA: KENALI JENIS RAMBUTMU & PERAWATANNYA!

12 Mei 2019

Beda jenis rambut, beda juga perawatannya. Yuk cek gimana cara yang tepat untuk merawat rambut supaya tetap sehat dan juga indah!

 

Setiap orang pastinya memiliki jenis rambut yang berbeda-beda. Ada yang rambutnya lurus, keriting, berminyak, kering, gampang rontok, dan lain sebagainya. Nah, perbedaan tekstur dari ‘mahkota’ kita yang satu ini didasari oleh faktor genetik, yaitu gen IRF4 yang nggak hanya mempengaruhi bentuk tapi juga warna rambut karena pada dasarnya gen ini yang mengatur produksi melanin pada tubuh.

Karena hal ini juga, perawatan yang dubutuhkan oleh rambut tiap orang pun berbeda-beda. Tapi sebelumnya, ketahui dulu apa sih jenis rambut yang kita punya.

 

YUK KENALI JENIS RAMBUTMU!

Keadaan ideal untuk melihat kondisi alami rambut adalah saat kita selesai keramas dan mengeringkannya secara alami, bukan dengan hairdryer.

RAMBUT KERING:

Kalau rambutmu kesat dan gampang kusut, kemungkinan kamu memiliki jenis rambut kering. Kalau kamu raba, rambut akan terlihat tebal di akar tetapi tipis dan besar kemungkinan untuk bercabang di ujungnya.

RAMBUT BERMINYAK:

Sedangkan untuk rambut yang berminyak, kamu akan merasa rambutmu selalu kelihatan lepek dan lemas. Kamu selalu gelisah kaau melewatkan satu hari nggak keramas, karena bakal membuat rambut kelihatan sangat berminyak. Selain itu, nggak jarang juga timbul permasalahan kulit kepala seperti ketombe.

RAMBUT KOMBINASI:

Lain lagi dengan jenis rambut kombinasi, kamu merasa dari akar ke batang rambut agak berminyak, tetapi sisanya menuju ke ujung rambut terasa sangat kering dan bercabang. Kalau kamu merasakan hal ini, rambutmu tergolong jenis kombinasi.

Sedangkan untuk teksturnya, ada 3 jenis pola yang umumnya dimiliki oleh rambut. Pastikan rambutmu tidak pernah melewati proses smoothing, rebonding, ataupun perm (permanent waves).

RAMBUT LURUS:

Punya tekstur yang cenderung tipis, dan sama sekali tidak berlekuk. Biasanya rambut lurus juga biasanya susah di-styling karena mempunyai batang rambut yang terlalu halus.

RAMBUT KERITING:

Rambut jenis ini memiliki lekuk yang konsisten mulai dari pangkal hingga ujung rambut seperti pegas.

RAMBUT BERGELOMBANG:

Berbeda dengan rambut keriting, jenis rambut bergelombang mempunyai pola yang berada di tengah-tengah, nggak lurus tapi juga nggak keriting.

 

TES JUGA KONDISI RAMBUTMU DENGAN CARA INI!


Kondisi kulit kepala:

Posisikan kepalamu di depan cermin, dan belah rambut menjadi dua sisi. Di salah satu sisinya, ambil segenggam rambut dan tarik ke arah atas dan perhatikan akar rambutnya. Kalau posisi akar rambut berdekatan satu dengan lainnya, bisa dikatakan rambutmu sangat subur. Sebaliknya, kalau kamu bisa melihat kulit kepala di celah-celah rambut dengan jelas, rambutmu tergolong tipis.

Kondisi tekstur rambut:

Siapkan sehelai benang, dan juga satu helai rambutmu yang rontok. Lalu, sejajarkan benang dan rambutmu di atas alas berwarna putih. Cek tingkat ketebalannya, jika rambutmu menyamai atau bahkan lebih tebal dari benang, berarti rambut punya tekstur rambut yang tebal. Sebaliknya, tekstur rambutmu bisa dikatakan tipis kalau ketebalannya nggak menyerupai benang tadi.

 

PASTIKAN PERAWATAN RAMBUTMU SUDAH TEPAT!

Apapun jenis rambutnya, kita pasti punya satu tujuan yaitu memiliki rambut yang senantiasa sehat dan indah. Karena kita pasti sering dihadapi oleh berbagai masalah rambut, mulai dari ketombe, rambut rontok, bercabang, bahkan rusak akibat sering di-styling dan diwarnai.

Dan untuk mengatasi itu semua, dibutuhkan perawatan yang berbeda-beda seperti cara di bawah ini!

RAMBUT KERING, RAPUH DAN KASAR

 

RAMBUT RONTOK DARI AKAR

 

RAMBUT BERKETOMBE

 

RAMBUT BERMINYAK

 

RAMBUT KERITING



Foto: Shutterstock, healthydotcom, medicalnewsdotcom, perukadotcom.

Related Articles

Gaya fashion Athleisure

13 April 2016

Berasal dari kata “athletic’ dan ‘leisure’, artinya; pakaian untuk berolahraga yang juga cukup gaya untuk dipakai buat jalan-jalan. Gaya fashion ini cukup populer

CHIC CHOKERS

03 Februari 2016

Kalung chokers yang sempat populer di tahun 1990-an, sekarang hits lagi.

Trend Kecantikan: Apa itu Cushion?

14 Maret 2019

Apa sih cushion itu? Inovasi make up dan skin care dari dunia beauty ini bakal bikin kamu ketagihan!

Gaya Fashion Jeans Denim

13 April 2016

Denim, atau yang lebih popular dengan Jeans merupakan style outfit yang multifunction, terutama the iconic blue jeans yang cocok di mix match dengan style apapun.

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.