Login

or


Email
Password

Mylooks

TEKNIK SKIN CARE DARI K-BEAUTY

29 November 2018

Korea Selatan dan industri beauty emang salah satu yang gak bisa terpisahkan. Hampir setiap tahun ada aja yang baru dan trend, seperti teknik skin-carenya untuk bikin kulit sehat, bersih, dan mulusss kayak telur rebus. Dari sekian banyak teknik skin-care ada beberapa yang nge-trend dan sudah terbukti berhasil. Bingung mau ikutin yang mana? Happifyourworld udah ngerangkumnya buat kamu!

 

7 SKIN METHOD

Metode skin-care yang satu ini adalah pake toner 7 kali! Gunanya untuk ngasih hidrasi ke kulit sehingga kulit jadi plump, lembap, dan supple (kenyal). 7 skin method cocok untuk kulit yang sangat kering dan butuh hidrasi, tapi untuk kulit yang berminyak juga bisa pake teknik ini. Kalo Happifyourworld sendiri pake teknik ini karena paling sering berada di dalam ruangan ber-AC, sehingga kulit jadi terasa kering dan butuh banyak hidrasi, walaupun kulit berminyak dan sensitif.

Cara pakenya mudah aja, kita tinggal pake toner (bisa dari 1 brand atau 2 brand bergantian pakenya) sebanyak 7 kali. Buat yang baru pertama kali, mungkin coba dulu pake 3-4 kali, karena kulit juga udah terasa banget lembapnya. Namun kalo menurut kamu kurang, kamu bisa tambah hingga 7 kali.

Buat tonernya sendiri, jangan asal pilih. Toner yang dipake harus punya kualifikasi berikut:

 

Rekomendasi toner:

HADALABO Gokujyun, SKII FTE, SanDaWha Aqua Fresh Toner, The Body Shop Vitamin E Hydrating Toner, Martha Tilaar Solusi Organik Face Toner.

 

10 STEPS KOREAN SKINCARE ROUTINE

Bisa dibilang 10 Steps Korean Skincare Routine adalah rahasia kulit mulusnya para cewek Korea. Emang takes time sih cuma worth it banget buat dicoba. Dari sekian banyak 10 Steps, Happifyourworld ambil sumber dari Sokoglam.com, kayak apa sih tekniknya, lihat di sini!

STEP 1:

Oil based cleanser. Ini adalah first step double cleansing yang WAJIB terutama setelah kita beraktivitas di luar seharian. Gunanya buat membersihkan sisa makeup dan kotoran. Jenis produknya bisa disesuaikan dengan kulit ya, mau yang balm, milk atau oil.

STEP 2:

Water based cleanser. Step kedua dari double cleansing. Ini saatnya pake produk yang seperti facial wash atau sabun cuci muka.

STEP 3:

Exfoliation. Ini untuk mengangkat sel-sel kulit mati, tapi ingat jangan setiap hari apalagi kalo kulit kita sensitif. Cukup 2 - 3 kali seminggu aja, gunakan sampe ke bagian leher dan hindari area mata. Untuk produknya bisa jenis scrub, exfoliation toner, dan sebagainya.

STEP 4:

Toner. Biasanya kalo di Korea nyebutnya water atau skin-refresher. Cuma di kita nyebutnya hydrating. Karena di step ini bertujuan untuk menghidrasi kulit. Buat produknya pilih yang bisa hydrating, moisturizing, atau nyeimbangin level pH kulit.

Aplikasinya bisa pake kapas atau tepuk-tepuk dengan tangan.

STEP 5:

ESSENCE adalah step penting di skin care Korea. Essence kurang lebih sama kayak serum atau diantara serum dan toner. Teksturnya lebih cair dan formulanya kebanyakan lebih ringan dari serum, tergantung mereknya. Fungsi essence buat nambah kelembapan, dan nyiapin kulit supaya lebih maksimal pas pengaplikasian serum.

NOTE: biarpun penting tapi step ini dikembalikan lagi ke kondisi kulit kita. kalo kamu ngerasa toner aja udah cukup bikin lembap, step ini bisa diskip kok atau dialihkan hanya untuk malam hari aja.

STEP 6:

Serum/Bosster/Ampoule. Di step ini lebih ditujuin untuk mengatasi masalah kulit kita, makanya formulanya lebih terfokus (more concentrated). Misalnya kulit kusam, pori-pori besar, pigmentasi, kerutan, dan sebagainya. Setelah dipake, ditunggu dulu sekitar 1-2 menit supaya meresap.

STEP 7:

Sheet mask. Diamkan sekitar 15 menit. Di step ini kamu bisa berhenti pake skin care apapun kalo sheet mask yang dipake sudah dirasa sangat melembapkan kulit. Dan kamu bisa alihkan step ini untuk malam hari. Menurut Pony Syndrome, beauty guru dari Korea, ketika dia berada di negara tropis dia selalu pake sheet mask yang fungsinya untuk meng-ademkan kulit wajah setiap hari, bisa dicoba nih.

STEP 8:

Eye cream. Buat kita yang remaja sih step ini bisa diskip. Tapi kalo umur kamu udah masuk 20 tahun, bisa pake eye cream untuk menjaga kelembapan bagian mata.

STEP 9:

Moisturizer. Konsentrasikan di area-area yang paling kering untuk melembapkan area tersebut. Jangan lupa pake area leher ya.

STEP 10:

Sunscreen atau tabir surya untuk siang hari dan sleeping mask untuk malam hari.

 

DONE! Wuih banyak yaaa, tapi sekali lagi ke-7 step ini HARUS dikondisikan dengan kulit masing-masing. Orang Korea dan Jepang menggunakan semua step ini karena kondisi cuaca mereka yang dingin dan bikin kering kulit. Jadi buat kita yang tinggal di negara tropis harus pintar-pintar memilah supaya jadinya gak terlalu over-lembap yang ngakibatin bruntusan.

 

GLASS SKIN

K-beauty trend ini dipopulerin oleh makeup artist dari Los Angeles, Ellie Choi. Glass skin is literally crystal clear as glass. Poreless, dewy, dan sehat. Tanpa perlu pake highlighter! Ellie bilang dia punya kulit kombinasi, dan gimana cara dia bisa ngeraih glass skin? Ini step by step plus produk yang dipake Ellie:

STEP 1:

Cleansing. Setiap malam Ellie menghapus makeup pake Neutrogena’s Makeup Remover Cleansing Wipes. Lalu mencuci muka pake dua cleanser. Cetaphil Daily Facial Cleanser dan Kiehl’s Ultra Facial Cleanser.

STEP 2:

Exfoliates, membuang sel-sel kulit mati dengan Skinfood’s Black Sugar Strawberry Wash Off Mask, yang bantu Ellie ngeraih kulit sehat dan natural glownya. Setiap 2-3 kali seminggu.

STEP 3:

Toner. Untuk menghidrasi Ellie pake Clinique Claryfying Lotion 3.

STEP 4:

Moisturizer. Dua produk andalan Ellie adalah Cetaphil’s Moisturizing Cream dan Woonjin Effect’s Water Bomb Cream. Buat yang punya kulit berminyak, Woonjin sangat direkomendasikan!

STEP 5:

Setiap 1 atau 2 kali seminggu Ellie pake Sheet Mask dari Innisfree.

Skin care Ellie mirip dengan 10 Steps Korean Skin Care Routines hanya lebih simple, bisa dicoba buat yang baru mau nyobain skin care.

 

CLOUDLESS SKIN

Its 2018 K-Beauty goals! Cloudless skin adalah kulit yang flawless, bright, mulus, halus, tanpa adanya disscoloration biarpun gak pake makeup. Contohnya kayak mukanya Jisoo BlackPink atau kalo cowok BTS Jin.

Cloudless skin sebenarnya adalah lifestyle buat ngemotivasi cewek Korea buat melakukan perawatan kulit dengan cara menjalani gaya hidup sehat dan menggunakan skin care yang benar untuk mengembalikan kondisi kulit yang sehat. Jadi gak cuma terfokus pada kesehatan dan kecantikan kulit dari luar, tapi juga menonjolkan kecantikan dari dalam diri.

Buat lifestyle, kondisi kulit yang sehat bisa didapet dari good habit sehari-hari. Seperti banyak mengonsumsi sayur dan buah, tidur cukup sesuai usia (7-8 jam sehari) setiap malam, stress-free, dan olahraga. Untuk skin carenya, dilansir dari Glow Recipe, ada pro-advice buat kamu mengatasi masalah kulit, yaitu:

 

DULLNESS (kulit kusam)

Lakukan exfoliasi kulit. Tapi daripada melakukan exfoliasi kulit dengan scrub atau harsh chemical peel, lakukan gentle daily exfoliation. Kamu bisa pake leave-on treatment dengan alpha hydroxy acids seperti Glow Recipe Watermelon Glow Sleeping Mask. Atau bisa juga pake splash-mask dua kali seminggu sekali, kandungan lactic acidnya bisa meng-exfoliasi sekaligus melembutkan kulit.

Selain itu untuk hidrasi, biasain untuk pake moisturizer gak cuma siang atau malam hari aja, tapi kalo bisa sepanjang hari. Kita bisa simpan facial spray, seperti Whamisa Mini Hydrating Double Layer Mist.

 

CLOGGED PORES (pori-pori tersumbat)

Daily cleansing. Gunakan double cleanser supaya kotoran yang masuk ke pori-pori bisa tuntas dibersihkan. Lalu pake masker yang punya fungsi deep-cleans seperti mud mask (hydrating) dan clay mask (drying). Cari tahu di artikel TIPE MASKER DAN FUNGSINYA untuk tau lebih jauh bedanya mud mask dan clay mask.

 

Nah itu semua teknik Korean skin care yang sejauh ini sedang trend di Korea. Sebenarnya semuanya kurang lebih mirip, karena pointnya berkisar di hydrating kulit dan mengatasi masalah kulit supaya kulit jadi lebih sehat serta bright. Perbedaan yang mendasar hanya waktu dan produk yang dipake. Yang penting adalah konsistensi, karena tanpa konsistensi perawatan kulit mulus gak akan kita dapetin. So, mana nih yang tertarik mau kamu coba Happy Females?


Foto: Shutterstock, 3CE, dan berbagai sumber

Related Articles

Gaya fashion Athleisure

13 April 2016

Berasal dari kata “athletic’ dan ‘leisure’, artinya; pakaian untuk berolahraga yang juga cukup gaya untuk dipakai buat jalan-jalan. Gaya fashion ini cukup populer

CHIC CHOKERS

03 Februari 2016

Kalung chokers yang sempat populer di tahun 1990-an, sekarang hits lagi.

Trend Kecantikan: Apa itu Cushion?

14 Maret 2019

Apa sih cushion itu? Inovasi make up dan skin care dari dunia beauty ini bakal bikin kamu ketagihan!

Gaya Fashion Jeans Denim

13 April 2016

Denim, atau yang lebih popular dengan Jeans merupakan style outfit yang multifunction, terutama the iconic blue jeans yang cocok di mix match dengan style apapun.

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.