Login

or


Email
Password

Whatsnow

REKOMENDASI WEBTOON DARI BERBAGAI GENRE

12 Mei 2019

REKOMENDASI WEBTOON DARI BERBAGAI GENRE

Kalo kamu belum pernah membaca webtoon, wah kamu kemana aja?? Webtoon atau komik digital saat ini Daripada kudet, yuk langsung baca kelima rekomendasi webtoon populer dengan berbagai genre ini!

 

APA SIH ITU WEBTOON?

Buat yang belum tahu apa itu webtoon, webtoon adalah akronim dari website cartoon atau digital comic. Webtoon berasal dari Korea Selatan yang dipublish secara digital platform (website & aplikasi smartphone) melalui berbagai publisher, salah satunya yang paling terkenal adalah LINE WEBTOON. FYI, webtoon ini sangat disambut antusias nggak cuma oleh penggemar komik tapi juga pengarang komik.

Karena dengan adanya webtoon, para “beban” para pengarang komik menjadi ringan dengan tidak perlu memikirkan lagi untuk biaya cetak dan distribusi, dengan smartphone yang hampir semua orang punya sehingga karya mereka udah pasti sampai dan dibaca oleh para pecinta komik.

Webtoon sendiri genrenya nggak terbatas. Dari romance, comedy, mistery, sci-fi, etc. Dan asyiknya, kalo webtoon ini jadi populer bukan nggak mungkin diangkat jadi film. Berminat jadi pengarang komik webtoon, baca dulu dong rekomendasi webtoon populer yang berasal dari berbagai genre ini. Let’s go!

 

PASUTRI GAJE

Pecinta genre romantic-comedy? Wajib banget baca ‘PASUTRI GAJE’ karya Annisa Nisfihani (nama lainnya, Sayuko). ‘Pasutri Gaje’ menceritakan tentang lika liku kehidupan rumah tangga Adimas dan Adelia, pasangan suami istri PNS di Kalimantan Timur. Kedua tokoh sentral ini digambarkan sangat menarik. Adimas yang ganteng tapi ternyata punya sisi kocak, sedangkan Adelia nggak kayak heroine kebanyakan yang lemah gemulai. She literally wajah Rinto hati Rambo! Cewek wonder woman dengan kearifan lokal banget deh! Settingnya yang merakyat dan konflik yang nggak lebay, sangat related dengan kehidupan kita sehari-hari, makanya nggak aneh deh kalo webtoon ini langsung jadi favorit!

Oiya, sebelum baca ‘Pasutri Gaje’, baca dulu ‘My Pre Wedding’ yang nyeritain ketika Adimas dan Adelia pertama kali ketemu.

 

TRUE BEAUTY

Webtoon bergenre romantic-comedy plus slice of life karya Yaongyi ini bercerita tentang Lim Jugyeong, cewek yang udah capek diperlakukan berbeda hanya karena wajahnya ‘jelek’. Terobsesi pingin berubah, Jugyeong akhirnya belajar trick makeup and dedicating her time (also money) sampe akhirnya berhasil jadi “goddess” (cewek cantik paripurna). Ceritanya gini aja? Ya nggak dong! Nah buat ngejaga imagenya sebagai “goddess”, Jugyeong harus ngejalanin dua kehidupan, dimana dia yang asli yang suka heavy metal dan satunya sebagai goddess cantik. Ceritanya semakin kompleks ketika Jugyeong mulai ngerasa ‘fake’ sama identitas goddessnya dan dengan adanya dua cowok, Lee Suho dan Han Seojoon kehidupan Jugyeong pun semakin banyak drama!

Selain ceritanya yang ringan tapi bikin kita jadi baper, visualisasi ‘True Beauty’ bener-bener patut diacungin jempol! Karakternya banyak terinspirasi dari Kpop Idol, dan detailnya pun dari stuff makeup dan baju, oke banget. Jadi pastiin ‘True Beauty’ ada di list webtoon kamu!

 

SAVE ME

Oia kalo kamu pecinta K-pop, pasti udah paham banget kalo ‘Save Me’ yang bergenre sci-fi diambil dari storyline beberapa music video BTS. Walaupun begitu, webtoon satu ini berhasil ngeraih interest general public dan jadi salah satu top webtoon saat ini.

 ‘Save Me’ bercerita tentang tujuh orang cowok (Namjoon, Jin, Yoongi, Hoseok, Jimin, Taehyung, dan Jongkook) yang bersahabat dari jaman mereka sekolah. Susah senang mereka laluin bersama sampe akhirnya pada satu waktu mereka ngambil jalan masing-masing, dan bisa dibilang nggak berjalan dengan baik. Walaupun masing-masing tokoh punya ceritanya sendiri, tapi ‘Save Me’ berpusat pada Jin yang berusaha menolong keenam temannya dengang melakukan perjalanan waktu, dengan harapan dia bisa mengubah nasib mereka dan juga dia sendiri. Apakah dia berhasil?

Cerita ‘Save Me’ punya plot kompleks dan rumit, banyaknya simbol yang menyiratkan suatu arti bikin kita nggak bisa meleng. Semakin lama ceritanya semakin intens dengan plot twist yang nggak kita duga. ‘Save Me’ sendiri sudah tamat di episode ke-15. Tapi ini hanya season pertama dengan ending yang bikin kita semakin bertanya-tanya apa yang bakal terjadi sama ketujuh orang ini. Rumornya sih akan ada season kedua yang berjudul ‘I’m Fine’, tapi sabar-sabar aja yah nunggu kapan tanggal rilisnya muncul.

 

PAK GURU INYONG

Mau tahu gimana realita kehidupan guru honorer? Baca deh webtoon slice of life ‘Pak Guru Inyong’ karya Anggoro Ihank! Sesuai judulnya, webtoon drama komedi ini nyeritain tentang keseharian guru honorer bernama Pak Inyong bersama murid-muridnya. Ceritanya ringan, kocak,  sampe sedih. Bahkan ada beberapa cerita yang cukup ‘menampar’ karena hampir semua cerita ‘Pak Guru Inyong’ diambil dari hal-hal yang terjadi di sekitar kita. Issue-issue atau hot news sering diangkat jadi topik tapi disampaikan dengan gaya Pak Inyong sehingga mudah dipahamin. Cocok buat kamu yang suka cerita tentang kehidupan tapi nggak mau terlalu berat berpikir. Oia, menariknya setiap akhir cerita, ‘Pak Guru Inyong’ suka ngasih petuah atau pesan singkat yang dijamin bikin baper!

 

NOBLESSE

‘Noblesse’ adalah salah satu webtoon legendaris bergenre fantary dengan subscriber 35 juta pembaca dan ngeraih rating 9,88. ‘Noblesse’ yang ditulis oleh Son Jeho dan digambar oleh Lee Kwangsu bercerita tentang vampir ningrat bernama Cadis Etrama Di Raziel alias Rai. Karena dia udah tertidur selama 820 tahun, otomatis Rai sama sekali nggak ngerti apapun tentang jaman yang udah berubah dan teknologi yang udah maju. Dibantu sama pelayan setianya, Frankenstein, Rai mulai ngejalanin hidup layaknya anak sekolah SMA biasa yang kudet. Di sekolah ini Rai berteman dengan beberapa manusia, dan kelompok ini ngejalanin hari-hari tenangnya sampe akhirnya suatu organisasi rahasia mulai nyerang Rai sambil berusaha ngebongkar masa lalu Rai.

‘Noblesse’ pertama kali dirilis tahun 2007 dan baru aja tamat Januari 2019, dengan total 543 episode. Saking populernya, ‘Noblesse’ juga dibuat dalam versi animasi dengan judul ‘Noblesse: Awakening’. Cerita animasi dan webtoonnya sendiri punya sedikit perbedaan dengan penambahan spin-off, jadi make sure kamu juga nonton animasinya ya!


Foto: Shutterstock, Google Image, Line Webtoon, BigHit, dan berbagai sumber.    

Related Articles

NGOPI DULU, LALU... SELFIE !

03 Februari 2016

Ngopi cantik demi dapet stock foto yang instagramable banget.

CLICK & DOWNLOAD

03 Februari 2016

Ini beberapa celebrity apps yang worth it untuk kita download bareng-bareng.

NO BAKE CAKE RECIPE

02 Februari 2016

Who doesn’t love cake? But to bake them is another story.

NEW IT COUPLES ALERT

03 Februari 2016

Ada banyak young power couples baru yang seru untuk kita kepoin bareng. Selain Taylor & Calvin, ada siapa lagi ya?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.