Login

or


Email
Password

Whatsnow

bullet journaling, hobi seru yang harus dicoba!

26 Mei 2019

Akhir-akhir ini bullet journaling semakin trend dan sering kita temuin di sosial media. Sebenarnya apa sih itu bullet journaling? Apa dan gimana memulainya? Yuk baca di sini

Bullet journaling sederhananya adalah aktivitas mencatat plan, jadwal, atau juga diary di dalam sebuah jurnal. Dengan jurnal ini kita bisa men-track apa aja yang udah kita lakukan, mengorganisir apa yang mau kita lakukan, dan merencanakan apa to-do-list, goals serta tujuan kita di masa depan. Simplenya sih, ini jurnal yang isinya tentang daily life kita. its a therapeutic and fun activity yang semua orang bisa lakukan!

Nah udah mau mulai bikin bullet journaling? Ini step by stepnya.

 

PILIH JURNAL ATAU NOTEBOOK YANG AESTHETICALLY PLEASING AND EASY TO WRITE

Cari jurnal atau notebook dengan cover yang lucu. Jangan cuma bagus aja tapi juga bisa bikin kita semangat buat mengisinya. Idealnya sih buku jurnal yang kita pake jangan terlalu besar atau kekecilan, cari yang kira-kira berukuran medium dan yang kira-kira bakal kita bawa kemanapun.

Kamu bisa coba cari jurnal di Moleskine, Minimalism Art, MUJI, Ban.Do, atau kamu juga bisa pake binder clip yang kertasnya bisa diganti-ganti sesukanya.

 

STATIONARY WARNA-WARNI

Colorful writing utensills is a must! Pada dasarnya kamu bisa pake pen apapun. Gel pen, fountain pen, spidol, bahkan pena biasa. Tapi keistimewaan bullet journaling adalah take your writing to the next level, jadi jangan takut mencoba peralatan menulis warna apapun! Buat awal-awal coba beli highlighter dan pen warna-warni, misalnya Stabilo Point 88 Fineline Pens dan Zebra Mildliner. Mereka punya beberapa paket warna dari 5 sampe 25 yang bisa kamu pilih sesuai budget.

Mau lebih crafty lagi? Pake pen watercolor buat ngebuat header atau point-point. Kamu bisa coba cari pen-pen ini di Gramedia, JetPen, atau Amazon.

 

BELI WASHI TAPE DAN STICKER, JUST BECAUSE...

Karena nge-customizing bullet journaling itu SERU! Kalo kamu pikir washi tape dan sticker itu cuma buat anak-anak, salah banget. Ada banyak cara untuk memakai washi tape dan sticker. Kamu bisa bikin untuk hiasan foto dan tulisan di bullet journaling atau untuk meng-emphasize apa planning kita. Sticker juga ada banyak motivational quotes yang akan bikin hari-hari kamu lebih semangat!

Dan, kalo kamu punya budget lebih, investasikan untuk membeli mini printer foto seperti Canon Inspic atau Fuji Instax yang bisa nge-print foto-foto yang kamu ambil melalui handphone. Lebih hemat dibandingkan kalo kita harus mengeprint di toko printer.

 

JANGAN TAKUT BERANTAKAN

Bikin bullet journaling udah pasti meja kerja kita akan ramai seperti yang terlihat di akun @lallayena dan @mizutamahanco, tapi itulah bagian serunya. Gak perlu banyak mikir dan randomly ambil apa yang ada di depan kita, jangan takut untuk meng-eksplore sisi kreatif kita!

 

HMMM... MAU NULIS APA YA DI BULLET JOURNALING AKU?

Ini beberapa ide apa yang bisa kamu tulis di dalam bullet journaling:

Apa yang udah aku lakukan hari ini, or something to share

Hari ini habis hangout sama teman? Habis nyobain menu baru di restoran favorit? Atau ada snack enak. Tulis di buku jurnalmu.

 

Decorated planner

Kotak-kotak planner di jurnal jangan dibiaring kosong. Coba dihias dengan sticker, atau doodle. Coba dibikin cakep biar kamunya juga semangat ngeliatnya.  

 

Handlettering

Bisa bikin handlettering? Nah bullet journal juga bisa nih kamu hias dengan handlettering kamu biar makin mantul!

 

NOTE:

Nah kalo udah siap semuanya, yuk langsung kita bikin bullet journalnya! 

 


Foto: Pinterest, Amazon, Lallayena, Mizutama Hanco, dan berbagai sumber

Related Articles

NGOPI DULU, LALU... SELFIE !

03 Februari 2016

Ngopi cantik demi dapet stock foto yang instagramable banget.

CLICK & DOWNLOAD

03 Februari 2016

Ini beberapa celebrity apps yang worth it untuk kita download bareng-bareng.

NO BAKE CAKE RECIPE

02 Februari 2016

Who doesn’t love cake? But to bake them is another story.

NEW IT COUPLES ALERT

03 Februari 2016

Ada banyak young power couples baru yang seru untuk kita kepoin bareng. Selain Taylor & Calvin, ada siapa lagi ya?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.