Login

or


Email
Password

Whatsnow

"SOCIAL" MEDIA CHALLENGES THAT WENT VIRAL

19 April 2019

Kalo kata “challenge” yang beredar di media sosial selama ini deket banget dengan konotasi berbahaya dan negatif, beberapa konten viral ini justru ngebuktiin kalau masih ada gerakan yang menyebar untuk kebaikan.

 

Media sosial nggak hanya jadi wadah untuk para penggunanya untuk berkreasi, tapi juga menjadi tempat menyebarnya berbagai informasi dengan cepat di dunia maya. Dengan kekuatannya yang mampu menjangkau orang seluas-luasnya, nggak jarang beberapa konten yang di-posting di dalamnya menjadi viral tanpa alasan yang spesifik, bisa jadi karena seru, lucu, mengambil simpatik, bahkan menantang dan berbahaya untuk dilakukan.

Tapi nggak semua konten viral cuma jadi tontonan menghibur aja, banyak juga konten positif yang menyebarkan awareness dan menarik kita, para penonton, untuk juga ikut melakukan ‘tantangan’ baik ini di media sosial. Apa aja ya positive challenge yang pernah viral di internet?

 

#TRASHTAG CHALLENGE

Kalau selama ini mengumpulkan dan membuang sampah jadi hal yang paling malas untuk dilakuin, challenge ini berhasil mengubah persepsi orang-orang. Trashtag challenge menjadi viral di berbagai media sosial untuk membersihkan sampah yang ada di sekitar mereka, menjadikan lingkungan bebas sampah. Kita tinggal mencari lingkungan yang penuh dengan sampah, memotret keadaan ‘before’, membersihkan area tersebut, lalu memotret keadaan ‘after’ serta membagikannya di media sosial dengan hashtag #trashtag. Gampang kan?

Sebenarnya challenge ini udah ada sejak tahun 2015, di mana UCO, sebua perusahaan peralatan untuk aktivitas outdoor menggunakan hashtag ini buat ngajak para pendaki gubung, atau pecinta alam untuk membersihkan sampah di alam. Tapi kini, akun Instagram @thescientistfacts kembali mempopulerkannya dan trashtag challenge kembali jadi tren positif yang viral.

 

ICE BUCKET CHALLENGE

Masih inget banget betapa viralnya ice bucket challenge di seluruh dunia, tantangan di mana seseorang harus mengguyur badannya dengan air dan es. Challenge ini merupakan bentuk kampanye untuk menggalang dana dan meningkatkan awareness tentang penyakit ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis), penyakit mematikan yang menyerang saraf motorik yang ditandai dengan melemahnya rasa pada bagian tubuh, hingga kesulitan untuk menelan makanan, berjalan, atau berbicara. Ice bucket challenge sendiri diibaratkan seperti perasaan para penderita ALS yang otot-ototnya mati rasa dan mengalami kelumpuhan.

Tantangan ini sempat viral di tahun 2014 dan berhasil menyumbangkan dana sekitar $ 115 juta atau setara dengan Rp 1,5 triliun untuk disumbangkan ke Asosiasi ALS. Tantangan ini pun kembali booming dan viral di Korea Selatan tahun lalu dengan hashtag #icebucketchallenge2018, yang dimulai oleh Sean, dari duo hip hop Jinusean untuk membantu Park Seung-il, mantan pemain sepak bola Korea Selatan yang terkena penyakit ALS.

 

THE LEMON FACE CHALLENGE

Empat tahun setelah Ice Bucket Challenge, tantangan baru lagi muncul untuk meningkatkan awareness akan salah satu jenis tumor otak yang agresif dan umumnya menyerang anak-anak. Lemon Face Challenge mengumpulkan dana untuk memerangi penyakit glioma intrinsik pontine difus (DIPG), suatu bentuk kanker yang sering kali menyerang batang otak anak-anak berusia 5 hingga 9 tahun.

Mau ikutan? Gampang! Kamu tinggal posting video makan irisan lemon sambil memasang muka flat menahan asam. Challenge ini nggak lain untuk ningkatin kesadaran akan DIPG dan mendorong orang untuk menyumbang untuk perang melawannya.

Lemon Face Challenge ini viral saat pelatih sepakbola Alabama, Nick Saban, melakukan tantangan ini untuk mendukung anak berusia 11 tahun, Aubreigh Nicholas, yang didiagnosis menderita DIPG pada bulan September, dan telah mengumpulkan lebih dari $ 40.000 atau sekitar Rp 562juta.

 

#WAKEUPCALL CHALLENGE

Ada yang nggak pede saat harus selfie bener-bener habis bangun tidur? Pada challenge ini, kamu harus berani! Wake Up Call challenge sempet viral beberapa tahun lalu, dan dibentuk untuk ningkatin awareness sekaligus menggalang dana untuk para pengungsi di Suriah. Challenge ini pertama kali diinisiasi oleh duta UNICEF Inggris, Jemmima Khan yang begitu miris melihat kondisi dari para pengungsi Suriah, dan terinspirasi dari positive challenge yang pernah dilakukan sebelumnya, yaitu Ice Bucket Challenge dan No Makeup Selfie yang berhasil mengumpulkan dana hingga ratusan juta dolar.

Challenge ini pun disambut baik oleh para pengguna media sosial, terutama para seleb seperti Naomi Campbell, Tom Hiddleston, Laura Bailey, Emma Miler, Keeley Hawes, yang ikut berpartisipasi membagikan muka ‘I woke up like this’ versi mereka. Kapan lagi kan bisa melihat muka mereka abis bangun idur dan tanpa makeup?

 

PINK WHALE CHALLENGE

Challenge ini sebenarnya merupakan antisipasi dari tantangan negatif Blue Whale Challenge yang viral banget di media sosial, karena diduga kuat menjadi penyebab meninggalnya anak-anak remaja karena bunuh diri setelah memainkan game ini.

Blue whale challenge merupakan permainan yang berisi 50 tantangan yang diarahkan oleh seorang admin. Challenge ini terinspirasi dari kondisi paus biru yang cenderung berenang ke arah pantai dengan sengaja agar terdampar, saat dalam keadaan depresi atau sakit. Isi tantangannya pun mengerikan, mulai menyayat bagian-bagian tubuh dengan gambar sesuai arahan admin, sampai akhirnya bunuh diri untuk menyelesaikan tantangan terakhir. Pemain juga harus mengirim foto untuk membuktikan kalau dirinya udah menyelesaikan tantangan satu persatu. Wah kenapa bisa? Mungkin untuk sebagian dari kita menanggap game ini nggak masuk akal untuk diikuti, tapi game ini justru menajdi pelarian untuk para remaja yang sedang mengalami depresi dan merasa kalau tantangan-tantangan ini menjadi pengalihan untuk rasa sakitnya.

Nah, Pink Whale Challenge ini muncul untuk menghapus pengaruh buruk dari Blue Whale Challenge di atas. Dengan konsep yang sama, Pink Whale Challenge justru membagikan tantangan-tantangan positif seperti menuliskan hal yang kita suka, ngobrol sama temen yang udah lama nggak kta kontak, selfie dengan wajah bahagia, pokoknya semua hal yang mengundang positivity. Challenge ini pertama kali dikenal di negara Brazil dan menjadi viral di Instagram dan Facebook.


Foto: Shutterstock, Instagram @veganmemedealer, Forbes.com, Twitter @EddieOhGonzales.

Related Articles

NGOPI DULU, LALU... SELFIE !

03 Februari 2016

Ngopi cantik demi dapet stock foto yang instagramable banget.

CLICK & DOWNLOAD

03 Februari 2016

Ini beberapa celebrity apps yang worth it untuk kita download bareng-bareng.

NO BAKE CAKE RECIPE

02 Februari 2016

Who doesn’t love cake? But to bake them is another story.

NEW IT COUPLES ALERT

03 Februari 2016

Ada banyak young power couples baru yang seru untuk kita kepoin bareng. Selain Taylor & Calvin, ada siapa lagi ya?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.