Login

or


Email
Password

Mybody

911 FIRST PERIOD: PERTOLONGAN PERTAMA PADA KRAM HAID

Apa ya yang harus dilakukan ketika kram haid datang? Jangan takut Happifyourworld udah ngumpulin beberapa cara buat meredakan kram haid kamu berdasarkan tips dari Happy Females. Apa aja itu? Yuk cek di sini!

 

 

KOMPRES PERUT DENGAN AIR PANAS

Sedia botol air panas, atau kalo nggak punya kita bisa pake tumbler, handuk, bahkan selimut dan segera taruh di perut sambil rebahan. Kompres perut ini juga bisa kita lakukan ketika tidur malam supaya istirahat kita tetap nyaman.

 

 

AKUPRESSURE

Tekan dan pijat perlahan bagian bawah jari jempol tangan kiri kita selama beberapa menit. Terus lakukan hingga rasa sakitnya berkurang. Kita bisa minta tolong mama atau kakak bantu memijatkan kalau dirasa nggak sanggup sendiri.

 

 

GERAKKAN TUBUH

Kalau kita masih mampu berdiri dan berjalan, lakukan olah tubuh! Ketika tubuh bergerak maka peredaran darahpun akan lancar, termasuk keluarnya darah haid. Tapi kalau tidak bisa jalan banyak, lakukan saja di dalam kamar juga nggak apa-apa kok. Atau kalo perlu ajak teman atau pacar biar ada yang bisa nyemangatin!

 

 

MINUM-MINUMAN YANG HANGAT

Walaupun sebenarnya nggak ada hubungannya minum dingin atau panas, tapi beberapa penelitian bilang minuman hangat akan lebih bisa merileksasikan tubuh. Sehingga membuat tubuh lebih nyaman, dan otomatis berpengaruh ke hormon yang muncul saat kita menstruasi (haid).

 

 

POSISI YOGA CHILD’S POSE

Pertolongan pertama pada kram haid berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan pose yoga child’s pose. Lakukan seperti gambar di atas, taruh bantal kecil diantara perut dan paha, lalu meringkuklah. Kamu bisa meluruskan tangan ke depan untuk peregangan atau meletakkan kedua tangan di samping. Lakukan senyaman dan serileks mungkin ya, kalo kaki mulai terasa pegal atau kesemutan karena belum biasa, bangun dan stretching dulu lalu lakukan pose child's pose lagi.

 

Kelima cara di atas adalah cara yang paling sering digunakan oleh Happy Females. Tapi ingat, kalau nyeri kram menstruasi (haid) kita nggak reda hingga lebih dari 7 hari dan tiga kali siklus selalu mengalami nyeri kram menstruasi (haid) yang hebat, segera periksakan ke dokter ya.

 


Foto: Shutterstock   

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.