Login

or


Email
Password

Mylife

BELAJAR CARA JITU MEMAAFKAN KESALAHAN

BELAJAR CARA JITU MEMAAFKAN KESALAHAN

Nyatanya, memaafkan lebih gampang diucap daripada dipraktekkan. Masih menyimpan uneg-uneg yang susah termaafkan? Mungkin kamu harus melakukan hal ini, apalagi Lebaran sebentar lagi nih!

Dalam bersosialisasi, rasanya nggak mungkin kita benar-benar bisa menghindari perasaan sakit hati.Kalau udah dihadapin sama kejadian yang bikin kita kesel dan marah, susah banget memaafkan hal yang dilakukan orang-orang terhadap kita. Akhirnya, berujung jadi dendam karena udah terlanjur sakit. Rasa maaf kayaknya udah susah buat keluar, susah buat melepaskan dan mengikhlaskan hati yang kesal, padahal kalau begini terus malah kita yang semakin rugi.

 

KENAPA KITA SUSAH BANGET MEMAAFKAN SESEORANG?

Kalo dibandingin, pasti rasanya lebih kesel saat kita diomongin sahabat dari belakang daripada berjam-jam comment war di Instagram sama orang yang nggak kita kenal. Lebih dendam diselingkuhin pacar daripada tau kalau gebetan kita ternyata suka sama orang lain. Karena kenyataannya, lebih susah memaafkan kesalahan orang terdekat yang udah kita percaya hampir 100% nggak akan menyakiti kita, tetapi karena satu dan lain hal membuat rasa sakit itu kejadian. Kita jadi ngerasa trust issue, nggak nyangka kalau hal ini akan menimpa kita dan membuat kita marah. Semakin lama, rasa marah tadi makin berkembang karena banyak hal yang kita pikirkan. Akhirnya muncul rasa di mana kita lebih baik untuk tetap menyimpan dendam dan merasa nggak perlu memaafkan mereka.

 

KENAPA SIH KITA HARUS MEMAAFKAN?

Coba diinget lagi, saat kita menyimpan kekesalan sama seseorang, apa yang kita lakukan pasti jadi nggak menyenangkan. Disinggung dikit marah, ditanya dikit kesel, ngeliat orang yang salah sama kita udah bisa ketawa-ketawa malah kita yang sebel. Walaupun bilangnya “udah gue maafin, kok!” tapi hati masih panas dan dongkol.

Sebenernya marah adalah hal yang wajar banget terjadi dalam diri seseorang. Hal ini terjadi karena adanya ego buat menjaga dirinya nggak dianggap remeh dan tetap dihargai akibat kesalahan yang terjadi. Tapi secara nggak sadar, kemarahan yang disimpan terus menerus di dalam hati punya efek buruk lho buat kita. Rasa dendam bisa berefek secara psikologis hingga kesehatan kita.

Saat kita marah, mungkin banget kita mempunyai kesempatan untuk meluapkan ke orang yang bikin salah ke kita, tapi mungkin juga nggak! Jadi sebenarnya manfaat utama memaafkan itu nggak lain untuk diri kita sendiri, untuk membuktikan kalau kita bisa kok berdamai dengan perasaan dan emosi kita tanpa harus orang lain memohon-mohon. Apapun hasilnya, kita bisa membiarkan energi negatif dan dendam di dalam diri keluar buat menghindari efek buruk buat diri kita sendiri.

 

CARA TERBAIK MEMAAFKAN KESALAHAN ORANG LAIN

Robert Enright, PhD, seorang profesor psikologi pendidikan di University of Wisconsin-Madison dan cofounder dari International Forgiveness Institute mengatakan, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memaafkan orang lain.


Foto: Shutterstock

Related Articles

Cara mengatasi writer block

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

PROJECT BARENG SAUDARA

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.