Login

or


Email
Password

Mybody

4 PERTANYAAN TENTANG HAID PERTAMA

Haid pertama emang selalu jadi misteri buat kita para cewek, tapi juga jadi momen yang ditunggu-tunggu banget karena ini gerbang buat cewek disebut dewasa. Buat yang belum dapet haid, ini nih 4 pertanyaan utama yang sering dipertanyakan sama first timer.

#1 KAPAN SIH SEBENERNYA UMUR YANG “NORMAL” BUAT HAID PERTAMA?

Secara teori, haid pertama biasanya datang pas kita berumur antara 11-14 tahun. Tapi ada beberapa kondisi yang bikin seseorang haid lebih cepet di usia 9 tahun atau bahkan telat haid pertama dan baru dapet haid di umur 15 tahun. Normal nggak? Masih normal kok. Karena perkembangan organ tubuh dan hormon tiap orang itu berbeda, jadi bisa aja tiap orang bakal dapet haid pertama di umur yang berbeda. Tapi kalau udah di atas 16 tahun dan belum haid juga, harus langsung cek ke dokter ya.

#2 SEPERTI APA RUPA HAID PERTAMA ITU?

Buat haid pertama, biasanya kayak flek berwarna kecoklatan dan nggak langsung banyak. Tapi nanti perlahan jadi agak merah dan mulai banyak, tergantung pada kondisi badan kita juga nih.

#3 BERAPA LAMA NORMALNYA HAID PERTAMA BERLANGSUNG?

Haid biasanya berlangsung sekitar 3-7 hari ya. Kadang bisa lebih lama dan nggak sama tiap bulannya di awal-awal haid (3-4 bulan setelah haid pertama) dan itu wajar karena lagi masa perubahan hormon. Tapi kalau sampe lama banget nggak selesai-selesai atau tiga bulan nggak haid lagi setelah haid pertama, nggak ada salahnya buat konsultasi sama dokter ya. Jangan lupa selalu nanya sama mama dan update perkembangan kamu ke mama.

#4 GIMANA SIH CARA MILIH PEMBALUT BUAT KITA YANG BARU HAID PERTAMA KALI?

Buat first timer, make pembalut di area vagina kita seharian pasti bakal nggak nyaman. Tapi biar haid pertama lancar dan kita nggak jadi salting sendiri karena pembalut yang salah, coba pilih pembalut yang nyaman dan terbuat dari bahan yang aman buat kulit sensitif sekalipun. Kayak Softex Light Airy, pembalut yang permukaannya halus banget dan super tipis (cuma 2mm aja tebelnya) jadi bikin kita berasa nggak pake pembalut. Pas banget buat first time haid experience-mu. Apalagi semua produk Softex ini udah teruji klinis oleh Australian Dermatologist sebagai pembalut yang aman buat kulit sensitif kita. Jadi nggak khawatir lagi deh kulit jadi gatel dan iritasi.

 

Photo source: Shutterstock

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.