Login

or


Email
Password

Mybody

Breast Cancer Awareness Special Article: Breast 101

Udah tau kan kalau bulan Oktober ini adalah bulan spesial buat Breast Cancer Awareness? Nah, sebagai perempuan, kita harus tau nih tentang breast cancer atau kanker payudara. Baca lebih lanjut yuk buat lebih memahami tentang Breast Cancer ini!

 

Tentang Payudara

Sebelum jauh ngobrolin Breast Cancer, baiknya kita kenalin lebih jauh payudara kita sendiri ya. Payudara kita ini terbentuk dari beberapa bagian yaitu lemak, jaringan ikat dan lobules (kelenjar kecil penghasil air susu) yang jumlahnya ribuan. Payudara kita mulai tumbuh di masa pubertas, pas hormon pertumbuhan ketemu sama hormon estrogen. Dan tau nggak, ukuran payudara kita memang berbeda kok antara kiri dan kanannya. Biasanya payudara kiri lebih besar ketimbang payudara kanan. Tiap bulannya, ukuran payudara kita juga bisa berubah, karena perubahan hormon, terutama saat siklus haid kita. Ini juga yang bikin payudara kita mendadak terasa kencang atau sedikit nyeri saat menjelang haid.

 

Apa sih Breast Cancer itu?

Sel kanker ini berasal dari sel dalam payudara yang tumbuh secara tidak wajar dan menyerang jaringan payudara kita, seperti saluran keluar air susu, lobules dan jaringan lemak. Apa penyebab utamanya? Meski belum bisa secara pasti ditentuin, tapi gaya hidup yang nggak sehat, faktor hormonal kita dan lingkungan yang nggak sehat juga bisa jadi salah satu penyebabnya.

 

Stadium awal Breast Cancer biasanya mulai bisa dicek sendiri dengan SADARI (periksa payudara sendiri). Baiknya kita selalu SADARI minimal sebulan sekali biar lebih terasa jika ada tanda-tanda awal gejala Breast Cancer.

 

Cara SADARI:

  1. Saat di depan kaca, perhatikan apakah ada perubahan pada bentuk, permukaan kulit payudara dan puting, lalu letakkan tangan di pinggang lalu kencangkan otot dada. Lihat dari samping kiri dan kanan untuk melihat perbedaan dan kondisi payudara secara keseluruhan. Tekan perlahan puting dengan jari untuk mengecek apakah ada cairan yang keluar dari puting.
  2. Saat mandi mungkin salah satu waktu yang tepat buat ngecek payudara kita. Dengan bantuan busa sabun di badan, angkat satu tangan ke atas, lalu mulai periksa payudara di sisi tangan yang terangkat dengan gerakan memutar. Adanya busa memudahkan kita buat merasakan bila ada benjolan.
  3. Saat tiduran, payudara kita cenderung melebar (jika tidur terlentang). Kita bisa lakukan SADARI juga dengan mengangkat tangan kiri dan taruh di belakang kepala, lalu dengan lotion, lakukan gerakan memutar di payudara kiri untuk merasakan adanya perubahan atau adanya benjolan. Ulangi untuk payudara sisi kanan juga dan area sekitar bawah ketiak ya.

 

Saat SADARI, yang harus kita waspadai adalah ketika kita menemukan:

  1. Ada benjolan di payudara kita. Memang nggak semua benjolan yang ada di payudara kita berarti kanker, tapi saat benjolan itu udah terasa keras, nggak bergerak, cuma ada di satu payudara dan nggak ada di payudara lainnya, dan nggak hilang setelah haid, ada baiknya kita langsung cek ke dokter ya.
  2. Payudara berkerut. Kulit payudara harusnya terlihat kencang (kecuali di bagian puting). Tapi kalau ada satu bagian yang kulitnya berkerut, terasa kasar, sedikit menghitam dan tidak kembali bentuknya dalam beberapa hari, mulai waspada ya.
  3. Payudara keluar cairan. Dan yang pasti bukan ASI ya. Salah satu ciri breast cancer adalah keluarnya cairan dari puting, baik bening maupun pekat atau yang berupa darah (kemungkinan ini sudah mulai parah).
  4. Payudara terasa nyeri dan bengkak
  5. Lebih dari saat kita mau haid, dan masih belum juga hilang setelah haid.
  6. Puting masuk ke dalam
  7. Puting terasa gatal hingga bersisik dan terasa perih/ mengelupas

 

Jika terjadi salah satu saja dari keenam ciri di atas, langsung cerita ke mama ya, untuk selanjutnya ketemu dokter yang bisa kasih penjelasan medis tentang apa yang terjadi. Demi menjaga kondisi tubuh kita, dari sekarang kita rajin makan sehat dan seimbang, olahraga, pilih gaya hidup yang lebih sehat dan jangan lupa SADARI ya!

 

Photo: Shutterstock

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.