Login

or


Email
Password

Mylife

STAND UP TO BULLYING

Apapun bentuknya, bullying adalah tindakan yang nggak bisa dimaafkan. Masih segar di ingatan kita tentang kasus Amanda Todd yang menggegerkan dunia itnernasional tahun 2012 lalu. Siapa pun bisa menjadi korban atau pun pelaku tindak bullying, supaya nggak ada lagi the next Amanda Todd ini yang bisa kita lakukan.

 

APA SIH BULLYING ITU?

Secara harafiah, bullying adalah tindakan mengganggu. Dimana seseorang yang superior (lebih kuat) mengganggu, mengintimidasi yang lemah untuk melakukan apa pun yang dia inginkan. Atau menurut doityourselfdivas blog adalah ketika beberapa kejadian yang nggak mengenakkan atau nggak menyenangkan terjadi berkali-kali terhadap seseorang. Baik disengaja atau pun tidak.

 

TIPE ATAU BENTUK BULLYING ITU APA AJA SIH?

SOCIAL

Adalah tindak bullying yang menyertakan orang lain, misalnya:

 

PHYSICAL - FISIK

Tipe ini udah sampe tahap kekerasan fisik dimana biasanya korban dipukulin atau disiksa berkali-kali. Dari hal kecil kayak narik rambut sampe memukul.

VERBAL

Tipe bullying ini kebanyakan diawalin dengan ejekan atau ngungkit kelemahan fisik seseorang. Misalnya ada temen kita yang rambutnya kribo, langsung kita panggil kribo padahal mungkin aja dia nggak suka. Dari hal kecil kayak ejekan, bisa beralih ke hal besar seperti mengancam, dan ngasih komen yang nyakitin.

CYBER

Sad but truth, tipe bullying ini kerap terjadi akhir-akhir ini dimana social media bisa bikin kita "anonym". Seperti namanya, cyber bullying terjadi di dunia maya atau internet, bentuknya macam-macam. Misalnya ngasih komen yang kasar di socmed dan nyebarin berita hoax. Selain internet, prank call atau telepon iseng juga termasuk cyber bullying lho.

Menurut data dari Angie'sList.com, bullying punya efek yang panjang dan kebanyakan korbannya sulit ngelupain kejadian bullying yang dia alamin. Dan data dari theodysseyonline.com nyebutin, setidaknya 1 dari 4 murid di tiap sekolah di seluruh negeri ngalamin pembullian dan hanya 36% yang dilaporkan. Itu berarti ada 64% yang milih diam. Patut diketahui, sebagian besar tindak penindasan terjadi di sekolah dan orang yang jadi pembully kebanyakan adalah orang seumuran kita.

 

KENAPA DAN GIMANA ORANG BISA JADI PEMBULLY (penindas)?

Kayak disebutin di atas, kita bisa jadi korban atau pun yang melakukan penindasan. Ada beberapa alasan kenapa seseorang bisa jadi pembully, beberapa diantaranya yaitu:

 

APA YANG HARUS KITA LAKUKAN TERHADAP TINDAK BULLYING INI?

Kalo kita adalah korban:

 

Kalo kita melihat tindak penindasan:

 


Foto: berbagai sumber

Related Articles

Cara mengatasi writer block

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

PROJECT BARENG SAUDARA

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.