Login

or


Email
Password

Mybody

5 CARA MENJAGA OTAK TETAP SEHAT

Nggak cuma kulit dan fisik, otak kita pun bisa menua seiring bertambahnya umur. Sering lupa, pikun, hingga gangguan kesehatan otak adalah salah satu akibat dari penurunan fungsi otak dan paling ditakuti oleh sebagian banyak orang. Tapi jangan takut, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan supaya menjaga otak tetap sehat dan fungsinya tetap berjalan dengan baik, biarpun umur kita udah tua nanti.

 

LATIH OTAK DENGAN STIMULASI ATAU RANGSANGAN SECARA MENTAL

Dari beberapa penelitian, para peneliti nemuin kalo aktivitas otak merangsang koneksi baru antara sel-sel saraf, bahkan bisa ngebantu otak membentuk sel-sel baru yang bisa jadi pelindung serta cadangan ketika sel-sel lama menghilang ketika kita tua nanti.

Ada berbagai aktivitas yang bisa merangsang otak untuk berlatih. Misalnya baca buku, main game yang melatih otak kayak puzzle, catur, atau teka-teki. Selain itu, kita juga bisa ngelatih otak dengan cara-cara artsy kayak menggambar, doodling, atau bikin craft (kerajinan tangan).

LAKUKAN OLAH FISIK

 Nih satu alasan lagi kenapa kita harus berolahraga. Udah terbukti secara ilmiah kalo olahraga secara teratur meningkatkan jumlah pembuluh darah kecil yang ngebawa oksigen ke otak. Dan olahraga juga ningkatin fungsi otak yang bikin otak bekerja secara efisien, fleksibel, dan adaptif sehingga kinerja kita semakin lebih baik. Olahraga juga bisa mengurangi stres mental yang nggak cuma bisa bantu otak, tapi juga jantung.

Selain berolahraga, juga jangan lupa untuk istirahat yang cukup. Kurang tidur, stres, dan emosi yang nggak stabil bisa mempengaruhi kesehatan otak dan menurunkan fungsi kognitif kita.

 

JAGA ASUPAN MAKANAN YANG KITA KONSUMSI  

Nutrisi yang baik bisa ngejaga pikiran dan juga tubuh kita. Contohnya orang-orang yang menjaga makanannya dengan banyak mengkonsumsi buah, sayur, ikan, kacang-kacangan, dan tumbuhan protein ternyata resiko terkena dementia lebih rendah dibanding yang nggak mengkonsumsi.

 

JAGA LIFESTYLE DENGAN MENJAUHI ALKOHOL DAN ROKOK

Well, we already know apa efek alkohol dan rokok ke badan kita. Tapi ternyata keduanya juga sangat berbahaya untuk kesehatan otak kita, karena bisa memicu dementia. Nikotin yang terdapat dalam rokok emang bisa nimbulin rasa nyaman karena saraf ngelepas dopamin, tapi dibalik itu nikotin membunuh sel-sel otak dan menghentikan otak untuk memproduksi sel-sel baru. In short, mereka membunuh otak kita dari dalam secara pelan tapi pasti.

SERING-SERING BERKOMUNIKASI DENGAN ORANG LAIN & TRAVELING

Yup, berkomunikasi dengan orang lain apalagi dengan orang baru di luar lingkaran pertemanan kita bisa melatih otak. Komunikasi ngelatih kemampuan kognitif kita. Makanya jangan takut untuk ikutan sharing session, workshop, brainstorming, traveling, ataupun kegiatan lainnya di mana kita bisa ketemu orang banyak di tempat baru.


Foto: Shutterstock   

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.