Login

or


Email
Password

Mybody

5 OLAHRAGA SERU TANPA NGELUARIN BIAYA? BISA!

Ngerti banget kalau sebagian orang mendengar kata “olahraga” aja udah males untuk gerak. Tenang aja, ketujuh aktivitas ini tetap bisa bakar kalori dan bikin badan kita sehat tanpa kita sadari!

Buat kita yang punya aktivitas segudang, luangin waktu buat berolahraga keliatannya susah banget. Mulai dari alasan nggak ada waktu, member gym yang mahal, sampai lebih suka manfaatin waktu luang buat istirahat sambil main gadget dan scrolling Instagram. Intinya yaa mager (males gerak) aja! Padahal kenyataannya, olahraga penting banget buat menjaga stamina tubuh kita, sekaligus menghindari kita dari sakit dan nyeri seperti saat PMS. Manfaat lain dari olahraga juga bisa kita baca di artikel ALASAN KENAPA KITA HARUS BEROLAHRAGA.

Tapi bukan berarti nggak ada cara lain untuk jaga badan tetap sehat. Tanpa harus berlangganan gym dan ngeluarin waktu banyak, kita tetap bisa kok melakukan berbagai kegiatan ini sebagai pengganti olahraga serius.

 

BERESIN KAMAR

Kalori yang terbakar: 167 kkal/30 menit

Malas keluar rumah nggak jadi alasan untuk nggak bergerak. Coba cek, udah berapa lama kita nggak membereskan kamar sampai benar-benar rapi dan bikin kita keluar keringat? Beres-beres kamar juga bisa jadi salah satu alternatif olahraga seru tanpa ngeluarin biaya kok. Apalagi, sekarang decluttering (membereskan ruangan dengan mengurangi barang yang udah nggak terpakai) sedang tren dilakukan. Kita bisa mulai dari melakukan sortir baju-baju yang udah lama nggak kita pakai, lanjut ke buku-buku dan pernak pernik yang selama ini nggak kita sentuh, sekaligus membersihkan areanya dengan sapu dan pel. Dengan begitu, badan secara nggak langsung berolahraga dan kamar pun jadi kelihatan lebih lowong dan rapi dari sebelumnya.

 

BANTU PAPA CUCI MOBIL

Kalori yang terbakar: 216 kkal/40 menit

Kapan lagi bakar kalori sambil main air dan cuma dilakukan di halaman rumah?  Bantu Papa mencuci bodi mobil ternyata bisa dihitung sebagai olahraga menyenangkan yang bisa membakar lumayan banyak kalori lho! Cukup dengan ember, selang air, sabun, dan lagu enerjik, kita udah bisa bergerak plus puas banget ngeliat mobil yang kita pakai sehari-hari jadi bersih dengan tangan sendiri!

 

LARI KELILING KOMPLEK

Kalori yang terbakar: 200-300kkal/ 30 menit

Cukup modal t-shirt dan sneakers yang nyaman, kita udah bisa melakukan kegiatan ini tanpa ngeluarin biaya. Berlari keliling komplek yang kita lakukan selama 30 menit dengan jarak 1 km aja udah bisa membakar sebanyak 200-300 kalori. Supaya nggak cepat bosen saat keliling komplek, kita bisa download lagu favorit sebagai penambah semangat, podcast, atau audiobook yang bisa kita dengerin sepanjang olahraga. Bisa juga dengan cara-cara yang ada di artikel YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM KITA OLAHRAGA berikut, dijamin nggak bakal terasa capek deh!

 

 

JALAN KAKI DAN NAIK TANGGA

Kalori yang terbakar: 286 kkal/30 menit

Kalau kita nggak punya waktu banyak untuk olahraga, luangkan waktu untuk berjalan kaki lebih jauh dari biasanya. Misalkan pas berangkat sekolah, turun dari ojek online di tempat yang agak jauh sedikit, lalu lanjutin dengan jalan kaki. Bisa juga parkir dengan jarak yang lebih jauh kalau kita terbiasa bawa kendaraan sendiri. Begitu sampai kelas dan pelajaran belum dimulai, bisa lanjutin deh pakai 4 WORKOUT YANG BISA KAMU LAKUKAN DI DALAM KELAS berikut.

Kita juga bisa biasakan untuk pilih naik dan turun dengan tangga dibanding naik eskalator ataupun lift. Dengan begitu, tubuh kita secara nggak sadar udah melakukan gerak yang lebih banyak dari biasanya.

 

JOGET SESUKA HATI DENGAN LAGU FAVORIT

Kalori yang terbakar: 350 kkal/30 menit

Satu lagi aktivitas olahraga seru tanpa ngeluarin biaya yang bisa kita lakukan bahkan di dalam kamar. Pasang Playlist-mu, pastikan kita membayangkan diri lagi hadir di salah satu konser musisi favorit, and just dance like no one’s watching! Nggak ada ketentuan khusus gerakan apa yang harus kita lakukan, tapi menari dengan gerakan penuh semangat dan enerjik selama 30 menit udah bisa membakar kurang lebih 350 kalori tanpa ngerasa bosan.

Kalau mau latihan dengan lebih teratur, kita bisa tonton video dance tutorial yang ada di YouTube dan ikuti gerakannya. Cek juga rekomendasi channel olahraga yang seru di YouTube pada artikel 3 AKUN YOUTUBE BUAT BANTU BEROLAHRAGA DI RUMAH berikut. Jadinya nggak cuma kalori yang terbuang, tubuh kita jadi lebih lentur dan pastinya makin jago nge-dance!

 

BIAR OLAHRAGA TAMBAH SEMANGAT...

Ajak sahabat untuk join ‘olahraga’mu, dan bangun komitmen untuk melakukannya secara rutin supaya aktivitas bakar kalori jadi nggak terasa berat. Lihat olahraga apa saja yang bisa dilakukan bareng teman di artikel WORKOUT BARENG SAHABAT berikut.

Atur pola makan jadi lebih sehat dan teratur. Karena badan yang sehat nggak cuma karena rajin olahraga aja tapi juga mengontrol apa aja yang masuk ke tubuh kita. Bingung makan apa? Kamu bisa baca di artikel MAKANAN UNTUK MAKSIMALKAN WORKOUT sebagai contekannya.

Olahraga pas lagi mentruasi (haid)? Nggak masalah. Selain memperhatikan hal-hal yang ada di artikel OLAHRAGA DI SEKOLAH PAS HAID? NO PROBLEM!, jangan lupa untuk pakai pembalut yang super nyaman seperti Softex Hello Kitty Comfort Slim 29 cm, pembalut yang mampu menyerap cepat dan cocok banget dipakai waktu lagi heavy flow. Jadi nggak perlu takut tembus saat menstruasi (haid) lagi banyak-banyaknya dan tetap bisa kari keliling komplek tanpa was-was.


Foto: Shutterstock

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.