Login

or


Email
Password

Mybody

911 FIRST PERIOD 7 PERTANYAAN YANG MUNCUL PAS HAID PERTAMA KALI

Malu bertanya, sesat di menstruasi (haid) pertama. Nggak usah bingung, semua pertanyaan yang sering muncul di kepalamu begitu mengalami haid pertama kali ternyata ada jawabannya kok!

 

QUESTION #1 – KENAPA SIH CEWEK BISA MENGALAMI HAID?

Ini jadi salah satu keunikan dari tubuh cewek! Kita mungkin udah tau kalau haid merupakan proses keluarnya darah dari vagina, yang rata-rata terjadi 1 bulan sekali. Tapi mungkin banyak dari kita belum paham banget kalau sebenarnya haid merupakan proses dari organ reproduksi yang ada pada tubuh cewek saat lagi bersiap atas kemungkinan kehamilan.

Nah pas persiapan ini, dinding rahim yang berisi pembuluh darah akan menebal dikarenakan kadar hormon estrogen kita meningkat atau disebut dengan endometrium. Proses ini sekaligus merangsang pematangan sel telur di salah satu ovarium, dan siap untuk dibuahi. Tapi kalau kehamilan nggak terjadi, dinding rahim akan menipis secara perlahan, dan darah ekstra yang membuatnya tebal tadi akan keluar melalui vagina.

Kita juga mungkin sering denger dari Mama atau guru, kalo cewek udah haid artinya tubuh udah memasuki masa pubertas. Nah, lebih lengkapnya masalah haid bisa kita baca di artikel APA SIH ITU HAID? berikut.

 

QUESTION #2 – KAPAN SIH NORMALNYA CEWEK HAID PERTAMA KALI?

Rata-rata, cewek mengalami menarche atau haid pertama kali saat memasuki usia 12 tahun. Tapi bukan berarti  semua cewek harus mengalami haid pertama kali tepat di usia ini kok, karena ada juga yang mengalami haid pertama kali di usia 10 tahun, bahkan 16 tahun. Karena pada dasarnya, haid terjadi saat sistem dari organ reproduksi di dalam tubuh kita udah matang dan berfungsi secara berkesinambungan.

Biasanya haid pertama kita bakal berlangsung dari 2-7 hari, dan darah yang keluar biasanya nggak terlalu banyak atau bisa jadi hanya berupa bercak darah. Tapi kalau siklus haid pertama kita lebih dari 7 hari, jangan ragu buat cek ke dokter buat memastikan kalau nggak ada masalah sama organ reproduksi kita. Kalau saat haid pertama kita udah merasa bermasalah, misalnya keluar darah yang terlalu banyak sampai harus mengganti pembalut sampai 1-2 jam sekali, artinya udah saatnya kita cek dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Di artikel MY FIRST HAID Q&A juga dibahas lengkap kok, cek yuk!

 

QUESTION #3 – PERUTKU SAKIT DAN NYERI BANGET SAAT MENSTRUASI (HAID), NORMAL KAH?

Rasa sakit dan nyeri pada perut saat menstruasi (haid) ini disebut juga dengan Dysmenorrhea, yang biasanya kita rasakan saat memasuki siklus awal menstruasi (haid). Kita juga bisa menyebut masa ini dengan masa Pre Menstrual Syndrome (PMS)  Hal ini disebabkan karena adanya kontraksi yang terjadi pada dinding rahim yang meluruh, dan menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim. Akibatnya, suplai darah dan oksigen jadi terputus dan membuat jaringan rahim memicu hormon prostaglandin yang bikin otot rahim semakin berkontraksi.

Rasa nyeri yang dirasakan bisa sangat minim, bahkan sampai yang sangat kuat hingga menganggu kita dalam beraktivitas. Hormon ini juga bisa memicu rasa nggak nyaman lainnya kayak mual, sakit kepala, diare, dan lemas pada tubuh. Untuk mengatasinya, kita bisa mengonsumsi obat pereda rasa nyeri, kompres area perut dengan air hangat, minum air hangat, atau berbaring dengan kaki diangkat ke arah atas. Tapi kalau rasa nyeri datang terlalu sering dan sangat sakit setiap bulannya, jangan takut untuk cek ke dokter ya!

 

QUESTION #4 – CEWEK BAKAL MENGALAMI MENSTRUASI (HAID) SELAMANYA NGGAK SIH?

Nope. Siklus menstruasi (haid) ini akan terus terjadi sampai masa menopause tiba, yang rata-rata dialami cewek di usia 50 tahun ke atas. Saat menopause, tubuh kita udah nggak lagi menghasilkan sel telur (berovulasi) dan membuat kita nggak bisa hamil lagi. Sama kayak menstruasi (haid), waktu menopause pada setiap cewek juga bisa beragam, bisa lebih awal ataupun lebih lambat. Penyebabnya juga macem-macem, bisa karena stress berat, langkah medis kayak pembedahan atau perawatan khusus, bahkan karena penyakit.

 

QUESTION #5 – WAJAR NGGAK SIH KALO MENSTRUASI (HAID) NGGAK DATANG TIAP BULAN?

Satu masa menstruasi (haid) rata-rata berlangsung antara 3-7 hari, dan umumnya siklus tersebut terjadi tiap 28 hari sekali, walaupun ada juga yang udah mengalami menstruasi (haid) setiap 21 hari atau sampai 35 hari. Kondisi tubuh yang mengalami ‘skip’ menstruasi (haid) atau amenorrhea ini bisa terjadi karena banyak faktor. Untuk kita yang baru pertama kali menstruasi (haid), kemungkinan siklus kedua atau ketiga nggak datang tepat waktu bisa aja terjadi. Hal ini karena hormon di tubuh kita masih belum stabil dan membuat menstruasi (haid) jadi belum sepenuhnya datang tiap bulan.

Untuk lebih tepatnya, kita bisa kok menghitung apakah menstruasi (haid) kita teratur atau nggak. Cara paling gampang adalah mencatat dari tanggal hari pertama menstruasi (haid) kita bulan ini. Misalnya hari pertama menstruasi (haid) kita jatuh di tanggal 5 Desember, di bulan kedua tanggal 5 Januari, bulan ketiga di tanggal 3 Februari, sedangkan bulan keempat 14 Maret. Berarti siklus menstruasi (haid) kita;

Kesimpulan dari contoh di atas, rata-rata menstruasi (haid) kita masih normal dan teratur karena dari 4 bulan siklus, hanya satu kali terjadi keterlambatan atau nggak teratur, yang bisa jadi dikarenakan kita kelelahan, stress, diet ketat, atau dalam kondisi tubuh dan mental lagi nggak fit. Tapi lain lagi halnya kalau menstruasi (haid) kita nggak teratur atau bahkan terhenti berbulan-bulan. Hal ini bisa dikarenakan banyak hal, mulai dari kehamilan, menyusui, kelelahan dan stres, serta olahraga yang berlebihan. Makanya disarankan banget kalau menstruasi (haid) kita terhenti di usia yang seharusnya masih bisa berovulasi, untuk cek organ reproduksi kita ke dokter.

Supaya lebih akurat, kita bisa cek siklus menstruasi (haid) kita di PERIOD CALCULATOR berikut!

 

QUESTION #6 – ADA NGGAK SIH ‘PANTANGAN’ SAAT KITA LAGI MENSTRUASI (HAID)?

Banyak di luar sana yang masih percaya beberapa mitos seputar menstruasi (haid) yang bikin kita sebagai cewek jadi merasa terbatas dalam beraktivitas saat  sedang menstruasi (haid), misalnya nggak boleh keramas, nggak boleh banyak bergerak, bahkan nggak boleh minum air dingin karena takut darah menstruasi (haid) membeku (percaya deh, pencernaan dan rahim itu nggak berhubungan sama sekali. Alasannya bisa kamu cek di artikel PERIOD 911: BOLEH NGGAK SIH MINUM AIR DINGIN SAAT HAID?

Sebenarnya sih nggak ada pantangan khusus yang harus kita jalanin saat kita menstruasi (haid). Hanya aja, ada beberapa hal yang udah terbukti secara medis dan berhubungan sama kesehatan tubuh kita dan sebaiknya dihindari selama kita menstruasi (haid); misalnya kebanyakan minum minuman berkafein karena punya efek mempersempit pembuluh darah dan bikin kita gampang terkena kram perut, atau malas berolahraga karena justru bikin tubuh jadi rentan kena nyeri menstruasi (haid). Selengkapnya, kamu bisa baca apa aja yang harus kita hindari saat menstruasi (haid) di artikel 911 PERIOD: JANGAN LAKUKAN 7 HAL INI SAAT MENSTRUASI , dan untuk mitos apa aja yang masih banyak beredar di masyarakat soal menstruasi (haid) bisa kamu baca lebih banyak di artikel 911 FIRST PERIOD: MEMATAHKAN 8 MITOS TENTANG HAID.

 

QUESTION #7 – KENAPA PEMBALUT HARUS DIGANTI 3 JAM SEKALI?

Perlu kita ingat kalau kebersihan harus jadi hal yang nomor satu buat kita perhatikan saat lagi menstruasi (haid). Nggak ganti pembalut seharian justru berpotensi bikin vagina kita terlalu lembap, jadi sarang bakteri dan jamur untuk berkembang biak, serta menimbulkan bau yang nggak sedap karena darah yang keluar dari vagina kita teroksidasi oleh udara. Pembalut panjang dan lebar juga nggak bisa kita jadikan alasan untuk malas ganti pembalut selama menstruasi (haid).

Pastikan kita rajin mengganti pembalut minimal 3 jam sekali supaya vagina kita terhindar dari kelembapan berlebih. Jangan lupa juga untuk pilih pembalut yang nyaman dan nggak bikin kita was-was saat beraktivitas karena takut tembus, seperti Softex Hello Kitty Light Airy dan Comfort Slim yang memiliki ketebalan hanya 2mm, bikin kita serasa nggak pakai pembalut dan terasa nyaman banget. Teknologi Breathable Layer, yaitu lapisan bersikulasi udara befungsi untuk mencegah lembap, dan mampu menyerap cairan lebih cepat, sehingga kita nggak perlu khawatir kejadian bocor atau tembus.


Foto: Shutterstock

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.