Login

or


Email
Password

Mybody

APA YANG TERJADI PADA TUBUH KETIKA KITA BERPUASA?

Nggak hanya sekedar ibadah, berpuasa juga berpengaruh banget sama kesehatan tubuh kita!

Ngomongin soal puasa, menahan lapar dan haus selama lebih dari 12 jam ini bukan cuma semata-mata ibadah. Banyak juga anjuran untuk berpuasa demi kesehatan, misalnya sebelum operasi, sebelum medical check up dan lain sebagainya. Kenapa? Karena banyak banget hal yang terjadi dan berpengaruh pada tubuh kita saat sedang menjalankan puasa.

 

Apa saja sih yang terjadi pada tubuh kita selama berpuasa?

Turunnya kolesterol dan lemak tubuh

Selemas-lemasnya kita saat berpuasa, kita masih punya kekuatan untuk melakukan aktivitas buat sekolah atau ke kantor. Ini karena peran dari glukosa dan lemak yang tersimpan di dalam tubuh kita. Karena kurangnya asupan makanan dan minuman, tubuh akan mencari asupan cadangan untuk diolah menjadi energi.

Di awal-awal puasa, tepatnya di hari pertama dan kedua, kadar gula di tubuh kita menurun dan kita bakal ngerasa lapar yang sangat intens. Di masa-masa ini, kita bakal ngerasa lemas banget karena badan belum sepenuhnya beradaptasi sama keadaan puasa.

Pada kondisi yang normal, tubuh akan mengolah glukosa dan lemak dan mengubahnya menjadi energi sehingga kita masih bisa berkegiatan seperti biasa. Hal inilah yang membuat kadar kolesterol dan lemak di tubuh menjadi berkurang, karena terus-terusan dibakar menjadi energi. Makanya banyak yang menganggap puasa merupakan salah satu metode yang baik utnuk menurunkan berat badan tanpa harus diet ekstrim.

 

Tubuh melakukan detoksifikasi

Berpuasa juga jadi ajang tubuh kita untuk melakukan detoks, hal ini biasanya mulai terasa di hari ketiga hingga ketujuh puasa. Selain lemak darah yang dibakar menjadi energi, organ liver kita berperan penting dalam memecah zat yang bersifat racun, dan membuangnya dari dalam tubuh. Hormon endorfin yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan di dalam tubuh pun meningkat saat kita puasa. Hal ini yang bikin daya kognitif, kesehatan mental, dan juga tingkat kewaspadaan kita tetap terjaga.

 

Ginjal mencegah tubuh dehidrasi

Karena nggak minum selama 13 jam, tubuh kita otomatis kekurangan cairan dan kehilangan beberapa elektrolit. Tapi tenang, ginjal kita dengan mudah mengatasi kekurangan cairan ini. Seperti yang kita tau, ginjal nggak hanya menyaring zat-zat yang nggak bermanfaat dari darah dan tubuh kita, tapi juga mampu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit yang ada di tubuh kita. That’s why, kita nggak langsung tepar kekurangan air dan dehidrasi saat berpuasa.

 

Pencernaan punya waktu istirahat

Di hari-hari biasa, dari pagi kita udah konsumsi sarapan. Terus siang makan berat, sore ngemil, malam makan lagi, tengah malam ngemil lagi kalau darurat. Kebayang kan gimana kondisi pencernaan kita yang bekerja non-stop kalau kita lagi dalam kondisi nggak berpuasa?

Nah, berpuasa ini jadi ajang para organ pencernaan kita, terutama lambung dan usus besar untuk beristirahat dari mengolah makanan secara terus menerus. Dengan berhentinya asupan makanan yang masuk ke dalam perut selama beberapa jam, pastinya organ-organ pencernaan kita bisa lebih santai. Saat tubuh kita udah mulai bisa beradaptasi dengan kondisi puasa, lambung pun akan lebih mengecil dan terbiasa menerima makanan dalam porsi kecil, serta nggak akan ngerasa keroncongan yang terlalu intens karena belum makan. 

 

Mudah untuk hilang fokus

Wajar banget kalo kita sering susah untuk fokus saat menjalankan puasa. Hal ini dikarenakan berubahnya rutinitas yang kita lakukan, mulai dari waktu makan, kurang tidur karena bangun sahur, hingga menahan rasa lapar dan haus di siang hari jadi kombinasi komplit yang kadang bikin kita jadi malas-malasan. Nggak hanya itu, kurangnya asupan karbohidrat, glukosa, dan vitamin juga jadi faktor kenapa kita jadi kurang fokus. Makanya saat berbuka dan sahur, jangan lupa untuk penuhi asupan vitamin supaya bisa tahan saat puasa esok harinya.

Untuk berbuka, disarankan untuk mengonsumsi kurma dibanding teh manis, karena kurma ngak hanya mengandung zat sukrosa aja, tapi juga glukosa dan fruktosa yang mampu meningkatkan gula darah. Sedangkan untuk mengembalikan elektrolit dan cairan tubuh, konsumsi air kelapa bisa jadi pilihan yang tepat.

Lalu gimana supaya perut tahan selama berpuasa? Para ahli kesehatan menyarankan makan nasi merah atau oatmeal. Karena kedua makanan ini tinggi serat dan karbohidrat sehingga butuh waktu lama untuk dicerna dibandingkan nasi putih. Jadi perut kita pun akan lebih lama merasa kenyangnya.  

 

Munculnya Mata Panda

Nggak hanya pola makan, pola tidur pun jadi berubah selama berpuasa. Dari pagi kita beraktivitas, sebagian besar menghabiskan waktu malamnya untuk beribadah, dilanjutkan dengan bangun sebelum subuh untuk melaksanakan sahur. Lalu paginya, beraktivitas lagi seperti biasa. Dan itu pun belum ditambah dengan melaksanakan ibadah lainnya, misalnya pengajian, dll. Nggak heran kalau mata mulai menunjukkan kelelahan sehingga area di bawah mata menjadi menggelap.

Walaupun sedikit tricky, kita harus perhatikan juga jadwal istirahat supaya nggak kekurangan dan juga kelebihan. Sama seperti kurang tidur, menghabiskan waktu puasa dengan tidur juga membuat badan jadi lebih lemas dan nggak bertenaga. Hal ini dikarenakan otot-otot kita kurang bergerak daripada sebelumnya. Pastikan jam tidur kita cukup, yaitu sekitar 6 jam sebelum bangun sahur dan sempatkan untuk tidur siang diantara jam istirahat yaitu jam 12 pm - 13 pm. Lalu usahakan untuk menggerakkan tubuh dengan melakukan olahraga ringan, dengan begitu kita nggak akan kekurangan jam tidur dan tetap segar selama berpuasa.

 

Itu dia tadi hal-hal menarik yang terjadi pada tubuh kita selama berpuasa. Selain sebagai ibadah, ada banyak manfaat lainnya dari puasa yang bisa kamu baca di artikel "MANFAAT PUASA"

 

Selama berpuasa pastikan juga untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kita dengan memakai Softex Pantyliner Forever Fresh. Pantyliner dengan permukaan yang halus ini akan menjaga kebersihan Miss V dari vaginal discharge. Dan dengan perekatnya yang kuat, nggak mudah bergeser sehingga mau se-aktif apapun aktivitas kamu akan tetap nyaman. Jangan lupa untuk menggantinya tiap 2-3 jam sekali atau sebelum kamu menunaikan ibadah salat.


Foto: Shutterstock

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.