Login

or


Email
Password

Mybody

APA YANG WARNA BIBIR BILANG TENTANG KESEHATAN KITA?

Ternyata lewat bibir, kita bisa tau apa yang terjadi pada kesehatan tubuh seseorang! Cek yuk, apakah warna bibirmu seperti yang dideskripsikan di bawah ini.

Mendeteksi penyakit lewat kondisi dan warna bibir sebenarnya udah lama diterapkan oleh para ahli pengobatan di Tiongkok, dan menyebut bahwa bibir merupakan ‘jendela’ dari kesehatan tubuh kita. Warna bibir yang mudah berubah, berhubungan dengan organ-organ dan aliran darah di dalam tubuh kita. Nah, yuk siapkan cermin dan mulai deteksi warna bibirmu dengan tanda-tanda kesehatan berikut!

 

PUTIH PUCAT

Bibir dengan warna pucat sering terlihat pada seseorang yang nggak dalam keadaan sehat. Hal ini benar banget, karena bibir yang memutih dan terlihat pucat menandakan kalau kita lagi terkena anemia. Tubuh kita kekurangan sel darah merah atau hemoglobin, yang mampu mengikat oksigen dalam darah. Makanya saat kekurangan zat ini, tubuh kita jadi super lemes, gampang pusing, juga suhu tubuh menjadi lebih dingin.

Untuk mengatasinya, kita bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti bayam, dried fruits, daging merah, dan roti untuk meningkatkan hemoglobin. Konsumsi juga makanan yang bisa meningkatkan suhu tubuh, seperti daging kambing atau domba, kerang, labu kuning, dan buah raspberry.

 

MERAH TERANG

Banyak yang mengira kalau bibir yang merah terang adalah tanda bibir sehat. Tapi ternyata, kalau bibirmu berwarna merah, disertai dengan bau mulut dan juga nafsu makan yang berlebih, tandanya ada yang salah dengan liver dan limpa kita. Saat liver bermasalah, suhu tubuh akan otomatis naik dan menyebabkan badan kita mengalami overheated.

Kalau kondisi tubuh sudah begini, kita harus imbangi dengan clean eating, seperti perbanyak sayur dan buah yang nggak nggak hanya bisa menurunkan suhu panas di dalam tubuh, tapi juga membangkitkan energi. Kita juga bisa mengonsumsi beberapa makanan dan minuman yang memiliki rasa pahit seperti pare, seledri, atau teh chrysanthemum untuk membantu membersihkan liver kita.

 

KEUNGUAN HINGGA KEHIJAUAN

Secara normal, bibir kita bisa berubah jadi keunguan atau kehijauan saat berada pada kondisi dingin. Misalnya di pegunungan atau di tempat-tempat yang punya suhu ekstrim. Tapi sebaliknya, kalau bibir tiba-tiba berubah keunguan atau kehijauan sedangkan kondisi cuaca lagi normal, bisa jadi tubuh kita ngalamin masalah dengan jantung dan sistem pernapasan.

Untuk pertolongan pertama, kita bisa gunakan inhaler uap untuk melegakan pernapasan. Tapi nggak berhenti sampai di situ ya, konsultasikan kondisi kesehatanmu pada dokter sebelum keadaanya jadi makin parah.

 

GARIS BIBIR MERAH TUA ATAU KEUNGUAN

Kalau warna bibirmu berubah menjadi merah gelap atau keunguan di tepi bibirnya aja, ini menandakan kondisi dan energi tubuh yang nggak seimbang. Kalau menurut ilmu pengobatan kuno Tiongkok, keadaan bibir yang seperti ini menandakan kalau kita butuh menyeimbangkan energi yin dan yang.

Cara paling baik untuk menetralkan suhu tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang nggak memberi efek terlalu panas dan juga terlalu dingin. Kita bisa lebih banyak mengonnsumsi makanan seperti nasi, kentang, wortel, almond, ikan, dan aprikot yang memiliki efek netral di dalam tubuh, serta menghindari stress dan perbanyak istirahat.

 

MERAH GELAP KEHITAMAN

Nggak hanya dimiliki para perokok berat, pemilik bibir berwarna merah gelap kehitaman harus berhati-hati karena punya kaitan erat dengan kesehatan pencernaan. Mulai dari terlalu banyak mencerna makanan, sampai kelebihan beban. Apalagi kalau kita termasuk yang ‘pemakan segala’, pencernaan yang ‘ngambek’ bisa terbaca dari bibir yang makin menggelap.

Buat membersihkan dan mengistirahatkan pencernaan, hindari dulu junk food atau makanan instan yang mengandung banyak lemak dan pengawet. Kita bisa menggantinya dengan makanan kaya serat dan lunak, seperti bubur, yoghurt, buah pisang, pepaya yang terbukti ampuh melancarkan pencernaan. Coba juga campuran madu, lemon, dan air hangat setiap pagi untuk membersihkan pencernaan.

 

BIBIR SEHAT DAN CARA MERAWATNYA

Setelah melihat tanda-tanda di atas, kita pasti berpikir “warna bibir seperti apa sih yang mengindikasikan badan sehat?”. Nah, tubuh sehat terlihat dari bibir yang berwarna pink merona, yang menandakan suhu tubuh dan aliran darah berjalan dengan normal. Kalau tubuhmu terasa bermasalah, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan khusus.

Tapi nggak jarang, walaupun tubuhnya normal-normal aja, kita sering menemukan seseorang dengan bibir yang pucat atau menggelap karena jarang dirawat. Karena bibir nggak memiliki kelenjar minyak ataupun kelenjar keringat, akibatnya bibir jadi kering, pecah-pecah hingga berdarah, dan juga kusam.

Makanya bibir butuh perawatan sendiri supaya terjaga kelembapan dan kesehatannya, yaitu dengan cara-cara berikut!

RUTIN SCRUB BIBIR

Nggak hanya kulit wajah dan tubuh, bibir pun rentan tertumpuk sel kulit mati yang bikin kering dan kusam. Jangan lupa untuk melakukan scrub bibir untuk menjaga permukaannya tetap lembut. Ada banyak cara yang bisa kita pakai, mulai dari menyikat bibir dengan lembut pakai sikat gigi setiap kali kita selesai menyikat gigi, atau scrubbing dengan campuran 1 sendok teh gula dan 1 sendok teh madu setiap seminggu sekali. Cara ini dapat merangsang produksi kolagen baru sekaligus memperlambat proses penuaan kulit bibir. Tapi hindari menggosok bibir terlalu keras karena bisa membuatnya iritasi.

 

MASKER BIBIR DENGAN LIDAH BUAYA

Selain bisa melembapkan, kandungan lidah buaya mampu menghambat produksi melanin sehingga kulit bibir terlihat cerah dan segar. Gunakan lidah buaya sebagai masker di area bibir, biarkan hingga kering lalu bilas dengan air. Tapi perlu diingat, kalau kamu menggunakan gel lidah buaya instan sebaiknya gunakan yang kandungan alkoholnya minim untuk mencegak iritasi dan membuat bibir lebih kering. Sedangkan untuk penggunaan lidah buaya alami, baiknya lakukan patch test untuk menghindari kulit dari alergi, terutama untuk kamu yang mempunyai alergi latex yang terkandung pada getah lidah buaya.

 

HINDARI MENGUPAS DAN MENGGIGIT BIBIR

Ngerti banget sih kalo dua kebiasaan ini susah banget buat dihindarin. Tapi percaya atau nggak, mengupas kulit kering justru bukan membuat kulit bibir jadi sehat, tetapi membuat bibir jadi rentan luka. Karena kita memaksa kulit bibir untuk terlepas, mengangkat kulit baru yang sedang tumbuh untuk melindungi bibir.

 

KURANGI MINUMAN BERKAFEIN DAN STOP MEROKOK!

Selain nggak sehat buat tubuh, kedua hal ini harus dihindari, bahkan di-stop karena bisa berpengaruh buat warna dan kesehatan bibir. Nggak hanya meninggalkan noda di gigi, minuman berkafein seperti teh dan kopi bisa membuat warna bibir menjadi lebih gelap akibat warna alami dari kedua minuman tersebut. Begitu juga dengan nikotin yang terkandung pada rokok serta panas yang dihasilkan bisa membuat warna bibir jadi menghitam.

 

GUNAKAN LIP BALM DENGAN KANDUNGAN TABIR SURYA

Walaupun areanya kecil, bibir juga perlu dilindungi dari paparan sinar matahari. Karena sadar atau nggak, bibir jarang banget diproteksi dengan produk tabir surya karena kita terlalu fokus sama kulit wajah dan tubuh. Padahal, sinar UV matahari bisa bikin kulit bibir menggelap dan juga kering. That’s why, setiap kali akan beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk menggunakan lip balm dengan kandungan tabir surya yang mampu menghindari bibir dari bahaya sinar UV matahari dan membuatnya gelap.


Foto: Shutterstock

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.