Login

or


Email
Password

Mybody

PUBERTY 101: FAKTA SELAPUT DARA YANG HARUS KAMU TAHU

Apa sih selaput dara? Di mana letaknya? Apa benar menentukan keperawatan perempuan? Well, ini yang harus kamu tahu seputar selaput dara di organ intim mu!

Ngomongin soal organ intim harusnya udah bukan jadi hal yang tabu lagi. Justru kita perlu tahu banyak soal bagian-bagian yang ada pada organ intim kita, beserta fungsi-fungsinya. Salah satu bagian yang perlu kita tahu adalah selaput dara, yang sering banget dikaitkan dengan keperawanan seorang perempuan.

 

APA SIH SELAPUT DARA ITU?

Selaput dara merupakan lapisan selaput yang ada di bagian bawah Miss V kita dan dengan permukaan yang sangat tipis. Umumnya, selaput dara ini mempunyai bentuk seperti donat, karena memiliki lubang di tengahnya yang berfungsi sebagai lubang keluarnya darah menstruasi (haid).

Saat kita masih kecil, selaput dara mempunyai ukuran yang kecil dan tebal, yang mengalami perubahan seiring dengan bertambahnya umur kita. Perubahan ini dipengaruhi oleh perubahan hormon, salah satunya hormon estrogen. Saat menginjak usia pubertas atau saat remaja, selaput dara menjadi lebih elastis dari sebelumnya, dan makin lama semakin menipis saat kita menginjak usia dewasa.

 

MITOS FAKTA SEPUTAR SELAPUT DARA

Banyak dari kita yang meyakini berbagai mitos tentang selaput dara, salah satunya adalah hubungannya dengan keperawanan. Punya pertanyaan ‘mengganjal’ tentang selaput dara? Yuk kita bahas satu persatu!

Selaput dara merupakan patokan kalau seseorang adalah perawan?

Saat melakukan hubungan seksual, selaput dara memang berpotensi untuk sobek karena adanya benda yang masuk dan memaksa ukuran lubang vagina kita melebar untuk beradaptasi. Sobeknya selaut dara ini pun akhirnya jadi patokan kalau seseorang udah nggak perawan lagi Padahal, kondisi dan ketahanan selaput dara tiap orang itu berbeda-beda, bahkan ada juga yang nggak sobek walaupun sudah melakukan aktivitas seksual. Sebaliknya, robeknya selaput dara sendiri bisa karena berbagai macam sebab dan bukan hanya karena melakukan hubungan seksual aja.

 

Terlepas dari penentu perawan atau nggak, sebenarnya apa fungsi selaput dara?

Sampai saat ini, belum ada penelitian yang memastikan apa fungsi dari selaput dara untuk organ intim kita. Tapi melihat bentuk dan perubahannya, beberapa ahli berpendapat kalau selaput dara berfungsi sebagai pelindung organ intim kita saat masih bayi, di mana kekebalan tubuh kita masih sangat minim dan rentan terkena infeksi.

 

Cara teraman menjaga selaput dara agar nggak sobek adalah nggak berhubungan seks?

Karena banyak hal yang bisa menyebabkan selaput dara sobek, dan nggak hanya dikarenakan berhubungan seksual. Kerusakan selaput dara pun bisa terjadi saat kita masih anak-anak, misalnya karena kita jatuh dari sepeda, jatuh terduduk dengan kencang, olahraga yang menyebabkan benturan berkali-kali pada organ intim seperti berkuda, menyemprotkan air terlalu keras atau penggunaan pembersih organ intim tertentu, dan banyak lagi.

 

Bagaimana bisa selaput dara nggak sobek saat berhubungan seks? Kan keluar darah?

Banyak yang berpendapat kalau rasa sakit yang dirasakan saat berhubungan seks merupakan tanda kalau selaput dara telah sobek. Padahal rasa sakit yang dirasa selama berhubungan seks merupakan kondisi yang umum dan bisa terjadi karena banyak faktor. Keluarnya darah saat berhubungan seks bisa jadi disebabkan terlukanya jaringan Miss V karena kurangnya pelumas dan penetrasi kelamin yang terlalu terburu-buru.

 

Bisakah selaput dara pulih kembali setelah sobek?

Secara alami, selaput dara yang sudah sobek nggak bisa kembali ke keadaan semula. Tetapi walaupun sobek,sebenarnya sisa selaput dara yang ada pada vagina tetap ada dan bisa dipulihkan dengan prosedur kedokteran. Kita bisa melakukan operasi, yaitu prosedur menjahit lapisan selaput dara untuk menyambungkan kembali seperti semula. Tapi kalau selaput dara bukanlah hal yang esensial dan justru malah membebani kita secara finansial, untuk apa harus operasi?

 

Pilihan pembalut yang nggak tepat bisa menyebabkan selaput dara rusak?

Bisa jadi. Pilihan pembalut seperti tampon atau menstrual cup menurut beberapa sumber bisa berpotensi menyobek lapisan selaput dara. Dilansir dari Klikdokter, dr. Sepriani Timurtini Limbong menjelaskan kalau "salah satu risiko memakai tampon buat kita yang belum pernah berhubungan seksual sebelumnya adalah robeknya selaput dara (hymen)."

Hal ini karena dari cara pakainya, kita harus memasukkan produk tersebut ke lubang Miss V. Dan dari pantauan Happifyourworld, khususnya di Asia masih belum merasa nyaman untuk memakai pembalut dengan cara ini. Untuk itu, kita harus memilih pembalut jenis pad dengan baik. Seperti rangkaian pembalut remaja Softex Hello Kitty yang tersedia dalam berbagai ukuran, dari yang regular flow hingga extra heavy-flow. Mampu menyerap dalam satu detik sehingga pembalut tetap kering dan dengan breathable layernya atau lapisan bersirkulasi udara memungkinkan untuk area Miss V kita bernafas sehingga mencegahnya dari lembap. Tetap aman dan nyaman selama menstruasi (haid). 


Foto: Shutterstock

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.