Login

or


Email
Password

Mybody

KITA BUTUH DIET NGGAK SIH?

Tiap hari denger temen-temen ribut deh soal perutnya kegendutan, beratnya nambah, pengen makan ini itu tapi takut gemuk. Jadi penasaran, sebenernya buat kita yang di usia belasan itu udah perlu diet nggak ya?

MASIH USIA PERTUMBUHAN

Di usia kita yang masih belasan ini, kita butuh banyak banget asupan makanan dan nutrisi buat membantu pertumbuhan kita. Masih kerasa kan kita selalu nambah tingginya dan makin berkembang. Dengan aktivitas kita yang padat seharian di sekolah dan di luar sekolah, nggak nutup fakta kalau kita butuh banyak energi dan konsentrasi buat ngelakuinnya. Nah semua energi dan kemampuan buat berkonsentrasi itu bisa kita dapetin lewat makanan yang masuk ke tubuh kita. Makanya makannya harus bergizi dan sesuai kebutuhan tubuh kita. Jadi sebenernya kita belum perlu lho ikutan diet yang ribet dan bahkan sampe cuma makan nasi putih doang.

TAPI KALAU KEGENDUTAN GIMANA?

Kalau emang udah berlebihan (bukan Cuma perasaan kita doang berlebihan ya, tapi secara itungan berat kita udah nggak ideal buat kondisi umur dan tinggi kita) berarti ya waktunya lebih ngatur pola makan dan jenis makanan yang kita konsumsi nih. Coba kita cek lagi, apa selama ini kita lebih banyak makan fast food ketimbang makan sayur masakan mama? Trus kapan terakhir kita olahraga? Hal-hal ini yang sekarang harus jadi perhatian nih. Tetep ya, bukan diet, tapi mengatur ulang porsi dan nutrisi yang kita konsumsi.

Sebelum lebih jauh lagi ngomongin polanya, kita itung dulu yuk, berat badan kita udah ideal belum sih? Ini nih caranya.

Berat badan ideal = Berat badan (kg) : (tinggi badan x tinggi badan)

Jadi contohnya nih, berat badan kita 45kg : (tinggi kita 1,6m x 1,6m) = 17,6

Nah itu nilai BMI (body mass index) kita.

 

Untuk BMI kurang dari 18, berarti kita dalam kondisi under weight dan butuh lebih banyak konsumsi karbohidrat dan olahraga.

Untuk BMI 18-25, ini adalah kondisi berat tubuh yang ideal nih. Tinggal dilanjutin apa pola yang udah ada.

Untuk BMI 25-27, udah bisa dibilang kegemukan lho. Batasin banget makan makanan yang berminyak dan berlemak ya trus perbanyak olahraga juga.

Untuk BMI di atas 27, berarti masuk golongan obesitas nih. Segera temui dokter dan ahli gizi buat bantu mengatur pola hidup dan pola makan biar lebih sehat lagi ya!

 

Photo source: Shutterstock

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.