MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Body
MY BODY

Kondisi Ini Yang Bikin Vagina Berubah Sesuai Umurnya

 

Kondisi Ini Yang Bikin Vagina Berubah Sesuai Umurnya

Nggak cuma bentuk vagina aja yang berbeda-beda di tiap perempuan, ternyata vagina kita juga bisa mengalami berbagai perubahan sesuai dengan usia dan juga hal-hal penting yang kita alami lho.

Seperti organ tubuh yang lain, vagina kita juga termasuk bagian yang bakal mengalami perubahan. Di samping berubah karena beberapa faktor seperti masa puber, melahirkan, dan juga menopause, perubahan vagina erat hubungannya sama perubahan kadar hormon kita seiring dengan bertambahnya usia. Bagaimana perubahan bentuk vagina seiring usia? Yuk cek urutannya!

 

 

MEMASUKI USIA PUBER: VAGINA KITA MULAI MATANG

Kondisi Ini Yang Bikin Vagina Berubah Sesuai Umurnya

Berbeda dengan waktu kita masih anak-anak, masa puber sangat mempengaruhi organ-organ di tubuh kita, termasuk organ reproduksi. Di usia sekitar 8-13 tahun, tubuh kita udah mulai menangkap sinyal-sinyal memasuki pubertas lewat hormon yang menyampaikannya ke otak. Di momen inilah, hormon estrogen kita semakin meningkat dan mempengaruhi kematangan vagina. Pubertas perempuan juga dibagi jadi beberapa tahap, sampai akhirnya semua perubahan fisik dan mental kita udah menandakan perpindahan dari masa anak-anak ke remaja. Lebih lengkap seputar pubertas perempuan bisa dibaca di artikel TAHAP PUBERTAS PADA ANAK PEREMPUAN berikut ini.

Nah, saat organ reproduksi kita udah siap, di sinilah muncul periode menstruasi (haid) pertama kita bakal terjadi, atau biasa disebut menarche. Keluarnya darah menstruasi (haid) ini nggak langsung terjadi secara teratur, mengingat masih sangat dipengaruhi oleh naik turunnya hormon yang belum seimbang. Di masa-masa ini juga butuh banget pembalut yang tepat buat menemani masa-masa menstruasi (haid) pertama kita, seperti Softex Comfort Slim, pembalut remaja yang mampu menyerap cepat hinggal 3000 holes, dan permukaan yang lembut serta hypoallergenic yang aman untuk kulit sensitif sekalipun. Dengan Softex Comfort Slim, pastinya hari-hari menstruasi (haid) pertama kita akan nyaman dan nggak khawatir tembus!

Selain itu, Ovulasi juga mulai terjadi selama masa pubertas. Saat berovulasi, sel telur matang berpindah dari ovarium ke tuba fallopi, dan bisa dibuahi. Dalam proses ini, bakal terjadi keluarnya cairan mirip lendir dari vagina berwarna bening.

 

 

MEMASUKI USIA 20-AN: VAGINA BERUBAH SECARA FISIK

Kondisi Ini Yang Bikin Vagina Berubah Sesuai Umurnya

Karena pengaruh hormonal yang naik turun, di usia 20-an ini labia atau bibir vagina (dalam dan luar) bisa membesar dan juga bisa berubah warna. Rambut kemaluan kita juga bisa jadi lebih tebal dan warna rambutnya juga bisa berubah. Di fase ini, perubahan bentuk vagina pada setiap perempuan juga bakal berbeda-beda, dan juga nggak ada standar ‘bentuk vagina normal’ selama nggak terasa sakit, nyeri, atau mengganggu aktivitas. Semua bentuk punya keunikannya sendiri lho, penjelasan detail tentang bentuk-bentuknya bisa dibaca di artikel 9 BENTUK VAGINA PEREMPUAN YANG PERLU KAMU TAU! ini ya!

Selain bentuk di area luar, perubahan juga terjadi di dalam vagina. Di masa ini, tubuh kita sedang dalam masa subur, serta kekuatan otot-otot vagina dan dasar panggul kita sedang di masa yang paling baik. Otot dasar panggul ini menopang rahim, kandung kemih, dan rektum seseorang dengan kuat, makanya di usia 20an ini (20-29 tahun) secara medis jadi usia tepat untuk hamil dan melahirkan.

 

MEMASUKI USIA 30-AN: KEKUATAN OTOT PANGGUL SEMAKIN BERKURANG

Kondisi Ini Yang Bikin Vagina Berubah Sesuai Umurnya

Saat kita masuk ke usia 30-an, vagina kita bakal kehilangan kekencangan alami dari otot-ototnya. Sayangnya, kendurnya otot-otot ini nggak selalu hanya karena proses melahirkan, tapi juga karena faktor gravitasi dan aging. Jadi kalaupun di usia ini seorang perempuan belum melahirkan, kemungkinan kendurnya otot-otot dasar panggul di tubuh juga tetap tinggi. Jika otot dasar panggul ini jadi terlalu lemah, kita berisiko mengalami prolaps organ panggul atau sering disebut hernia, yaitu kondisi kandung kemih, rahim, atau rektum jadi turun dari posisi normalnya dan mendorong vagina.

Buat mencegah agar kekenduran otot dasar panggul ini nggak makin parah, di usia ini kita dianjurkan buat mengikuti Latihan kegel yang bisa ngejaga vagina jadi tetap kuat, dan pada akhirnya bisa mencegah kondisi hernia ini. Caranya sederhana kok, kita bisa melakukannya saat sedang buang air kecil, yaitu dengan menekan otot buat menghentikan aliran urin, tahan kontraksi selama 10 detik, rileks, dan ulangi prosesnya empat atau lima kali. Kita bisa lakukan ini tiga kali sehari. Walaupun vagina mungkin nggak akan pernah kembali ke ukuran dan bentuk awalnya, senam kegel seperti ini bisa ngebantu banget!

 

 

MEMASUKI USIA 40-AN: PH VAGINA MENINGGI DAN RAMBUT KEMALUAN MENIPIS

Kondisi Ini Yang Bikin Vagina Berubah Sesuai Umurnya

Di masa ini, kadar estrogen di dalam tubuh kita udah mulai menurun secara perlahan. Akibatnya, kolagen dan aliran darah ke vulva juga ikut menurun, yang selanjutnya bisa bikin labia atau bibir vagina kita tampak lebih longgar. Di satu sisi, rambut kemaluan kita juga makin menipis dan mulai beruban. PH vagina kita juga bisa meningkat di usia 40an, dan artinya pH lebih tinggi dari 4,5 jadi tanda kalau vagina kita mengalami vaginosis bakterialis. Kalau keputihan kita di masa-masa ini justru berbau aneh dan disertai demam, ini tandanya kita harus cek ke dokter.

 

 

MEMASUKI USIA 50AN – MASA-MASA MENOPAUSE

Kondisi Ini Yang Bikin Vagina Berubah Sesuai Umurnya

Terakhir, perubahan di vagina kita juga bakal kelihatan begitu kita memasuki usia 50-an. Di fase ini kemungkinan besar kita mengalami menopause, yaitu proses biologis yang menandai berakhirnya siklus menstruasi. Saat menuju masa menopause, tanda-tanda yang kelihatan mulai dari menstruasi haid seseorang mulai kelihatan nggak teratur, menggigil, perubahan suasana hati, dan juga vagina kering. Tapi tanda-tanda ini nggak langsung nyetop menstruasi (haid) kita, tapi berproses dalam beberapa bulan atau tahun mendatang.

Penampilan fisik vagina juga akan berubah, yaitu kulit vagina bakal lebih tipis dan keriput, seperti kulit di area tubuh yang lain. Tapi semua tahapan ini adalah perjalanan yang normal banget, dan umumnya dialami oleh setiap perempuan di masa hidupnya.


Foto: Shutterstock

Prev
Next

Bagikan artikel ke :