Login

or


Email
Password

Mybody

KULIT SENSITIF ATAU KULIT ALERGI? KETAHUI BEDANYA!

Kulit sensitif dan kulit alergi emang sedikit mirip kalau dilihat dari gejalanya, yaitu kulit jadi kemerahan dan ngalamin peradangan yang bikin kita bingung ini reaksi alergi atau emang kulit kita sensitif? Beda gejala beda juga cara mengatasinya, yuk cari tahu lebih lanjut tentang perbedaan kulit sensitif dan kulit alergi di sini!

 

KULIT SENSITIF ITU APA SIH?

Kulit sensitif itu erat hubungannya dengan reaksi iritasi. Kulit sensitif seperti namanya punya sensitivitas tinggi dan akan bereaksi ketika kulit terpapar dengan suatu zat tertentu secara berlebihan. Misalnya aja kita pake produk skin care vitamin C dengan dosis tinggi untuk mencerahkan wajah, tapi ternyata setelah pemakaian muncul reaksi kulit berupa iritasi. Bentuk iritasi yang muncul biasanya kemerahan, kulit kering dan terkelupas. Reaksi kulit sensitif biasanya hanya muncul pada area kulit tertentu yang terjadi kontak dengan pemicunya.  

Level sensitivitas kulit pada tiap orang berbeda-beda. Ada yang ketika bersentuhan langsung nunjukin reaksi, ada juga yang baru muncul beberapa hari kemudian.

Menurut beberapa beautycian, terlalu sering gonta ganti produk skin care atau kecantikan juga bisa jadi penyebab iritasi kulit. Karena bahan kimia yang terkandung dalam produk tersebut bisa melemahkan daya tahan lapisan luar permukaan kulit dan memicu peradangan serta kerusakan kulit. Ini kenapa disarankan ketika kita sedang menggunakan produk tertentu, jangan langsung ditimpa atau diganti dengan produk lain, beri waktu kulit buat kembali ke normal atau level netral.

 

KULIT ALERGI ITU APA SIH?

Alergi adalah reaksi abnormal terhadap suatu zat yang ditandai dengan kemerahan, gatal, bentol, kulit mengelupas, rasa terbakar, sakit dan nyeri, mata berair, bersin, dll. Menurut laman Laroche-Posay, orang alergi biasanya dengan sesuatu yang kebih spesifik, tapi pemicunya beragam dan berlangsung lama. Reaksi alergi nggak cuma akibat dari reaksi dari produk kecantikan aja tapi bisa juga dari tanaman, wewangian, logam (misalnya nikel di perhiasan), udara, keturunan/gen (eczema atau atopic allergies), seafood, dan sebagainya. Zat yang nimbulin reaksi ini disebut alergen.

Gejala-gejala alergi kulit nggak selalu muncul para area kulit yang bersentuhan, beda dengan kulit sensitif, reaksi alergi bisa terjadi di beberapa tempat bahkan di seluruh tubuh. Dan munculnya bisa tergantung seberapa alerginya kita pada zat tersebut, jenis dan kekebalan tubuh. Beberapa orang yang punya kulit alergi bahkan harus bawa obat kemana-mana in case alerginya kambuh.

 

GIMANA MENGETAHUI DAN MENGHADAPI KULIT ALERGI DAN KULIT SENSITIF?

Cara yang paling ampuh untuk mengetahui kulit kita termasuk jenis yang mana adalah dengan patch test, khususnya ketika kita mau memakai produk kecantikan. Lakukan patch test di samping leher bawah telinga, lengan bagian dalam, atau area tubuh yang kita rasa sering terasa gatal. Reaksi kulit biasanya akan muncul dalam waktu 24 – 72 jam.

Untuk menghadapi kulit sensitif, menurut Laroche-Posay gunakan produk yang gentle, ringan, dan hindarin terkena kondisi cuaca yang ekstrim karena kulit sensitif kondisinya bisa memburuk serta nyebabin penyakit. Gunakan produk yang emang diformulasikan untuk kulit sensitif.

Sedang untuk kulit alergi, harus menemukan dulu pemicunya apa dan hindarin. Misalnya di produk kecantikan hindari produk yang mengandung sulfat kuat seperti sodium lauryl sulfate (SLS), paraben, dan juga yang mengandung wewangian. Kalo kulit kita alergi terhadap pemicu yang bersifat psikologis seperti stres, harus coba dikonsultasikan ke dokter ya supaya tahu penanganan apa yang tepat.


Foto: Shutterstock   

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.