Login

or


Email
Password

Mybody

911 FIRST PERIOD: JANGAN LAKUKAN 7 HAL INI SAAT MENSTRUASI

Ketujuh hal berikut harus dihindari ketika kita sedang menstruasi (haid). Alasannya, selain nggak baik untuk tubuh, juga akan memperparah sakit kram haid dan memicu sakit yang lainnya selama kita sedang menstruasi (haid). Apa aja tujuh hal tersebut? Baca di sini!

Saat menstruasi (haid), tubuh kita bukan hanya mengeluarkan darah haid akibat peluruhan dinding rahim, tapi juga mengalami perubahan naik-turunnya level hormon reproduksi yang berpengaruh ke seluruh jaringan tubuh. Makanya saat menstruasi (haid) juga disebut sebagai "alarm tubuh cewek" dan di saat ini, baik sebelum dan memasuki masa menstruasi (haid), ada beberapa aktivitas yang sebaiknya dihindari supaya menstruasi (haid) kita lebih nyaman dan siklusnya tetap lancar, yaitu:

 

MAKANAN DENGAN KADAR GARAM TINGGI

Kebayang kan nikmatnya lagi santai-santai di rumah sambil ngemil potato chips yang gurih dan renyah? Sayangnya, makanan ini harus kita stop dulu selama mensturasi. Hal ini dikarenakan sodium dalam makanan tinggi garam bisa pemicu nyeri perut berlebih dan kembung sebelum atau saat menstruasi. Sodium sendiri bersifat mengikat air dan membuat kadarnya jadi berlebih di dalam tubuh, menjadikan tubuh kita terasa membengkak akhibat meregangnya beberapa organ tubuh termasuk rahim kita.

 

MALES BERGERAK

Penelitian yang dilakukan fisiologis dari USA Cycling Women’s Track Endurance Program, Stacy Sims, olahraga teratur yang dilakukan selama menstruasi justru bisa mengendalikan pendarahan haid yang berat, ngurangin nyeri punggung dan kram yang kita rasakan. Soalnya selama olahraga, tubuh kita akan menghasilkan hormon endorfin yang dilepaskan otak untuk membantu meringankan rasa nyeri selama menstruasi. Selain itu, hormon ini juga bikin kita ngerasa lebih rileks dan terhindar dari stres berlebihan. Nggak perlu olahraga berat juga kok, kita bisa mulai dengan berjalan kaki, jogging ringan, beresin kamar, atau apapun sampai tubuh kita berkeringat.

 

MINUMAN BERSODA DAN TINGGI KAFEIN

Siapa yang masih percaya mitos kalau minum soda bisa memperlancar haid? Faktanya, minum soda justru masuk ke salah satu minuman yang harus kita hindari selama menstruasi. Minuman bersoda pada umumnya  mengandung air berkarbonasi, kafein, dan gula yang jumlahnya tergolong tinggi yaitu mencapai 10 gram per 100 ml. Nggak cuma itu, minuman bersoda juga punya kalori yang tinggi tapi rendah nutrisi.

Begitu juga dengan konsumsi kopi berkafein yang berlebihan. Kafein yang ada di dalam kopi dan soda bersifat vasokonstriktor atau bisa mempersempit pembuluh darah, termasuk pembuluh darah di daerah rahim yang akan menyebabkan kram dan nyeri pada perut. Kafein juga bisa memicu rasa susah tidur yang menyebabkan cemas dan gelisah, serta membuat nyeri pada payudara selama menstruasi.

 

MAKANAN DAN MINUMAN TINGGI GULA

Sama seperti soda dan kopi, mengonsumsi makanan yang tinggi kadar gula juga sama nggak baiknya buat tubuh selama menstruasi. Padahal, masa-masa ini di mana kita mendadak jadi sweettooth person yang bener-bener craving makanan manis. Gula sendiri punya sifat inflamatori atau memicu peradangan. Kalau kita konsumsi berlebihan saat menstruasi, akan mempengaruhi kadar gula dalam darah menjadi nggak stabil dan bisa memperparah rasa kram pada perut. Selain itu, gula juga bisa bikin sistem kekebalan tubuh nggak seimbang dan memicu mudah lelah dan kurang berenergi. Pastinya bikin kita tambah lemas dan males untuk bergerak.

 

WAXING DAN CABUT BULU

Stop dulu rencana buat nge-wax, cabut bulu tubuh, atau mencabut gigi selama kita lagi dalam masa menstruasi kalau nggak mau ngerasa lebih tersiksa. Saat menjelang masa menstruasi, kadar hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh mengalami penurunan. Akibatnya, tubuh kita jadi ngerasa lebih peka terhadap rasa sakit, misalnya pembengkakan dan nyeri pada payudara, dan juga kulit yang lebih sensitif saat kita mencabut bulu, waxing, ataupun melakukan perawatan tubuh menggunakan teknologi IPL (Intense Pulse Light) yang menghantar rasa panas ke kulit. Baiknya tunggu dulu sampai kedua hormon tersebut kembali naik ke kadar normal yaitu saat masa menstruasi selesai.

 

MAKAN JUNK FOOD DAN DAGING MERAH

Yup, dua makanan enak ini sayangnya juga masuk dalam katergori makanan yang baiknya dihindari dulu selama kita lagi menstruasi karena bisa mengakibatkan gangguan pada perut. As we know, junk food dan daging merah punya kadar lemak jenuh tinggi dan dapat menjadikan perut kembung. Selain pastinya tinggi garam dan minyak, junk food dengan daging merah juga dapat memicu kram perut, serta menjadi pemicu munculnya jerawat. Coba dulu mulai sekarang kurangi konsumsi daging berlemak, sosis, kue kering, keju, daging asap, dan makanan bersantan selama menstruasi, diganti dengan makanan kaya serat kayak buah dan sayur. Pastinya kram perut dan jerawat bakal berkurang signifikan dari hari ke hari.

 

NGGAK GANTI PEMBALUT SEHARIAN

Ngerasa aman karena udah pakai pembalut panjang nggak harusnya jadi alasan kita nggak rajin ganti pembalut saat menstruasi. Perlu banget kita ingat kalau kebersihan jadi hal yang nomor satu utnuk kita perhatikan apalagi saat lagi menstruasi. Kebiasaan nggak mengganti pembalut dan memakainya seharian membuat potensi bakteri dan jamur untuk berkembang biak jadi makin tinggi. Apalagi kondisi miss V lagi lembap dan terus mengeluarkan darah. Jangan tunggu tembus dulu, lakukan pengantian pembalut minimal 4 jam sekali untuk menghindari pertumbuhan bakteri pada miss V dan mengurangi kelembapan. Pemilihan pembalut juga penting untuk membuat kita nyaman buat beraktivitas seharian, seperti Softex Hello Kitty Light Airy dan Comfort Slim yang memiliki ketebalan hanya 2mm, bikin kita serasa nggak pakai pembalut dan terasa nyaman banget. Teknologi  Breathable Layer, yaitu lapisan bersikulasi udara befungsi untuk mencegah lembap, dan mampu menyerap cairan lebih cepat, sehingga kita nggak perlu khawatir kejadian bocor atau tembus.

Jadi, udah siap meninggalkan kebiasaan lama? Coba lakukan list di atas secara rutin untuk masa-masa menstruasi yang lebih nyaman!


Foto: Shutterstock

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.