Login

or


Email
Password

Mybody

MENGENAL MENORRHAGIA, MENSTRUASI BERLEBIHAN

Menstruasi (haid) berlebihan atau dalam istilah medis disebut menorrhagia kerap dialami oleh cewek. Dilansir dari Cleveland Clinic, setidaknya 1 dari tiap 20 cewek mengalami menstruasi (haid) yang berlebih. Sebenarnya apa itu menorrhagia dan apa sih penyebabnya?

 

APA ITU MENORRHAGIA?

Menurut Mayo Clinic, menorrhagia adalah istilah medis untuk pendarahan menstruasi (haid) yang keluar secara berlebihan dan waktunya cukup lama. Walaupun pendarahan saat menstruasi (haid) adalah concern yang umum terjadi tapi ada kategori tertentu untuk bisa disebut menorrhagia.

FYI, selama menstruasi (haid), rata-rata volume darah yang kita keluarkan adalah 30-40 ml, untuk bisa disebut mengalami menorrhagia jika volume darah yang kita keluarkan berkisar antara 60-80 ml. Jumlah ini tentunya nggak bisa dijadikan patokan karena tiap cewek ngeluarin jumlah yang beda-beda. Tapi buat tolak ukurnya, kita bisa cek dari banyak dan seberapa sering kita ganti pembalut dalam sehari. Kalo kita harus ganti kurang dari 2 jam sekali karena pembalut nggak bisa menahan jumlah darah menstruasi (haid) yang keluar, ini bisa terhitung gejala menorrhagia.

Siapa aja yang bisa mengalami? 90 persen kasus menorrhagia dialami oleh cewek pubeteras yang baru pertama kali dapat menstruasi (haid) dan cewek di atas 40-50 tahun atau sekitar peri-menopause.

 

APA AJA GEJALA MENORRHAGIA

 

APA PENYEBABNYA MENORRHAGIA?

Penyebab menorrhagia bisa bermacam-macam. Dilansir dari DrugsCom, penyebabnya antara lain:

 

KAPAN HARUS PERIKSA KE DOKTER?

Menorrhagia agak sedikit tricky karena batas antara pendarahan normal dan menorrhagia hanya tipis, sebaiknya langsung konsultasi ke dokter kalo kita mengalami setidaknya tiga sampe empat tanda gejala menorrhagia di atas.

 

SEPERTI APA RISIKO MENORRHAGIA?

Faktor yang meningkatkan menorrhagia atau menstruasi (haid) berlebihan bisa bervariasi. Salah satu faktor utamanya adalah usia. Cewek yang baru dapat menstruasi (haid) dan cewek peri-menopause termasuk golongan yang rentan terhadap menorrhagia. Makanya harus ekstra perhatian banget ketika kita lagi ngalamin siklus menstruasi (haid).

Sedangkan untuk risiko ke badan sendiri, menorrhagia yang ringan hanya perlu pengobatan seperti suplemen, tapi bila menorrhagia yang diidap termasuk sangat parah perlu adanya pembedahan seperti histerektomi (pengangkatan rahim). Yup, seperti yang dialami Dara di film Dua Garis Biru. Pengangkatan rahim nyebabin cewek berhenti haid total dan nggak bisa hamil.

 

APA YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MENJAGA DIRI DARI MENORRHAGIA?


Foto: Shutterstock   

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.