Login

or


Email
Password

Mybody

PUBERTAS DINI, APA AKIBATNYA YA?

Pubertas dini adalah perubahan tubuh anak jadi dewasa (pubertas) di usia yang lebih awal. Pubertas dini atau sering disebut pubertas prekoks muncul di usia yang lebih muda dari batas minimum, yaitu sebelum usia 8 tahun pada anak cewek, dan sebelum 9 tahun pada anak cowok. Hmmm.. kira-kira normal gak ya?

Menurut beberapa penelitian dan studi dari Amerika Serikat, ada kasus pubertas bisa sedini mungkin yaitu umur 7,7 tahun pada anak cewek dan 7,6 tahun pada anak cowok. Kayak apa sih tanda dan gejala pubertas dini itu? Yuk baca lebih lanjut!

 

TANDA DAN GEJALA PUBERTAS DINI

Dilansir dari MayoClinic, tanda dan gejala pubertas dini pada anak perempuan adalah:

Selain itu ada lagi gejalanya yaitu:

 

APA SIH PENYEBAB PUBERTAS  DINI?

Pada sebagian besar kasus pubertas dini sentral, penyebab utamanya belum bisa dipastikan lebih jelas. Karena anak-anak dengan pubertas dini sentral gak punya kelainan atau penyakit yang bisa nebabin gangguan ini. Menurut AloDokter, ada beberapa faktor yang diduga jadi pemicunya, antara lain sindrom McCune-Albright (kelainan hormonal langka yang mempengaruhi pertumbuhan tulang dan warna kulit), hipotiroid, hiperplasia andrenal kongenital, tumor pada otak dan sumsum belakang, serta kondisi cacat saat lahir.

Selain faktor pemicu di atas, adalagi yang nyebabin kondisi yang meningkatkan pubertas dini, yaitu:

 

KOMPLIKASI YANG BISA MUNCUL AKIBAT PUBERTAS DINI

Gangguan Pada Tinggi Badan Anak-anak dengan pubertas prekoks bisa tumbuh dengan cepat di awalnya dan jadi lebih tinggi dibanding anak-anak yang lain. hal ini karena tulang mereka matang lebih cepat dari biasanya. Tapi pertumbuhan badan ini juga bisa berhenti lebih dini, yang akibatnya pas mencapai usia dewasa, kita jadi lebih pendek dibanding orang-orang dewasa umumnya. 

Masalah sosial dan emosional Anak cewek yang mulai pubertas jauh sebelum teman-teman sepermainannya udah tentu akan ngerasa “beda” dan “tersingkir”. Hal ini bisa mempengerahui kepercayaan diri dan salah-salah bisa ngakibatin depresi.

Emang sih sulit banget jadi orang yang berbeda dari orang lain, apalagi di saat kita ingin diperlakukan sama seperti orang lain. Satu hal yang musti diingat, jangan menyalahkan kondisi badan kita (bila kita ngalamin pubertas dini). Pastiin untuk selalu ngobrol dengan orang tua dan dokter bila ada pertanyaan supaya kita bisa jauh lebih mengerti tentang kondisi tubuh kita sendiri.

 


Foto: Shutterstock   

Related Articles

MEMANAH, ASYIK JUGA!

Belajar memanah nggak cuma bisa bikin kita kelihatan sekeren Katniss Everdeen.

A BOWL OF YUMMINESS

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.