Login

or


Email
Password

Mylife

5 CARA MUDAH UNTUK MEMULAI SELF-CARE

Seringkali kita mendengar kata self-care tapi juga bingung sebenarnya itu apa dan gimana cara memulainya. Apakah cukup meluangkan waktu buat diri sendiri aja atau gimana? Self-care punya makna luas dan gimana cara memulainya, Happifyourworld akan menjelaskannya buatmu.

 

APA SIH ITU SELF-CARE

Self-care adalah bentuk perawatan diri sendiri yang ketika kita lakukan akan ngasih efek yang besar pada tubuh, baik fisik, mental dan juga emosional. Self-care itu penting, tapi nggak jarang orang nganggap kalo hal tersebut egois dan inconsiderate (nggak mau mengerti). Padahal self-care membuat kita menghargai diri sendiri, yang pada akhirnya akan nge-boost self-love dan self-esteem. Karena percuma aja bila self-care atau hubungan dengan diri sendiri aja kita nggak peduli, gimana bisa peduli dengan hubungan sama orang lain?

 

Menurut Very Well Mind, aspek self-care itu sendiri ada 5, yaitu:

Self-care secara fisik, dengan cara merawat tubuh dan menjaga kesehatan.

Self-care sosial, bersosialisasi dengan orang-orang terdekat.

Self-care mental, cara kita berpikir termasuk juga simpati dan empati kita.

Self-care spiritual, yang termasuk di dalamnya adalah kepercayaan sesuai agama yang kita anut untuk mendapatkan ketenangan secara spiritual.

Self-care emosional, gimana kira mengekspresikan perasaan (marah, sedih, kesel, bahagia, sabar,dsb).

 

ADA 5 LANGKAH YANG BISA KAMU LAKUKAN UNTUK MEMULAI SELF-CARE

PERTAMA, KENALI VALUE/NILAI DIRI KITA SENDIRI.

Satu hal yang bikin kita nggak peduli dengan diri sendiri (self-care) karena kita nggak sadar sama value yang kita punya. Padahal sadar dengan value sendiri itu bisa sebagai pengingat, buat kita dan juga orang lain, kalo keberadaan kita juga nggak kalah penting lho.  

 

HIDUP YANG SEIMBANG ANTARA AKTIVITAS RUTIN DAN KEHIDUPAN DI LUAR AKTIVITAS

Bertentangan dengan kepercayaan umum, workaholic dan kerja keras itu bukanlah suatu hal yang patut dibanggakan, apalagi kalo kesehatan fisik dan mental kita jadi taruhannya. Perbaiki time management, kapan kita harus belajar dan kapan kita harus refreshing (live our life). Hangout atau jalan senang-senang sama teman itu nggak salah kok, hidup nggak cuma dihabiskan untuk ngejalanin rutinitas aja, selama nggak berlebihan.  

 

JANGAN LUPA PERHATIKAN KESEHATAN FISIK KITA

Nggak cuma istirahat alias tidur yang cukup, makan sehat dan berolahraga rutin juga penting lho. Kalo seimbang antara kesehatan mental dan fisik, bukan nggak mungkin kita jadi lebih produktif.

Dan satu hal lagi yang nggak boleh dilewatin adalah ngejaga kebersihan tubuh, terutama pas lagi haid. Pilih pembalut yang nyaman dan nggak akan mengganggu kegiatan sehari-hari seperti Softex Comfort Slim 36cm. Dengan Panjang 36 cm dan wide backguardnya akan mencegah dari bocor belakang, selain itu perekatnya yang kuat juga nggak akan membuat pembalut bergeser, jadi mau kita lagi istirahat atau olahraga, aman deh!

  

SEDIAKAN SATU HARI BUAT MEMPERLAKUKAN DIRI KITA SENDIRI SEPERTI “RATU”

Matikan gadget, spend waktu seharian buat melakukan hal yang bisa menutrisi badan dan pikiran kita. Mau itu jalan-jalan pagi di sekitar rumah, bikin journaling, tamasya naik MRT sendirian, nonton bioskop, atau mau seharian di atas tempat tidur marathon nonton film, terserah! Yang pasti luangkan waktu satu hari di mana badan dan pikiran kita benar-benar melakukan apa yang kita mau.  

 

BERANI BILANG “NGGAK” KE ORANG LAIN

Pernah nggak sih ada di situasi di mana kita udah capek, tapi masih harus melakukan atau ngejalanin permintaan orang lain. Terlepas karena perasaan nggak enak atau terpaksa, ada saatnya kita harus berani dan tegas bilang “nggak”. Mungkin ini hal yang paling sulit, apalagi bilang “nggak” ke orang tua kita sendiri, cuma kalo kita bilang alasannya dengan baik pasti mereka juga akan mengerti kok.

Buat sebagian orang, self-care mungkin agak sulit untuk dijalanin sendiri dan pastinya akan ada rasa nggak yakin. Saat begini, jangan ragu untuk berbicara dengan seseorang untuk meminta support :)


Foto: Shutterstock   

Related Articles

Cara mengatasi writer block

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

PROJECT BARENG SAUDARA

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.