Login

or


Email
Password

Mylife

5 MITOS CINTA YANG MASIH DIPERCAYA ORANG

Sampe sekarang mitos adalah sesuatu yang susah dihilangkan. Karena kita cenderung selalu percaya sama hal yang belum tentu bisa dibuktikan atau nggak punya bukti yang solid. Nggak terkecuali masalah cinta. Mitos tentang cinta yang jadi stereotype ini bikin kita jadi halu dan berakibat serius ke hubungan sendiri tanpa disadari. Daripada menyesal, ada baiknya kita tahu apa aja sih mitos cinta yang masih dipercaya dan dipegang teguh oleh orang sampe sekarang.

 

CINTA BISA MENGUBAH SESEORANG

Pertamanya mungkin iya, tapi nggak ada jaminan perubahan ini akan bertahan selamanya. Ini salah satu alasan banyak cewek yang bertahan pada hubungan yang toxic karena terlalu yakin mereka bisa mengubah pasangannya. Misalnya, nggak mau putus padahal udah diselingkuhi berkali-kali atau si pacar melakukan kekerasan fisik, hanya karena yakin suatu saat si pacar bakal berubah. Mungkin kasusnya berat ya, tapi se-simple pacar kita males beresin kamar aja belum tentu bisa diubah dengan modal cinta.

Seberapa besar kita berusaha, ada area-area dasar yang nggak bisa kita ubah pada diri seseorang. Yaitu: personality dia, attitudes, values atau nilai, dan gimana dia bersikap secara sosial. Kalo kata orang tua dulu sih, “emang udah bawaan orok dia begitu”.

 

OPPOSITE ATTRACT, TERTARIK DENGAN ORANG YANG KEPRIBADIANNYA BERBEDA DENGAN KITA

Mitos cinta satu ini pasti sering banget kita dengar di buku atau film romantis. Terlepas kalimatnya sangat popular, tapi udah terbukti nggak benar. Menurut studi yang dilakukan oleh Wellesley College dan Universitas Kansas, umumnya pasangan yang bertahan lama punya lebih banyak kesamaan daripada perbedaan. And did you know, pas pertama kali ketemu masing-masing dari kita bakal memperhatikan dan ngebandingin sifat serta karakter satu sama lain. Makanya relationship itu bukan mengubah pasangan karena mereka sebenarnya udah punya kesamaan dari sejak awal, yang akan mereka temukan sedikit demi sedikit. Bukan juga nutupin kelemahan tapi juga memperkuat kelebihan masing-masing. Jadi nggak heran deh, pasangan yang awet dan harmonis itu tindak tanduknya sangat mirip.

 

SOULMATE KITA UDAH DITENTUKAN, DAN HANYA ADA SATU UNTUK SETIAP ORANG

Banyak orang yang memimpikan bertemu pasangan tepat pas pertama menjalin hubungan. Tapi, nggak semua orang seberuntung itu. Kadang soulmate baru bisa kita temuin ketika udah berkali-kali jatuh bangun dalam percintaan (yep, bahkan pernikahan pun bisa berakhir perceraian). Punya pasangan yang tepat nggak semudah membalik tangan. Faktanya dengan ada lebih dari jutaan orang di dunia, bisa jadi ada dua orang yang jadi soulmate kita.

So, nggak bisa dipungkiri emang ada beberapa value yang harus dipunyai tiap pasangan, tapi rasa saling menghormati, pengertian dan pengalaman melalui berbagai hambatanlah yang akan bikin kita merasa punya soulmate.

 

CINTA PUNYA TANGGAL EXPIRED

Nope, cinta nggak punya tanggal kadaluwarsa karena cinta bukan bahan makanan. Mau itu 20 atau 60 tahun, hubungan bisa kok long-lasting dan ini sudah berkali-kali dibuktikan, bahkan dalam suatu studi. Dengan catatan, cinta sejati hanya memungkinkan bila satu sama lain saling respek, peduli, dan terbuka untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi bareng-bareng.

 

CINTA PADA PANDANGAN PERTAMA ITU NYATA

MItos satu ini mungkin harus dikoreksi, bukan rasa cinta tapi rasa suka atau mengagumi. Apakah ketika ada cowok ganteng kita langsung jatuh cinta? Nggak kan. Penelitian nunjukin, pas ketemu cowok, kita sebagai cewek hanya butuh waktu 6 tatapan untuk memutuskan apakah si cowok orang yang cocok atau nggak buat kita. Dan hal ini juga didukung oleh penulis Ali Campbel yang bilang, cewek cuma butuh waktu 45 detik buat memutuskan secara nggak sadar apakah kita suka atau nggak sama cowok tersebut.

Anyway, bedakan ya antara cinta dan perasaan suka.


Foto: Shutterstock, Freepik   

Related Articles

Cara mengatasi writer block

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

PROJECT BARENG SAUDARA

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.