Login

or


Email
Password

Mylife

CIRI-CIRI TOXIC PEOPLE YANG HARUS DIHINDARIN

"Lo tuh harus dengerin apa kata gue, ngerti?!"

Tadinya berniat bisa berhubungan baik sama orang-orang ini. Tapi kok, lama-lama malah bikin risih dan ngejengkelin ya...

Nggak bisa dipungkiri kalau lingkungan bisa membentuk karakter kita. Kehadiran orang-orang yang ada di sekeliling kita juga bisa banget menentukan karakter kita ke depannya, kalau kita dikelilingi orang-orang yang positif, pastinya kita bakal kebawa untuk positif juga.

Begitu juga sebaliknya nih, nggak jarang kita kejebak dengan para toxic people yang selalu ngasih efek negatif buat diri kita dan sayangnya mereka juga beredar dekat di sekeliling kita. Bisa jadi orang tua yang nggak supportive, temen yang susah dimengerti, jadi bukannya bikin happy malah bikin capek. Nah kalau kamu belum sadar lagi terjebak sama toxic people, ini ciri-ciri mereka di sekitar kamu!

 

CONTROLLING PEOPLE

Punya temen yang control freak sampai bikin kamu sebel? Well, mereka juga salah satu dari ciri-ciri toxic people nih! Biasanya, mereka suka banget mengendalikan segala sesuatu dan semua orang disekitarnya, and it can be in a negative way, asalkan semua berjalan sesuai keinginan dia. Mereka akan terus berusaha meyakinkan kita untuk mengambil keputusan sesuai dengan yang dia katakan. Kalo nggak, mereka bisa bete atau ngambek sehingga kita ngerasa bersalah. Duh capek juga kan ya menghadapi orang yang kaya gini!

 

NGGAK MAU DENGERIN ORANG LAIN

Pernah kan kamu ngobrol dengan orang yang selalu motong pembicaraan kamu? Entah selalu ngebenerin omongan kamu, atau compare yang kamu ceritain sama yang dia alami. Intinya semua harus tertuju sama dia, dan ujung-ujungnya nggak mau dengerin cerita kamu. Kalau kamu masih kejebak sama orang kaya gini, akhirnya kamu akan capek dan merasa dia nggak mengerti kebutuhan kamu.

 

EMOTIONAL MOOCHER

Orang jenis ini sifatnya itu kayak ‘vampire’ yang menghisap aura positif dari diri kita, dan cuma memberikaan hal-hal negatif dan pesimis buat kita. Umumnya mereka nggak bisa ngeliat hal-hal yang positif dari semua kejadian, apapun kelihatannya no hope dan selalu menuju ke arah negatif terus. Bahayaknya, omongan dari orang-orang seperti ini bisa banget lho mempengaruhi pemikiran kita untuk setuju dengan sisi negatif dia.

 

"Gue tuh nggak bisa diginiin..."

DRAMA QUEEN / KING

Toxic people biasanya sering banget terlibat drama, karena pasti ada aja masalah dihidupnya. Lalu saat satu masalah sudah selesai, biasanya muncul lagi masalah baru. Misalnya, habis berantem sama temen kantor, nanti berantem lagi sama temen sekolah, sama orangtua, dan temen-temen lainnya. Terus pas dia cerita ke kita, dia cuma butuh empati, simpati dan support dari kita tapi sebenarnya nggak butuh advice kita. Kenapa? Karena mereka suka ada dalam drama, membuat mereka merasa penting, suka dengan perhatian yang orang kasih karena mereka sering playing victim. Hati-hati sama tipe orang yang kayak gini. Karena bukan nggak mungkin kalo kamu nantinya jadi bagian drama itu!

 

JEALOUS-JUDGEMENTAL PERSON

Orang kayak gini, entah kenapa sering banget iri sama pencapaian orang lain yang akhirnya selalu nge-judge apa yang orang lain lakukan. Seriap kali ngumpul, pasti ada obrolan negatif soal orang-orang yang dia nggak suka, berujung mengajak kamu untuk berpikiran sama seperti dia. Orang-orang tipe ini harus diwaspadai banget, awalnya sih emang ngajak kamu buat ngomongin orang lain, tapi nggak menutup kemungkinan kalau kamu juga bisa jadi ‘korban’ omongannya bareng orang lain.

 

TUKANG BOHONG

Mungkin dia baik, mungkin juga nggak suka ngomongin orang. Tapi kalo suka bohong? This kinda people is also on the list! Awalnya cuma buat alesan ‘kebaikan’, tapi kalau bohongnya berhasil, lama-lama cara ini bisa jadi suatu hal yang adiktif dan bikin seseorang kembali untuk membuat kebohongan-kebohongan lain, dan yang pasti bisa bikin kamu capek dengerin alasannya.

 

HOW TO AVOID TOXIC PEOPLE AND TOXIC RELATIONSHIP

"No toxic people allowed!"

Kita mungkin nggak bisa secara langsung mengubah sifat orang lain, tapi bukan berarti kita terus-terusan memaklumi hanya karena nggak enakan atau nggak tega. Karena sedikit banyak, ada rasa nggak nyaman yang timbul saat kita terpapar oleh negativity dari toxic people. Semakin lama, pemikiran negatif yang selalu mengelilingi kita akan memberi pengaruh, it will drain our energy and our positivity.

Beberapa toxic people mungkin nggak bisa kita hindari. Kalau udah begini, mungkin cara-cara ini bisa kamu lakuin, untuk mencegah kamu terhindar dari paparan toxic people yang semakin parah!

BERANI BILANG TIDAK

Kalau udah yakin orang-orang di sekitarmu merupakan toxic people, jangan segan untuk menolak hal-hal yang membuatmu nggak nyaman. Show that we are not willing to do it, for our good. Kamu juga bisa kok kasih alasan rasional kenapa kamu menolak, dan kalau mereka jadi marah dan justru menjauhi kamu karena hal ini, congrats! Karena kamu udah berhasil menghindari toxic people sedikit demi sedikit.

 

SEBISA MUNGKIN JAGA JARAK

Setiap ketemu atau ngobrol sama dia bikin kamu bete tapi nggak bisa mengungkapkan? Cara termudah adalah jaga jarak dan buat batasan. Soalnya toxic people nggak akan kenal waktu dan keadaan untuk bisa di dekat kamu. Biarkan waktu yang membuktikan betapa nyamannya menjauh dari orang-orang toxic. Tapi kalaupun tiba-tiba ketemu di saat yang nggak terduga, jangan lupa untuk tetap bersikap ramah dan pelan-pelan menghindar dari kondisi yang bikin kamu nggak nyaman, misalnya mengalihkan obrolan saat mereka tiba-tiba ngegosipin teman yang punya pencapaian baru, berusaha minjam uang padahal kamu tau dia nggak akan balikin, dan sebagainya.

 

HINDARI CERITA SOAL RAHASIA DAN KELEMAHANMU

Ini paling penting, kita harus pilih orang yang bisa dipercaya buat tahu seputar kehidupan kita, apalagi kalau itu bersifat rahasia. Toxic people kadang bisa menjadikan rahasia orang yang ia pegang justru jadi senjata buat menyerang, just in case kamu dan dia lagi terlibat dalam suatu masalah. Daripada jadinya tercipta masalah baru, kan? Pikir baik-baik untuk cerita soal hal penting supaya nggak jadi bumerang buat diri kita.


Foto: Shutterstock

Related Articles

Cara mengatasi writer block

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

PROJECT BARENG SAUDARA

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.