Login

or


Email
Password

Mylife

DOS AND DON’T’S PERTIMBANGAN BUAT BALIKAN SAMA MANTAN

Kalo ngomongin mantan emang nggak pernah ada habisnya. Dia bisa jadi kenangan indah ataupun kenangan buruk yang nggak bisa terlupakan. Namun, ketika dia (atau malah kita) mutusin untuk balikan, ada baiknya kita pikirkan tujuh hal berikut tentang dos and don’ts-nya.

 

DO TAKE IT SLOWLY, JANGAN TERBURU-BURU

Pas balikan kita pasti ingin buru-buru semuanya kembali normal, kayak nggak terjadi apa-apa. Pingin langsung ngelakuin kebiasaan lama kita dulu sebagai pacar sebelum putus. Tapi hal ini justru bisa bikin kita mengulang kesalahan yang sama, dan mencegah hubungan untuk berubah jadi lebih baik. Take our time untuk ngebangun relationship dengan fondasi yang lebih kuat kali ini. Coba habisin waktu bareng, bukan sebagai pacar tapi sebagai teman dulu sebelum jumping into the role of boyfriend/girlfriend.

 

DON’T IGNORE, JANGAN CUEKIN ALASAN KENAPA KITA PUTUS

Balikan sama mantan bisa jadi adalah fresh start dengan harapan yang baru pula. Move on dengan masalah yang udah lampau. Boleh aja sih kita move on, tapi sebaiknya issue yang lampau, terutama alasan kenapa kalian berdua putus sebaiknya dibicarakan. Nggak ada orang yang 100% bisa move on dari alasan putus, bagaimanapun kita coba “ngilangin” perasaan tersebut. Bila nggak dibicarain, suatu saat alasan tersebut akan muncul ke permukaan lagi dan bisa bertambah parah. So, jangan cuekin alasan tersebut dan diskusiin dari hati ke hati supaya nantinya alasan tersebut nggak terulang lagi.

 

DO MAKE SURE, PASTIKAN KITA BERDUA YAKIN NGEJALANIN INI BARENG-BARENG

Balikan sama mantan sebaiknya jangan hanya dari satu pihak, maksudnya jangan ada keterpaksaan. Kalo emang mau balikan harus inisiatif dan kemauan dari kedua belah pihak. Kalo hanya kita atau pacar (sementara kita nggak mau), lebih baik jangan dilakukan. Balikan lagi dengan mantan artinya kalian setuju buat building relationship bareng-bareng, ngejalanin baik-buruknya perjalanan kalian nanti. Bila hanya satu orang yang berusaha sementara yang satunya lagi nggak, it’s only a matter of time kalian bakal putus lagi.

 

DON’T PUT TO MUCH EXPECTATION

Apalagi berekspektasi segalanya bakal jadi lebih mudah dibanding sebelumnya. Balikan sama mantan nggak berarti kita memulai semuanya fresh dari nol, biar gimana kita dan mantan masing-masing punya “tentengan” yang butuh usaha dan waktu buat nyelesainnya supaya benar-benar move on. Udah pasti nggak akan mudah, tapi selama kita dan mantan benar-benar mau berusaha dan prioritasin hubungan ini, hasilnya pasti akan berjalan dengan baik.

 

DO UNDERSTAND EACH OTHER, SALING MENGERTI EKSPEKTASI MASING-MASING

Kenapa kita dan mantan mau balikan lagi setelah putus? Apa yang kita harapin dari hubungan yang baru ini, hubungan yang sebelumnya bikin kita jadi heartbroken. Apakah ada sikap yang ingin diubah dari satu sama lain? Apa sih yang mau kita raih dari hubungan sekarang, mau berlanjut ke jenjang lebih tinggi atau hanya sekedar ngejalanin aja, liat nanti. Pikirkan point-point ini dan motivasi kita mau ngejalin hubungan dengan orang yang sama yang udah pernah bikin kita patah hati lagi.

 

DON’T INVOLVE MANY PEOPLE, HINDARI MELIBATKAN BANYAK ORANG TERMASUK TEMAN DAN KELUARGA UNTUK SEMENTARA WAKTU

Ini bukan saatnya banyak kepala banyak ide, karena yang ada malah bikin kita kedistract sama apa yang sebenarnya kita mau. Walaupun ngebagi-bagi perasaan kita sama orang terdekat itu alamiah, namun batasi dengan hanya memberikan update tentang kita dan mantan. Pada saat seperti ini akan lebih baik cukup kita dan mantan yang berbicara dan memutuskan apa yang terbaik buat kita berdua.


Foto: Jcomp (Freepik)

Related Articles

Cara mengatasi writer block

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

PROJECT BARENG SAUDARA

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.