Login

or


Email
Password

Mylife

FORUM KELUARGA

Forum keluarga adalah salah satu bentuk komunikasi keluarga inti yang terdiri dari papa, mama, dan kita sebagai anak. Forum keluarga adalah saat di mana kita semua duduk bareng buat ngediskusiin hal-hal yang kita hadapin di dalam keluarga ataupun sekedar ngasih tahu kabar terbaru.

 

KENAPA HARUS ADA FORUM KELUARGA?

Karena ada kalanya kita nggak bisa ngomong atau berdiskusi ke orang tua. Akhirnya banyak masalah yang terjadi di dalam keluarga yang sengaja ditutup-tutupin atau disimpan sendiri buat menghindari keributan. Padahal ada baiknya kalo ada sesuatu yang ingin kita sampaikan dikomunikasikan supaya ada jalan keluarnya. Nah forum keluarga ini bertujuan supaya komunikasi yang ada di dalam keluarga jadi lancar, dan kita bisa tahu apa sih yang terjadi atau ada di dalam benak masing-masing orang.

 

HAL-HAL APA AJA YANG BISA DIBAHAS DI DALAM FORUM KELUARGA?

Forum keluarga suasananya harus terbuka dan demokratis, ada beberapa contoh hal yang bisa kita bahas, yaitu:

 

BAD HABIT ATAU KEBIASAAN BURUK.

Kebiasaan-kebiasaan orang rumah (atau jangan-jangan kita sendiri) yang mengganggu, perlu banget dibahas Bersama. Misalnya aja kakak selalu mangkir dari tugas rumahnya yang akhirnya selalu dikerjain oleh orang lain, adik yang sering minjem baju tapi nggak pernah dikembalikan. Bisa juga sifat overprotektif papa atau sifat mama yang kurang mengenakkan. Mungkin terlihat sepele dan kita bisa berpikir “ya udah sih sabar aja”, ugh.. no.. no… hal-hal sepele gini justru kalo kejadian tiap saat malah menumpuk stress yang bisa bikin kita meledak suatu saat nanti. Ada baiknya di forum keluarga ini tiap pihak saling “curhat” tentang kebiasaan buruk yang nggak disukainya masing-masing, dan berikan masukan gimana cara memperbaikinya. Biar adil, bikin system punishment and rewards yang disetujui oleh semuanya biar lebih komit dan semangat ngejalaninnya.

 

MENANYAKAN SEJARAH KELUARGA

Kalo kita ngerasa ada sejarah keluarga yang perlu kita tahu, jangan sungkan untuk ngebawa topik ini ke dalam forum keluarga. Jangan takut bikin heboh, apalagi kalo topiknya sensitif. Sebagai anak, kita juga punya hak kok untuk tahu dan terlibat dalam menyelesaikan masalah keluarga. Ini akan ngajarin kita untuk lebih care dan mengharga setiap anggota keluarga yang kita punya. Juga sebagai pembelajaraan, in case mengalami hal yang sama di masa depan.

 

NGGAK MENTAATI PERATURAN KELUARGA

Ada salah satu anggota keluarga sering pergi malam, bawa mobil keluarga diam-diam, atau pulang di luar batas jam malam yang udah ditentukan bersama? Bicarakan hal ini di forum kalo menurut kita hal tersebut udah terlalu sering terjadi. Sekali dua kali sih masih bisa ditoleransi, tapi kalo terlalu sering ya jangan didiamkan. Lebih baik berkompromi dengan orang tua daripada membiarkan peraturan terus dilanggar, kalo sampe ada kejadian yang nggak diinginkan kan lebih berabe.

 

PEMBAGIAN TUGAS RUMAH

Ini dia nih yang sering bikin perang dunia di dalam rumah. Papa mama udah bagi-bagi tugas dan tanggung jawab. Misalnya beberes kamar atau cuci piring tiap habis makan, tapi kita dan kakak/adik suka malas akhirnya mama yang selalu ketiban tugas dan tanggung jawab kita. Atau malah kita yang ketiban tanggung jawab orang lain? Kan jadi dongkol tuh dan buntutnya berantem yang bikin suasana rumah jadi nggak damai.

Langsung deh adain forum keluarga untuk bahas hal ini. Minta orang tua untuk tentukan dengan tegas jadwal kerja dan tanggung jawab keluarga tiap harinya. Kalo perlu tempel di tempat yang selalu terlihat biar semua bisa nge-track tanggung jawabnya masing-masing. Jangan lupa tentuin juga reward & punishmentnya biar nggak mangkir.

 

PENDIDIKAN SEKS

Nggak mudah untuk buka forum seputar seks, apalagi kalo keluarga kita cukup konservatif. Tapi daripada kita kebanyakan dapat “info” dari teman, masih lebih baik dapat infonya dari orang tua. Buat anak cewek kayak kita, mungkin akan lebih nyaman ngobrol sama mama atau kakak perempuan. Ada banyak yang bisa dibahas, seperti tentang pengetahuan menstruasi (haid), masa subur, apa aja yang musti kita tahu tentang seks, sejauh mana batas pacaran, dan lainnya.

Kalo kita masih nggak tahu apa aja yang mau ditanya tentang Pendidikan seks, kamu bisa baca dulu artikelnya di SEX EDUCATION PART.1 DAN SEX EDUCATION PART.2. kalo ada yang kamu bingung tinggal tanya ke mama deh.

Shht… Papa juga bisa diajak ngobrol kok tentang masalah Pendidikan seks kalo kita ingin tahu dari sudut pandang cowok.

 

KEUANGAN KELUARGA

Suka ngambek karena uang saku per bulan kurang, atau orang tua nggak kunjung ngebeliin kita gadget baru? Jangan marah dan kesel dulu. Biarpun kita masih duduk di bangku sekolah menengah tapi ada baiknya kita tahu keadaan keuangan keluarga, walaupun hal itu sebatas yang menyangkut kebutuhan kita. Alasan kenapa orang tua nggak langsung mengiyakan ketika kita minta sesuatu adalah, kalo bukan karena masalah uang pasti karena untuk mendisiplinkan supaya kita lebih menghargai uang. Karena faktanya uang itu susah didapat dan pasti ada prioritas lain yang menurut orang tua kita lebih harus didahulukan sebelum memenuhi permintaan kita.

Kalo kita kurang mengerti, minta orang tua buka forum keluarga untuk membahas keuangan supaya kita dan siblings bisa lebih memahami situasinya. Jangan sampe ada kesalah pahaman ketika ada yang konsumtif sementara yang lain harus super irit, ini bisa jadi akar permasalahan keluarga.

 

GIMANA BIAR FORUM KELUARGA BISA SUKSES?


Foto: Shutterstock   

Related Articles

Cara mengatasi writer block

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

PROJECT BARENG SAUDARA

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.