MY LOOKS
MY BODY
MY LIFE
WHAT'S NOW
I AM FAST 3000
SOFTEX FOR UNICEF
FIRST PERIOD
PRODUCT
My Life
MY LIFE

Inner Child, mengenal bagian dari masa lalu kita

inner-child-mengenal-bagian-dari-masa-lalu-kita

Inner child, setiap diri kita punya inner child tapi gak semua tahu, menyadari, hingga mau mengenal si inner child. Sebenarnya inner child itu apa dan gimana sih wujudnya?

 

INNER CHILD ITU APA?

inner-child-mengenal-bagian-dari-masa-lalu-kita

Mungkin kamu sudah pernah mendengar lagu ‘Inner Child’ oleh Taehyung dari BTS, yang merefleksikan tentang dirinya di masa lalu yang melalui masa-masa sulit. Struggling dari bawah hingga dia bisa mencapai posisinya saat ini.

Sudah dapat gambarankan inner child itu apa?

 

Para ahli menjelaskan inner child sebagai ekspresi dari sisi masa lalu kita, mulai dari saat kita anak-anak hingga setelahnya. Semua hal yang kita lalui, baik itu hal yang bahagia ataupun sesuatu yang menyedihkan, semua ini akan mempengaruhi kita dalam mengekspresikan diri ketika dewasa.

Inner child nggak cuma mencerminkan sisi positif seperti kepolosan dan keceriaan anak-anak, kreativitas, spontanitas serta rasa curiosity yang tinggi. Namun bisa mencerminkan sisi negatif seperti, trauma, emosi yang dipendam, rasa keinginan yang gak terpenuhi , ataupun rasa luka di masa kecil yang disebabkan (secara sadar atau gak sadar) oleh orang tua, guru, atau orang dewasa yang ada di sekitar kita waktu itu.

 

Menurut Cutting dan Dunn (2006), anak-anak yang punya keluarga, saudara, dan teman yang mendukung dirinya cenderung akan tumbuh jadi sosok yang bisa bersosialisasi lebih baik. Dibanding anak yang tumbuh di lingkungan sebaliknya.

 

HAL-HAL YANG BISA MELUKAI INNER CHILD

 

Mungkin masih banyak lagi luka kecil yang kita alami sejak anak-anak dan hal tersebut masuk ke pikiran alam bawah sadar kita. Walaupun mungkin orang tua kita gak bermaksud jahat, tapi dalam diri kita sudah tersimpan rasa sedih, marah, kesal, dan ingin berontak.

 

inner-child-mengenal-bagian-dari-masa-lalu-kita

TANDA-TANDA INNER CHILD KITA YANG (MASIH) TERLUKA

 

Apakah kamu mengalami tanda-tanda di atas? Kalau iya, jangan sedih karena hidup yang kita jalanin saat ini bukanlah kesalahan. Daripada berpura-pura kuat, lebih baik kenali si inner child dalam diri kita dan cobalah berdamai dengannya.

Karena tanpa benar-benar mengenal dan berdamai dengan inner child, rasa sedih serta luka yang kita alamin akan muncul sewaktu-waktu, bahkan ketika kita ngerasa udah melupakannya. Dan bukan gak mungkin, luka tersebut akan terus ada di diri kita dan kita men-transfernya ke anak ktia nantinya.


Foto: Unsplash

Prev
Next

Bagikan artikel ke :