Login

or


Email
Password

Mylife

JANGAN KATAKAN 7 HAL INI KE PACAR!

Komunikasi adalah salah satu hal terpenting dalam menjalin hubungan, apalagi dengan seseorang yang kita sebut our “significant other”. Tapi ada kalanya komunikasi berakhir buruk dan kita mengatakan hal yang nggak seharusnya kita bilang ke dia. Berikut adalah 7 kata yang (kalo bias) jangan katakana hal ini ke pacar!

 

JANGAN BILANG, “GUE NGGAK PERCAYA SAMA LO!”

Yes, kepercayaan itu nomor satu di relationship, kalo nggak hal yang paling penting. Begitu kepercayaan dikhianatin, bakal sulit buat ngebangunnya lagi. Baik buat yang melakukan, juga yang terkena akibatnya. Di saat kayak gini, penting buat orang yang mengkhianati kepercayaan kita untuk nunjukin kalo mereka pantas dapat kesempatan kedua. Sementara buat kita yang terluka, harus dengan jelas mengkomunikasikan perasaan kita ke dia. Kalo perlu, beri dia situasi benefit of the doubt (percaya tapi masih ragu). Jadi, daripada bilang “gue nggak percaya sama lo”, lebih baik bilang:

“Gue mau percaya tapi gue ragu-ragu sampe lo bisa membuktikan sebaliknya”.

Tapi kalo kita nggak mau memberikan kesempatan kedua, kita nggak akan bisa ngebangun kepercayaan lagi, ini artinya kita dan pacar jalan masing-masing (putus).

 

JANGAN BILANG, “LO LEBAY AH!”

Di saat kita berantem sama pacar terkadang situasi jadi nggak bisa terkontrol karena sama-sama emosi, padahal bisa jadi akar masalahnya belum kita pahamin sehingga empati kita hilang sesaat. Daripada sesi berantem semakin parah, coba bilang:

“Oke gue ngerti kita berdua sama-sama kesal dan frustasi, mending kita cooling down dulu baru ngobrol lagi pas udah tenang.”

Sama-sama emosional nggak akan ngebawa solusi yang baik, jadi salah satu emang harus ada yang mengalah buat mengontrol situasi.

 

JANGAN BILANG, “KENAPA SIH?” ATAU “KOK LO GITU SIH?!”

Bisa jadi ini kalimat yang paling sering kita bilang ke pacar. Terlepas dari gimana nada bicara kita, kalimat ini terdengar seperti mengasumsikan sesuatu dan menjudging yang otomatis bikin dia langsung defensive. Daripada ngomong kalimat di atas, mending langsung bilang aja maksud perhatian kita ke dia, contohnya “semua baik-baik aja?” atau “kalo kamu ada sesuatu yang ngeganjal dan butuh pendengar, aku siap kok ngedengerin”. Kalimat ini jadi kayak jaminan, apapun yang terjadi kita bakal ada di samping dia.

 

JANGAN BILANG, “NGGAK APA-APA” ATAU “NOTHING”, KETIKA DITANYA APAKAH SEMUANYA BAIK-BAIK SAJA

Ini nih penyakit tiap couple, kalo ditanya malah cuek. Emang sih mungkin timingnya nggak tepat atau kita lagi nggak mood buat ngobrol, makanya males ribet dan keluar deh kata-kata tersebut. Tapi yang ada malah bikin pacar kita kesel, bisa aja dia jadi penasaran terus nyari tahu sendiri, malah jadi berabe kan. Kalo kita ada di situasi ini, lebih baik bilang “iya, aku lagi ada masalah tapi buat sekarang aku belum mau ngomongin dulu. Kalo udah siap, aku pasti bakal bilang.”

Pacar yang baik pasti bakal nge-respect keputusan kita dan akan ngasih kita waktu. Tapi ingat, jangan nunjukin muka bete dan frustasi di depan pacar yang nggak tahu apa-apa. Yang ada nanti dia malah ikutan kesel ke kita. Kebanyakan miscommunication dan argumentasi selalu datang dari masalah yang belum siap buat dibicarain.  

 

JANGAN MUDAH BILANG, “YA UDAH KITA PUTUS AJA!”

Ketika emosi kita udah memuncak, kadang kita mengatakan hal yang nggak seharusnya kita katakan, lalu menyesal kemudian karena masalahnya belum 100% clear. Di saat gini lebih baik bilang, “gue ngerasa nggak nyaman sama apa terjadi dengan hubungan kita, bisa nggak kita cooling down dulu lalu nyari solusinya?”

 

JANGAN BILANG, “LO TUH SELALU KAYAK GITU, NGGAK PERNAH….”

Our emotions take over again, and again. Ngungkit kesalahan dia, apalagi bawa-bawa kesalahan atau kejadian masa lalu bakal bikin dia merasa hopeless sama hubungan ini. Coba pikirkan kalo kita ada di posisi dia, pasti nggak suka juga kan dituding seperti itu. Padahal bisa jadi kita nggak bermaksud seperti itu. Coba ambil contoh kayak gini. Misalnya pacar nggak romantis kayak pacar teman kita, dan harus selalu kita yang inisiatif kalo mau ngedate. Lama-lama kita frustasi dan meledak, terus ngomong deh kalimat di atas. Mungkin kita ngerasa berhak ngomong begitu tapi hal ini cuma akan memulai peperangan. Lebih baik bilang, “gue pingin lo sedikit romantis ke gue, gue tahu sih itu bukan sifat lo. Tapi apakah lo nggak bisa sedikiiit aja berusaha buat gue? Atau gue benar-benar nggak punya harapan?”

 

JANGAN BILANG, “HALAH LO JUGA KAYAK GITU!”, KETIKA DIA NGEBAHAS SESUATU YANG KITA LAKUKAN YANG BIKIN DIA SAKIT HATI

Nggak ada seorang pun yang suka dikritik dan diminta tanggung jawab atas suatu perbuatan yang udah lalu. Sama kayak point di atas, mungkin kita nggak bermaksud begitu, tapi pacar melihat sebaliknya. Dan udah pasti bakal saling ungkit dan lempar kesalahan masa lalu yang seharusnya udah ditutup. Ada baiknya ketika dia bahas hal tersebut langsung ubah pembicaraan untuk mencari solusi bukan memperpanjang masalahnya. Misalnya, “ok maaf kalo lo jadi sakit hati, jadi apa yang harus gue, kita lakuin supaya hal ini nggak terulang lagi?”

 

Relationship itu butuh usaha dan kerja keras, makanya penting buat kita mengekspresikan apa yang kita rasakan ke pasangan dan selalu tunjukin kalo kita open buat berdiskusi.

 Daripada berusaha mengacuhkan hanya karena nggak mau ribet dan ingin semuanya cepat selesai, seperti nggak terjadi apapun.


Foto: shutterstock   

Related Articles

Cara mengatasi writer block

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

PROJECT BARENG SAUDARA

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.