Login

or


Email
Password

Mylife

KURSUS YANG WAJIB DICOBA SEBELUM BERUMUR 20 TAHUN

Cobain 5 kursus ini sebagai bekal nanti di usia 20an, and you’ll thanks yourself later!

Usia 20 merupakan usia di mana seseorang dikatakan sangat produktif dan mulai berpikir untuk mengembangkan potensi dirinya. Apalagi, tenaga dan otak kita masih fresh banget untuk melakukan banyak hal baru. Setelah lulus sekolah tingkat akhir, nggak jarang dari kita yang memilih jalan lain untuk mengembangkan diri, mulai dari lanjut kuliah di jurusan yang kita suka, langsung kerja, ataupun keduanya secara bersamaan.

Selain ilmu yang bisa kita dapatkan secara formal, ada juga beberapa kursus yang bisa membantu kita untuk lebih berkembang terutama untuk ilmu yang nggak kita pelajari secara dalam di sekolah ataupun di bangku perkuliahan!

 

KURSUS BAHASA ASING

Penguasaan bahasa asing sekarang jadi super penting, apalagi untuk kamu yang bercita-cita menekuni kegiatan yang sifatnya berhubungan dengan orang banyak, baik dari dalam atau luar negeri. Lamar kerja di perusahaan, mengajukan beasiswa, semua punya klasifikasi harus menguasai bahasa asing dan bukan hanya bahasa Inggris, tapi juga Mandarin, Prancis, Arab, dan sebagainya. Nggak hanya di dunia kerja dan pendidikan, bahasa asing juga berguna dan memudahkan banget untuk kita saat travelling ke luar negeri.

Dengan lancar berbahasa asing, kamu nggak akan pusing dan gelagapan saat harus berhadapan dengan orang asing. Mau itu diskusi soal pekerjaan atau ngobrol untuk memperluas koneksi? Semua akan berjalan lancar!

 

KURSUS BASIC COMPUTER

Bukan cuma jago main game atau edit foto di smartphone aja, kemahiran kita dalam mengoperasikan komputer juga dibutuhkan lho saat nanti berkarir di usia 20an! Sebagai generasi yang akrab sama teknologi, sudah sewajarnya kita menguasai setidaknya satu bidang yang berhubungan dengan komputer. Pikirkan dulu apa hal apa yang paling kita suka, lalu hubungkan dengan pengembangannya di dunia digital. Misalnya kalau kita suka desain dan gambar, kembangin bakat gambar tersebut dengan mengambil kursus desain grafis, layouter, atau animator. Suka motret? Kita bisa ambil kursus foto plus digital imaging menggunakan software tertentu. Dijamin nggak akan menyesal, karena ilmu yang kita dapat dari kursus ini bisa jadi penolong kita begitu bersaing dengan banyak orang di dunia kerja.

 

KURSUS NYETIR KENDARAAN

Khusus buat kita yang udah menginjak usia 16 dan 17 tahun, kelas menyetir jadi salah satu kursus yang wajib diambil. Bukan soal gengsi atau biar keliatan keren lho, tapi keahlian membawa kendaraan sendiri baik itu motor dan mobil akan mempermudah kita untuk mengakses tempat dengan lebih cepat dan mudah, terutama di tempat-tempat yang susah kendaraan umum. Kehidupan kita pun juga nggak jadi bergantung sama orang lain begitu kita lagi butuh pergi ke suatu tempat.

Tapi jangan lupa, saat udah bwa kendaraan sendiri haru stetap mematuhi peraturan lalu lintas dan selalu bawa SIM dan STNK. Nggak lucu kan, yang tadinya mau cepet, malah kenaa tilang polisi karena surat-surat nggak lengkap?

 

KURSUS PUBLIC SPEAKING

Umumnya, public speaking adalah kemampuan untuk bisa mengkomunikasikan pesan yang kita maksud ke orang lain. Karena ide atau pemikiran sebagus apapun yang kita punya di masa mendatang, nggak akan terealisasi kalau nggak diomongin ke khalayak banyak, hanya karena kita takut atau malu.

Tokoh-tokoh besar kayak Oprah Winfrey, Ellen DeGeneres, Bill Gates, atau Mark Zuckerberg bisa dikenal orang banyak bukan hanya karena penampilannya. Mereka berempat berasal dari background yang berbeda-beda, tapi mereka mampu melakukan public speaking atau berbicara di depan umum dengan sangat baik, bahkan untuk sosok yang kita anggap geeky dan introvert sekalipun. Percaya deh, semua orang bisa melakukan public speaking asalkan mau berlatih, salah satunya dengan mengambil kursus secara profesional! Malu dan nggak pede? Udah pasti akan dirasa di awal-awal. Tapi dengan kursus public speaking secara profesional, kita bakal tau banyak tentang trik gimana cara menghindari nerveous dan nge-blank di tengah omongan.

 

KURSUS BELA DIRI DAN BERENANG

Sebagai cewek, wajib banget membekali diri kita dengan kemampuan untuk melindungi diri. Tenang, kursus bela diri nggak hanya dikhususkan untuk para cowok aja kok, kita bisa ambil kelas seperti Karate, Judo, atau Taekwondo untuk melatih pertahanan diri kita dari lingkungan yang kurang aman. Belajar berenang juga nggak kalah penting, karena kemampuan ini bukan cuma bikin kita jadi keliatan keren karena jago berenang, tapi juga akan berguna di saat darurat, misalkan menolong orang yang tenggelam di kolam renang atau di laut.

Menemukan passion di kedua bidang tersebut saat sedang latihan? Tentu itu jadi nilai plus banget! Kita bisa mengembangkan potensi untuk jadi atlet yang bisa berlaga di ajang internasional

 


Foto: Shutterstock

Related Articles

Cara mengatasi writer block

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

PROJECT BARENG SAUDARA

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.