Login

or


Email
Password

Mylife

MANTAN JADI TEMAN? EMANGNYA BISA?

Setiap hubungan percintaan kadang ngga bisa menghindari kata putus. Beberapa pasangan memilih buat kembali jadi strangers, tapi nggak sedikit juga yang berusaha buat tetap jadi teman. Hmm, emang bisa?

Saat hubungan percintaan udah selesai, biasanya kita atau mantan bakal super awkward buat kembali berkomunikasi. Rasanya semua kemungkinan buat kembali akrab udah hilang bersama kata ‘putus’ yang udah disepakatin sama-sama. Tapi, banyak juga dari kita yang masih berusaha untuk tetap menjalin pertemanan dengan sang mantan pacar, apalagi saat putusnya nggak dibarengin dengan berantem hebat yang menumbuhkan bibit-bibit permusuhan. Terlepas dari itu, ada banyak faktor yang sebenarnya bakal kita hadapi saat kita temenan sama mantan. Sebelum tau kemungkinan bisa atau nggaknya, liat dulu apa aja yang mungkin terjadi saat mantan jadi teman!

KEMUNGKINAN #1: SUSAH MOVE ON

Namanya juga putus, kita ataupun mantan pastinya berharap supaya bisa buru-buru move on dari hubungan lama dan menjalin cinta yang baru sama orang lain. Nah, kalau kita mutusin buat temenan sama mantan, kemungkinan untuk move on bakal jadi lebih lambat, bahkan susah dan dibutuhkan usaha ekstra. Walaupun labelnya temenan, nggak nutup kemungkinan masih adanya rasa nyaman yang dirasa kayak masih jadian dulu, bisa kita ataupun dia. Pastinya ini bikin kita terus berharap buat balikan, karena ngerasa nggak akan pernah nemuin sosok yang lebih baik dari dia lagi.

KEMUNGKINAN #2: NUTUP KESEMPATAN BARU

Berteman dan dekat sama mantan sebenernya bukan hal yang salah, tapi sayangnya cara ini justru kadang bikin kesempatan kita buat ketemu sosok cowok yang potensial sebagai pacar baru bakal lebih kecil. Temenan sama mantan bisa bikin para ‘kandidat’ mundur teratur karena ngeliat kita dan mantan masih akrab, berasumsi kalo kita belum move on, sehingga susah banget untuk bikin pendekatan karena mereka ngerasa kita masih punya kesempatan buat balikan. Karena sebenernya, cowok males banget kalau harus saingan sama cowok lain yang justru kemungkinan untuk menangnya lebih besar karena udah pernah ada perasaan sebelumnya. Hmm, ya kitapun sebagai cewek pastinya gitu kan?

KEMUNGKINAN #3: BERANTEM SAMA PACAR BARU

Mungkin kita dan mantan udah sama-sama move on dan punya pacar baru. Hubungan pertemanan pun berhasil dijalin. Tapi, pastinya susah buat menjamin kalau pacar baru kita dan dia bakal ngerti dan legowo sama pertemanan kalian. Belum lagi kalau kita sering cerita banyak soal mantan tentang hubungan terdahulu, pastinya kemunginan buat jealous dan insecure besar banget! Bukannya bikin circle pertemanan baru, kasus kayak gini justru bikin kita, mantan, dan pacar baru masing-masing terlibat masalah baru.

KEMUNGKINAN #4:  SULIT MENGHILANGKAN KEBIASAAN LAMA

Mulai dari masih pakai panggilan sayang masing-masing, saling kasih perhatian, inget kebiasaan satu sama lain, inside jokes, sharing cerita masa lalu, dan banyak gestur lain yang berpotensi bikin kita ataupun dia jadi baper. Apalagi kalo kita putus dari hubungan yang bertahun-tahun terjalin, kayaknya buat lupa akan momen-momen manis bareng pacar bakal butuh waktu yang lama. Hal ini juga bikin di antara kita dan dia jadi terbayang-bayang sama masa lalu, dan bisa jadi mulai mikirin kemungkinan-kemungkinan untuk kembali.

KEMUNGKINAN #5: SALAH PAHAM DAN SAKIT HATI

Menjadikan mantan sebagai teman juga mungkin banget dilakukan walaupun putusnya nggak baik-baik karena salah satu dari kita ada yang kecewa, bisa karena selingkuh atau masalah fatal lain. Masing-masing dari kita mungkin udah memaafkan satu sama lain, dan berusaha memulai lembaran baru dengan jalur pertemanan. Tapi resikonya pun tetap besar, karena bisa jadi salah satu dari kita masih berharap memperbaiki masalah yang pernah terjadi dan kembali menjalin hubungan spesial, sedangkan bisa jadi di antara kalian nggak mau. Akibatnya, timbul kesalah pahaman yang bikin hubungan jadi nggak enak lagi, bisa karena terlalu berekspektasi lebih, atau justru malah ngerasa digampangin dengan membuat banyak masalah baru. Kebayang kan gimana rasanya?

 

TEMENAN SAMA MANTAN MUNGKIN BISA, ASALKAN...

Pertemanan antara kita dan mantan sebenernya bisa jadi hal mungkin terjadi. Banyak kok kasus menunjukkan kalau pasangan yang udah jadi mantan dengan berbagai alasan, tetap bisa berteman baik. Kalau kamu adalah salah satu orang terpikir untuk menjalin pertemanan sama mantan pacar, baiknya coba ikuti langkah-langkah ini supaya kemungkinan poin-poin di atas tadi terjadi sama kamu pun berkurang.

 

 

 

 

Singkatnya, kalo kita masih belum siap untuk temenan dengan mantan, biarpun udah punya pacar baru tapi masih ada selekit sakit di hati, mending jauh-jauh deh. Berteman dengan mantan kuncinya cuma satu, ya emang kita berdua udah nggak ada perasaan apa-apa lagi.


Foto: Shutterstock

Related Articles

Cara mengatasi writer block

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

PROJECT BARENG SAUDARA

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.