Login

or


Email
Password

Mylife

MENGONTROL RASA CEMBURU

Ngaku deh, pasti ada aja situasi yang bikin kita cemburuan dan jadi nggak tenang. Katanya sih cemburu itu tanda cinta, dan emosi alami yang bakal dirasain orang pada suatu poin. Tapi tunggu, gimana kalo rasa cemburu jadi kebablasan padahal sebenarnya nggak ada sesuatu yang harus dicemburuin??

 

Pada dasarnya cemburu itu disebabkan oleh rasa insecurities yang bisa datang karena dua hal: kepercayaan diri kita yang rendah dan kurangnya rasa percaya diri kita ke pacar / pasangan.

Kalo rasa cemburu itu datang dari diri kita, biasanya kita gampang banget mikir yang nggak-nggak ke pacar. Sebaliknya, kalo cemburu datangnya karena kita nggak percaya sama pacar, bisa jadi karena kita pernah ngalamin pengalaman nggak mengenakan di masa lalu. Misalnya diselingkuhin yang bikin kita jadi sakit hati. Karena nggak mau merasakan perasaan sakit yang sama kedua kalinya, kita jadi insecure dan nggak mudah percaya sama pacar. Coba cek level di bawah, udah sampe sebatas apa sih rasa cemburu kita sama pacar?

 

LEVEL 1, NORMAL:

Pacar ketauan chatting sama mantan. Wah kok senyum-senyum? Kenapa ya?

Hasil:

Nggak langsung ngelabrak pacar tapi menanyakan dulu perihal isi chatnya (yes, kita punya hal kok dan ini nggak melanggar privasi). Dari situ kita jadi tahu mana yang chat biasa dan nggak. Kalo hanya sekedar nanya sesuatu hal yang nggak penting, ngapain dicemburuin. Kita juga tahu batasannya kok. Tapi lain cerita kalo udah menjurus dan pacar malah terkesan nutupin.

 

LEVEL 2, INSECURITIES:

Kita nemuin fakta kalo pacar baru aja ketemu sama seseorang yang lebih segala-galanya dari kita. Someone that smarter, funnier, cuter, better-looking, dan dirasa lebih-lebih bisa bikin nyaman daripada kita.

Hasil:

Hal ini datang dari rasa tidak aman (insecure) kita, yang akhirnya bikin kita jadi nggak Cuma ngerasa cemburu tapi berasumsi pada banyak hal. Relax gurl! Tiap orang punya kelebihan dan kelemahan masing-masing kok, yakin deh, pasti ada hal di diri kita yang bikin si pacar jatuh hati.

 

LEVEL 3, SILLY ME

Kita nggak suka kalo dikit-dikit diajak ketemu atau nemenin pacar buat hangout sama teman-teman segengnya. Entah itu buat main basket bareng, liat hobi mereka, ataupun sekedar nongkrong bareng.

Hasil:

Pacar kita punya kehidupannya sendiri! Sebelum bertemu kita, pacar punya teman dan orang-orang yang berpengaruh di kehidupannya. Hanya karena title kita sebagai pacar bukan berarti kita berhak ngebatasin ruang geraknya (in positive ways ya). Emangnya kita mau si pacar ngelarang kita buat hangout bareng atau spending time sama sahabat, nggak kan?

 

LEVEL 4, KONYOL BIN ANEH

Si pacar (beneran) lagi disibukkan sama tugas kampusnya. Harus bolak balik buat ketemu dosen, ngerjain projek dengan teman satu kelompoknya, dan keliling cari data. Kita? Ngamuk karena dia nggak ngasih perhatian ke kita dan mogok kasih perhatian.

Hasil:

Ehem, kok bisa-bisanya kita cemburu sama tugas dan kerjaan yang emang pada dasarnya adalah kewajiban dia sebagai pelajar? Daripada cemburu nggak jelas, mending coba ngertiin posisi dan kondisi dia yuk. Kalo dia sibuk, coba tanya kita bisa bantu apa atau sekedar bawain cemilan buat dia dan teman-temannya pas lagi ngerjain projek kuliah pasti bikin dia makin sayang. Sabar aja, nanti juga dia pasti bakal ngeluangin waktu buat kita begitu tugasnya selesai.

 

LEVEL 5, SERIUS LO???

Pacar punya jadwal tetap tiap weekend sama keluarganya untuk bonding time, tapi kita jadi cemburu karena kesannya dia lebih milih stay sama keluarga dibandingin kencan sama kita.

Hasil:

Helloo balik lagi coba baca hasil level 3. Pacar kita itu punya kehidupan sendiri, lebih-lebih kalo hal tersebut udah menyangkut keluarganya. Kita nggak berhak melarang dia ngasih perhatian lebih ke keluarga yang nota bene adalah orang-orang yang selama ini ada buat dia dari kecil.

 

KENAPA KITA NGERASA CEMBURU?

Ketika kita ngerasa cemburu ke pacar, atau entah ke apapun itu, pernah nggak coba nyari sebabnya? Atau kapan aja kira-kira kita suka ngerasa cemburu? Kalo ada situasi tertenu yang emang “mengharuskan” kita untuk sedikit ngerasa cemburu, misalnya pacar sering jalan sama mantan, hal ini berarti normal. Tapi kalo kita selalu merasa cemburu terus-menerus dan nggak jelas karena apa, coba tanya ke diri sendiri, “kenapa kita ngerasa cemburu?” karena bisa jadi lho rasa cemburu itu datangnya dari perasaan kita sendiri.

 

GIMANA CARANYA MENGONTROL RASA CEMBURU

BE A REASONABLE PERSON

Cek alasan rasa cemburu kita. Kalo nggak alasan logis untuk kita cemburu, kenapa harus buang-buang waktu buat cemburu?

 

SINGKIRKAN RASA NGGAK AMAN KITA

Suka nggak pede dan jadi defensive ketika tahu cowok ketemu cewek yang lebih baik daripada kita dan potensial sebagai boyfriend stealer? Bikin note ke diri sendiri untuk selalu percaya sama diri sendiri, kita juga punya sesuatu kelebihan dan kelebihan itu yang membuat pacar sayang dengan kita. Jangan sampe karena cemburu membuat kita kehilangan kelebihan tersebut.

 

INTROPEKSI DIRI

Ask yourself, “apakah pernah selama kita menjalin hubungan yang sekarang, pacar ngasih alasan yang ngebuat kita nggak bisa percaya dengan dia?”

 

YUK COBA BICARAKAN, KOMUNIKASIKAN DENGAN JELAS

Di banyak kasus, setelah dibicarakan dari hati ke hati, biasanya baru ketauan ternyata semua rasa cemburu datangnya dari asumsi dan rasa parno kita aja.

 

BUILDING TRUST

Klise emang, tapi ini adalah hal paling penting ketika kita membangun suatu relationship. Tanpa rasa percaya, relationship udah pasti nggak ada masa depan.

 

QUALITY TIME

Ada waktunya buat quality time berdua, pastikan untuk menghabiskannya secara berkualitas. Biarpun cuma sejam dua jam. Kalo perlu, singkirkan gadget biar nggak tergoda quality time berdua cuma dihabiskan buat selfie dan ngepost di media sosial.


Foto: Shutterstock   

Related Articles

Cara mengatasi writer block

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

PROJECT BARENG SAUDARA

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.