Login

or


Email
Password

Mylife

MITOS & FAKTA CEWEK COWOK

Men from Mars and women from Venus. Kalimat ini sering dipake buat ngegambarin bedanya kita sama cowok. Mulai dari penampilan sampe ke pola pikir. Hmm.. Apakah kita sebegitu asingnyakah buat mereka, begitu juga sebaliknya? Untuk ngejawab pertanyaan ini ada baiknya kita coba ngertiin dulu cowok itu sebenarnya gimana sih.

 

MITOS: COWOK LEBIH RASIONAL DARIPADA CEWEK

FAKTA:

Artinya saat cewek lebih dikuasaain perasaan, cowok lebih dikuasaain pemikiran. Kenapa begitu? BLAME THEIR BRAIN! Menurut penelitian, di dalam otak cowok koneksi yang menghubungkan antara otak kiri (tempat semua hal yang logis) dengan otak kanan (tempat untuk emosi dan perasaan) ukurannya lebih kecil dibandingkan penghubung di otak cewek. Jadinya rada susah buat cowok buat mengakses perasaan mereka sendiri. Gampangnya, kalo cowok sinyal 3G, cewek sinyal 5G.

Tapi, gak sedikit cowok yang bilang kalo itu sebenarnya cuma mitos aja karena baik cewek dan cowok sebenarnya sama-sama mahluk emosional. Cuma bedanya, pas cewek lebih ngedepankan perasaan waktu lagi emosi, cowok lebih bisa mengendalikan diri dengan berusaha nyari alasan logis.

 

MITOS: Boys are insensitive and less initiative.

FAKTA:

“Kenapa sih cowok itu gak bisa ngertiin perasaan ceweknya?”

“DOH! Cowok itu emang dasarnya gak peka dan gak ada inisiatifnya sama sekali, dasar cowok!”

Kalimat-kalimat kayak gini pasti udah sering kita dengar, atau bahkan kita sendiri yang ngomong buat cowok kita. Well, jawabannya udah jelas, karena cowok itu emotionally clueless. Kadang buat perasaannya sendiri aja mereka gak paham harus gimana, apalagi kalo harus tahu soal perasaan orang lain?

Menurut beberapa penelitian, waktu masih dalam kandungan ibu, ukuran otak cowok kanan mengecil sehingga gak seimbang dengan otak kirinya. Hal ini bikin cowok jadi kurang bisa memahami dan menikmati keindahan secara detail atau mendalam (for note: pada umumnya). Artinya mereka cuma bisa menangkap keindahan secara konkrit atau apa yang jelas ada di depan mata mereka tanpa bisa menangkap maksud-maksud tersembunyi yang ada di baliknya. Ada lagi penelitian yang bilang kalo cowok sering banget salah paham atau salah mengartikan bahasa-bahasa non-verbal seperti gerak-gerik cewek, body language, ekspresi muka atau nada bicara.

Menurut Anton (21 tahun), “walau terdengar kayak excuse tapi cowok itu gak bisa bias, dan kita juga bukan peramal jadi jangan salahin sepenuhnya ke cowok bila dia gak bisa nangkep sinyal-sinyal karena emang gitulah kerja otak cowok”. Makanya lebih baik kalo udah sama cowok tell them directly apa yang kita maksud dibanding main kucing-kucingan.

 

MITOS: Boys don’t cry

FAKTA:

Well, they do cry! Cuma emang jarang aja cowok nangis di depan orang-orang, mereka sebisa mungkin nahan demi ego-nya. Menurut beberapa sumber, cowok nangis saat mereka lagi sendiri atau pas lagi sama orang-orang yang dia percaya. Biasanya cowok nangis ketika mereka ngadepin masalah yang berat banget, yang gak bisa dilampiaskan dengan marah atau kata-kata. Misalnya ketika kehilangan sesuatu yang berharga banget buat dia. Dan dalam urusan nangis, cowok dan cewek sama aja kok. Walaupun hal ini gak bisa nyelesain masalah tapi nangis bikin kita lebih lega. Mungkin kita para cewek gak paham tapi cowok juga termasuk mahluk rapuh juga lho. Karena mereka pemimpin di dalam sebuah keluarga, sejak kecil mereka diajarkan buat gak cengeng dan lembek, ajaran yang masih kuat berakar di tiap cowok hingga sekarang. Padahal menurut Kevin (25 tahun), “dalam hati yang paling dalam, cowok itu juga bisa kok ngerasa insecure dan powerless. Kita juga bisa ngerasa takut dan gak berdaya, apalagi ketika kita gak bisa menuhi ekspektasi orang-orang. Itu bisa bikin cowok jadi stress.” Menurut Kevin, kalo ada cowok yang bisa numpahin perasaannya ke kita sampe nangis, itu tandanya dia udah percaya 100% sama kita. Yah asal kita bisa bedain air mata buaya dan air mata tulus.

 

MITOS: Boys are rude

FAKTA:

Cowok punya hormon testosteron yang menghasilkan energi mental dan fisik, serta ningkatin kekuatan tulang dan otot. Karena hormon ini lebih banyak ada di cowok daripada cewek, ya udah pasti man physically stronger and aggresive than women. Itulah kenapa cowok terlihat kasar di mata kita. Apalagi buat mereka olahraga fisik dan ekstrem atau becandaan yang pake fisik itu hal yang biasa. Tapi tenang, menurut penelitian cowok itu bisa berubah 180 derajat di depan cewek yang disukainya. Mereka bakal jadi super lembut, manis, dan cute bahkan ngelakuin apapun permintaan cewek yang dia suka.


Foto: Shutterstock.   

Related Articles

Cara mengatasi writer block

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

PROJECT BARENG SAUDARA

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.