Login

or


Email
Password

Mylife

PERSAINGAN ANTAR SAUDARA

Di dalam keluarga udah normal terjadi persaingan antar keluarga, entah itu sama kakak atau adik, bahkan sepupu sendiri. Contohnya yang paling keliatan adalah keluarga Kardashian-Jenner di mana semua anggota keluarga hampir terjun di bidang yang sama. Walaupun secara professional mereka bersaing, tapi mereka tetap saling support walaupun kadang ada sedikit pertikaian tapi semuanya tetap akur karena biar gimana mereka adalah keluarga.

Harusnya sih tiap saudara bisa kayak mereka, tapi buat kita yang terjebak dalam persaingan antar saudara, Happifyourworld punya guide gimana dealing dengan persaingan antar saudara ini supaya kita pun bisa terbang dan bersinar dengan cara kita sendiri.

 

CASE A: KALAU KITA NGERASA SELALU JADI “NOMOR DUA”

 

DIFFERENTIATE YOURSELF, CARI APA YANG MEMBEDAKAN DIRI KITA DENGAN SAUDARA.

Semua orang itu special, tapi tergantung gimana dan bagaimana kita menyikapi apa yang kita punya. Pas ngerasa saudara kita lebih ini dan itu, wajar kalo kita jadi ngerasa nggak punya kelebihan apa-apa. Di mata kita si saudara yang punya kelebihan itu begitu sempurna, sampe-sampe kita jadi ngerasa nggak punya kelebihan apapun. WRONG! Tiap orang itu punya kelebihan dan spesialisasi, apa yang kita bisa belum tentu si saudara bisa. You are what you are, jadi nggak perlu berusaha menyamakan atau terintimidasi oleh kelebihan saudara kita. Its simply because, we are completely a different individual!

Emang sih butuh usaha ekstra supaya orang lain (apalagi orang tua) bisa menyadari potensi yang kita punya, tapi bukan jadi alasan buat putus asa. Masih nggak pede? Coba tanya teman tentang kelebihan kita, mungkin aja dia bisa ngasih jawaban yang nggak kita sadari. A good friend bakal ngasih tahu sejujur-jujurnya kelebihan dan kekurangan kita tanpa berusaha nutupin.

 

Learn from Dakota-Elle Fanning dan Gigi-Bella Hadid

Dakota yang sukses di bidang film dan Gigi di bidang modelling, udah terjun duluan dibanding Elle dan Bella sehingga nama Dakota dan Gigi udah lebih dulu dikenal public. Ketika Elle dan Bella mulai menjajaki bidang yang sama dengan kakak-kakaknya, banyak orang yang membandingkan mereka hampir di tiap aspek. Apalagi ketika mereka harus berkompetisi di kesempatan kerja yang sama. Di salah satu interviewnya, Elle bilang dia kecewa ketika dia gagal di audisi untuk salah satu TV Show, dan nggak lama Dakota diundang di TV Show tersebut. Hal yang sama mungkin juga terjadi pada Bella, hal yang nggak bisa dihindari ketika kita kerja dengan saudara di bidang yang sama. Tapi baik Elle dan Bella memilih untuk nggak menyerah dan mensupport penuh saudara mereka instead of marah dan iri. Bella sendiri ketika berjalan di fashion show yang sama dengan Gigi, lebih memilih untuk membantu Gigi yang saat itu kehilangan sepatunya di atas runway. They put aside their ego, and look where they are now.

 

FOKUS MENGEMBANGKAN TALENT KITA

Sering kita terlalu fokus sama kelebihan orang lain, sampe-sampe nggak bisa ngeliat kelebihan dan bakat diri kita sendiri. Ibaratnya lilin, dia bisa nerangin orang lain tapi dirinya sendiri nggak bisa dan akhirnya jadi meleleh. Nah sekarang waktunya buat fokus sama DIRI KITA! Lihat apa bakat dan hobi yang kita suka, sekecila apapun itu. Sibukkan diri sama hobi tersebut sambal terus menggali dan ngembangin bakat yang kita punya. Contoh nih, kamu punya hobi nulis? Coba iseng-iseng bikin cerita fiksi, post di wattpad (atau platform blog menulis lainnya) dan minta feedback. Sebagus dan sejelek apapun review yang datang, terima aja dengan hati terbuka. Dari situ kita bisa melatih kemampuan kita menulis.

 

Learn from Kendall-Kylie Jenner

Masih inget gimana dulu Kylie selalu hidup di bawah bayang-bayang Kendall? Kendall yang sukses dengan karir modelling-nya dianggap sempurna di mata public dan jadi panutan buat remaja cewek saat itu. But the tables turned ketika Kylie ngembangin bakatnya di bidang beauty dan ngerilis lini makeup, Kylie Cosmetics. Persaingan saudara antara Kendall dan Kylie paling keliatan apalagi semuanya tercover di reality show mereka. Tapi mau se-drama apapun, baik Kendall dan Kylie tetap ngejaga hubungan personal mereka sambil terus ngembangin talent masing-masing. Sibling rivalry can be a good motivation right?  

 

BICARALAH DENGAN ORANG TUA KITA

Merasa dilakukan berbeda oleh orang tua kita? Nggak ada salahnya kok ngomong langsung ke mereka. Semakin kita terbuka, akan semakin mengurangi kesalahpahaman yang mungkin terjadi. Jangan langsung nyalahin orang tua dan ngerasa “orang tua aku nggak bisa ngertiin aku!” atau “orang tua aku hanya mensupport saudara aku aja!” hanya karena mereka ngasih perhatian lebih ke saudara kita. Bicaralah dan sampaikan dengan diplomatis kalo kita merasa diperlakukan nggak adil, berikan mereka contoh nyata di saat kayak apa kita merasakan seperti itu dan gimana perasaan kita. Berikan mereka pengertian yang rasional bukan based on perasaan aja. Berikan juga alasan kenapa kita nggak suka diperlakukan berbeda, dibanding-bandingkan dan harapan supaya mereka juga bisa mensupport apa kelebihan/perbedaan yang kita punya. Dengan gini, orang tua juga pasti akan mengganggap kita serius dan bukan sekedar emosional belaka. Perlu diingat, setiap orang tua itu menyayangi anaknya, no matter what.

 

 

CASE B: KALO KITA MERASA SEBAGAI SI SAUDARA “A LISTER” YANG SEMPURNA DAN PUNYA BERBAGAI KELEBIHAN

 

SHARE THE EXPECTATION

Sebagai anak yang jadi role model atau idol di dalam keluarga, udah pasti kita diharapkan selalu bisa ngasih yang terbaik. Mulai dari prestasi di dalam dan luar sekolah, pilihan pacar, sampe tindak tanduk semua harus bisa jadi contoh buat kakak atau adik. Tapi jadi orang yang “sempurna” lama-lama capek juga kan? Makanya bagi-bagi harapan dan ekspektasi orang tua tersebut ke adik atau kakak. Dari sekedar bantuin jadi guru belajar saudara kita yang nilainya lebih rendah, sampe bantu ngomong untuk ngasih pengertian ke orang tua tentang pembagian ekspektasi ini. Dengan gitu beban kita sebagai si “perfect one” akan jadi lebih ringan.

 

DUKUNG TERUS SAUDARA KITA

Mau apapun kondisinya dan seberapa diistimewakannya kita sama orang tua, ataupun orang-orang sekitar. Perbedaan ini jadi nggak akan terasa berat buat adik atau kakak, selama kita juga mengistimewakan mereka. Kasih perhatian dan support supaya mereka nggak merasa dicuekin. Kalo perlu puji dan mentioned kelebihan saudara kita di depan seluruh anggota keluarga. Bela saudara kita kalo ada yang mencela atau membandingkan kita dengan dia. Kita juga pastinya nggak mau kan selalu disbanding-bandingkan. Dengan jadi saudara yang punya empati dan perhatian tinggi, kita bakal jadi the best sibling yang pernah mereka punya!

 

Learn from Jessica and Ashlee Simpson

Dulu, Jessica selalu disebut-sebut sebagai the role model of Simpson family. Udah cantik, pintar, suaranya lebih bagus, dan bodynya lebih oke. Ini bikin si adik, Ashlee literally jadi bayang-bayang Jessica. Tapi Jessica selalu memuji Ashlee di tiap kesempatan interview dan mensupport apapun yang dilakukan Ashlee. Lama kelamaan Ashlee nemuin stylenya sendiri, dari fashion, karir maupun hidupnya yang dia pelajari dari Jessica. Dan ini bikin Jessica bangga punya adik kayak Ashlee dan berharap bisa jadi cewek cool kayak adiknya itu.


Foto: Shutterstock, Getty Images, Hollywood Reporter, WMagazine, dan berbagai sumber   

Related Articles

Cara mengatasi writer block

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

PROJECT BARENG SAUDARA

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.