Login

or


Email
Password

Mylife

TIPS ANTI DEG-DEGAN SAAT MENGHADAPI MUSIM UJIAN

Makin dekat musim ujian, makin deg-degan juga kita menghadapinya. Karena belajar aja nggak cukup, yuk coba tips anti deg-degan berikut ini!

 

Membuat Rencana Belajar

Percaya deh, belajar dengan Sistem Kebut Semalam (SKS) yang mungkin sering kita lakukan nggak akan bikin ujian berjalan lancar. Karena otak kita “dipaksa” untuk mengingat semua materi dalam satu waktu. Nggak jarang, ketidak siapan ini membuat kita lebih deg-degan dan nge-blank.

Habit dadakan ini bisa kita ubah dengan membuat rencana belajar, minimal 2 minggu sebelum ujian dimulai. Misalnya Senin, Rabu, dan Jumat dijadwalkan untuk belajar dari jam 7 – 9 malam. Selain jadi lebih teratur, rencana belajar ini juga bisa membantu kita untuk mengatur free time, di mana kita bisa melakukan hal lain di luar belajar, mau itu baca novel kesukaan, cek meme di Instagram, atau hal lain yang membuat kita lebih fresh.

 

Bikin Suasana Belajar Super Nyaman

Belajar sambil ngemil atau mendengarkan lagu favorit? Why not! Kita pasti punya cara masing-masing untuk membangkitkan mood dan membuat belajar jadi lebih maksimal. Ada juga yang lebih nyaman kalau belajarnya berkelompok bareng sahabat supaya bisa saling tukar pikiran dan nggak bosen. Tapi inget, banyakin belajarnya ya daripada gosip, hihi. ;P

 

Dimengerti, Bukan Dihafal.

Dibanding menghafal, mengerti akan materi-materi yang akan diuji akan lebih membuat kita mudah menjawab soal tanpa deg-degan. Nggak salah sih apabila kita menghafal, tapi cara ini hanya membuat kita mengingat hal-hal yang sifatnya hanya di permukaan saja. Berbeda dengan mengerti, kita jadi tau permasalahan lebih dalam yang membuat kita nggak hanya ingat tapi juga membantu mengasah logika berpikir kita menjadi lebih tajam. Hafalan juga cenderung lebih mudah dilupa (apalagi sehabis ujian, bye~), sedangkan kalau kita mengerti dijamin deh akan selalu paham kapanpun kamu dihadapi soal yang mirip-mirip.

Caranya? Perbanyak mengerjakan latihan soal, sehingga kita terbiasa dan mengerti polanya.

 

Malu Bertanya, Deg-degan di Ujian

The best way to learn is from the pro! Jadi jangan malas untuk tanya langsung ke guru pengajar , Teman sekelas, atau kakak senior kalau memang kita kesulitan saat belajar untuk ujian. Apalagi di era sekarang, udah banyak aplikasi e-learning di smartphone yang bisa kita download, baik itu secara gratis atau berbayar. Pastinya hal ini nggak hanya membantu memecahkan masalah pelajaran, tapi juga membuat kegiatan belajar kita jadi lebih seru dan anti deg-degan!

 

Tidur yang Cukup

Lho, kok tidur? Nah, banyak dari kita yang terlalu fokus sama belajar selama musim ujian, sehingga sering melupakan kalau tidur yang cukup selama musim ujian juga penting untuk dilakukan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Tubingen, Jerman, tidursangat erat kaitannya dengan proses penyimpanan memori, sehingga materi yang kita pelajari dapat diingat dengan baik. Pastinya tubuh juga akan jadi lebih segar untuk menghadapi ujian.

 


Foto: Shutterstock

Related Articles

Cara mengatasi writer block

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

PROJECT BARENG SAUDARA

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.