Login

or


Email
Password

Mylife

TIPS ANTI DRAMA DAN MASALAH SAAT TRAVELLING

Yang namanya liburan, pasti pengennya nikmatin momen seru selagi jauh dari rumah. Kalau bisa sih, pengennya 100% terbebas dari drama dan masalah. Tapi gimana caranya?

Liburan memang kadang nggak selamanya berjalan mulus. Sedikit banyak, suka timbul masalah dan drama dadakan yang kita alami, bahkan saat pergi bareng orang terdekat dan tersayang sekalipun. Tapi bukan berarti kita nggak bisa meminimalisirnya kok. Banyak cara yang bisa kita lakukan supaya bisa tetap aman dan anti drama pas pergi travelling, tentunya disesuaikan sama siapa kita pergi!

 

TRAVELLING BARENG TEMAN / SAHABAT

Momen liburan bareng teman juga perlu diantisipasi supaya bisa minim drama dan nggak jadi berantem setelah liburan selesai. Karena faktanya, cocok jadi teman main belum tentu cocok jadi teman travelling bareng lho!

 

Susun itinerary dan akomodasi sesuai kesepakatan bersama.

Ini penting banget, apalagi kalau anggota grup travelling kita belum pernah sama sekali ke tempat yang mau dituju. Rembukin tempat mana aja yang mau didatangi, lokasi menginap, kendaraan buat keliling, maskapai yang mau dipesan, tentunya disesuaikan dengan waktu dan budget yang kita siapkan.

 

Siapkan tabungan bersama.

Kalau budget udah ditentukan, menyiapkan tabungan bareng-bareng justru bisa mempermudah persiapan travelling kita. Uang yang udah dikumpulkan bersama itu bisa dijadikan modal awal perjalanan, misalnya untuk sewa AirBnb atau booking hotel, beli tiket pesawat, atau simpanan buat makan selama di sana supaya budget yang dikeluarkan sama rata. Hal ini juga mengindari ‘tunggu-tungguan’ saat butuh dana untuk keperluan mendesak. Misalnya pas kebetulan dapet tiket promo dan butuh beli saat itu juga, nggak seru kan kalau tiba-tiba salah satu teman kita belum menyiapkan uangnya? Tapi untuk uang jajan dan biaya oleh-oleh selama travelling bisa kita kumpulkan masing-masing sesuai keperluan. Jangan lupa tunjuk satu orang dari grup kita yang bisa dipercaya jadi bendaharanya.

 

Harus bisa fleksibel.

Penting banget untuk selalu bisa beradaptasi sama tempat dan suasana baru, serta jadi pribadi yang lebih fleksibel saat travelling bareng teman. Karena saat di perjalanan, banyak hal nggak terduga yang kadang bisa bikin kita bete karena nggak sesuai ekspektasi dan rencana. Belum lagi keinginan tiap orang yang berbeda-beda. Untuk itu, pastikan kita dan teman-teman punya backup plan kalau-kalau rencana sebelumnya harus gagal di tengah jalan, misalkan tempat yang mau kita datangi tutup atau lokasi travelling kita selalu hujan deras dan bikin kita nggak bisa ke mana-mana. Begitu juga saat minat kita dan teman berbeda dan bentrok di jadwal, siapkan kemungkinan buat misah sementara dan nggak saling memaksa untuk ikut satu sama lain.

 

Kalau mendadak buntu soal apa aja yang bisa dilakukan selama liburan bareng teman bisa intip ide-ide menarik di artikel THE ADFRENTURE ini!

 

TRAVELLING BARENG KELUARGA

Liburan satu keluarga memang seru, tapi bukan berarti nggak bisa memicu drama. Karena semua anggota keluarga lagi berada di luar ‘zona nyaman’ mereka, bakal ada sedikit perlakukan khusus selama travelling, terutama kalau kita mengajak anggota keluarga yang sudah lanjut usia atau bahkan ngajak adik-adik kita yang masih kecil.

 

Kenyamanan jadi hal paling utama

Berbeda dengan travelling bareng teman yang masih bisa toleran soal kenyamanan dan kebanyakan modal nekat, udah pasti nggak bisa kita samain begitu pergi sama keluarga. Saat kita dipercaya untuk menyusun agenda liburan, pastikan pemilihan akomodasi yang nyaman jadi hal utama, transportasi yang mudah (misalnya taksi online dibanding bis kota atau jalan kaki terlalu lama), list tempat makan yang familiar dengan lidah seluruh keluarga, serta itinerary yang nggak ambisius atau buru-buru mengejar semua destinasi wisata.

 

Budget lebih dan biaya tak terduga

Masih ada hubungannya dengan poin pertama, karena kita bakal mengutamakan kenyamanan pastinya budget yang dibutuhkan juga diperkirakan lebih besar. Diskusikan dulu sama keluarga antara destinasi wisata yang mau dituju dengan budget yang disiapkan, agar nggak terjadi overbudget. Jangan lupa juga untuk menghitung biaya sekitar 10-20% dari biaya perjalanan untuk pengeluaran yang tak terduga, misalnya ban kendaraan yang bocor, overload bagasi, atau biaya oleh-oleh untuk om dan tante di rumah.

 

Perhatikan waktu istirahat

Siapkan waktu lebih banyak untuk kita dan keluarga beristirahat buat menghindari kemungkinan ada anggota keluarga yang kelelahan. Karena pasti energi kita yang masih remaja dengan para kakek nenek jelas berbeda jauh, sehingga mereka butuh waktu istirahat lebih banyak.

 

TRAVELLING BARENG TOUR

Itinerary lengkap, akomodasi terjamin, bisa dapet teman baru, bakal lebih anti drama lagi kalau kita ikutin langkah-langkah berikut pas travelling pakai tour.

 

Pastikan itinerary dan harga tour udah sesuai budget

Karena semua serba diatur dan kita tinggal terima jadi, pastinya harga yang ditentukan akan berbeda dari perjalanan yang kita atur sendiri. Bisa jadi lebih murah ataupun lebih mahal. Tapi yang pasti, karena ikut tour merupakan salah satu cara mudah kita buat travelling anti ribet, pastikan agenda dan harga tour udah match sama kebutuhan liburan kita. Perhatikan apa saja biaya yang sudah dan yang belum termasuk dalam paket, misalnya tiket pesawat, tiket masuk wisata, juga beberapa biaya kayak tips dan oleh-oleh.

 

Selalu kumpul tepat waktu

Itinerary yang dibuat oleh tour biasanya punya waktu yang cukup ketat demi bisa menjangkau semua destinasi wisata di kota/negara tersebut. Kendalanya, ngumpulin peserta tour untuk datang tepat waktu dan nggak ngaret jadi tantangan tersendiri. Kalau kita terlambat kumpul, otomatis waktu yang harusnya bisa kita habiskan untuk menikmati suatu tempat lebih lama jadi terbuang. Jadi, biasakan on time tiap kali pemandu tour memberikan batas waktu kumpul.

 

Tetap sopan dan helpful pada peserta tour yang lain

Keseruan ikut tour saat travelling adalah kemungkinan kita buat ketemu dan berkenalan sama orang baru. Jadikan kesempatan ini untuk dapetin teman baru dari daerah lain, walaupun nggak harus sampai akrab tapi pastikan kita tetap sopan dan menyapa saat kebetulan berpapasan di tempat yang sama. Jangan segan juga untuk ngasih pertolongan kecil kalau teman seperjalanan butuh bantuan, misalnya minjemin powerbank saat darurat, atau kasih cadangan pembalut Softex Hello Kitty kita saat ada yang mendadak datang siklus menstruasi (haid).

 

Perhatikan apa yang tour leader kita sampaikan

Walaupun kelihatannya sepele, wajib banget untuk memperhatikan apa yang disampaikan tour leader kita selama travelling, mulai dari pembagian akomodasi, waktu berkunjung ke destinasi wisata, hingga apa yang boleh dan nggak boleh untuk dilakukan sama kita sebagai pendatang. Jadi tour leader bukan perkara mudah lho, kebayang kan gimana rasanya harus menjaga sekian banyak peserta buat mendapatkan pengalaman travelling yang seru tanpa bad mood? Kalau kitanya rebel, misalnya mau jalan sendiri tanpa dipandu dan akhirnya nyasar, atau ditegur warga sekitar karena melakukan tindakan yang dilarang, pasti nggak hanya menyusahkan tour leader tapi juga seluruh rombongan.

 

TRAVELLING SENDIRIAN (SOLO TRAVELLING)

Jalan-jalan sendiri ke tempat baru nggak semengerikan itu kok. Kita masih bisa tetap enjoy solo traveling tanpa harus drama asalkan mempersiapkan hal-hal berikut!

 

Cek semua perlengkapan yang mau dibawa lebih teliti

Karena kita bakal pergi sendirian, pastinya nggak akan bisa mengandalkan siapa-siapa saat ada perlengkapan yang ketinggalan di rumah. Jadi pastiin semua perlengkapan udah masuk ke dalam tas, bikin checklist dan baca setiap kali kita mau berpindah tempat untuk menghindari skip. Baca juga artikel TRAVELING TIPS FOR DUMMIES buat macam-macam tips lainnya sebelum kita berangkat!

 

Awali dari daerah yang ‘mudah’

Kalau kita termasuk yang baru pertama kali mau mencoba travelling sendirian, pilih daerah/negara yang ‘mudah’sebagai permulaan, dengan kata lain mudah dijangkau, mudah transportasinya, juga mudah untuk mengerti bahasanya. Dari situ, kita udah bisa merasakan kelebihan dan kekurangan dari travelling sendirian untuk dievaluasi dan dijadikan pengalaman pergi solo travelling selanjutnya.

 

Supaya lebih gampang, cek dulu destinasi seru buat travelling di DESTINASI TRAVELING BERDASARKAN ZODIAK. Bahkan, travelling ke daerah yang jaraknya nggak terlalu jauh dari tempat tinggal kita (misalnya Jakarta-Bandung atau Jakarta –Yogyakarta) juga bisa jadi destinasi seru saat kita travelling sendirian. Solo travelling juga ada manfaatnya lho, kamu bisa cek selengkapnya di artikel MANFAAT SOLO TRAVELING.

 

Buka percakapan dengan orang baru, tapi tetap waspada

Travelling sendiri kadang bisa memunculkan rasa kesepian karena nggak ada teman sharing selama di sana. Tapi bukan berarti kitamembiarkan diri nggak ngobrol sama orang lain sampai balik ke rumah. Jangan sungkan untuk memulai percakapan sama orang lain yang kita temui di transportasi kayak kereta atau pesawat, juga di destinasi wisata yang lagi kita datangi. Selain kemungkinan dapat teman baru, kita juga terlatih untuk menjalin komunikasi sama orang lain yang nggak kita kenal sebelumnya. Tapi harus ingat juga untuk tetap hati-hati dan waspada pada sikap mencurigakan orang asing, supaya kita tetap aman selama di perjalanan.


Foto: Shutterstock

Related Articles

Cara mengatasi writer block

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

PROJECT BARENG SAUDARA

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.