Login

or


Email
Password

Mylife

YANG HARUS DISIAPIN CALON ANAK KOS, UDAH SIAP?

“Kuliah di luar kota? Ah so excited! Tapi…. Bisa nggak ya hidup sendiri?

Nanti di kost-an aman nggak ya? Nanti makannya gimana? Kalo kangen mamah gimana?”

 

Berencana buat tinggal di luar kota pastinya seru dan bakal dapet banyak pengalaman baru. Tapi di satu sisi, 1001 rasa pasti muncul di pikiran kita, apalagi kalo ini kali pertama kita bakal tinggal jauh dari orang tua untuk sekolah, kuliah maupun kerja.

Karena bukan cuma excited karena akhirnya bisa keluar dari rumah dan kelihatannya “bebas” karena nggak 24 jam dikontrol sama papa dan mama, tapi kita juga harus memikirkan berbagai persiapan dan tanggung jawab yang harus dijalanin selama hidup sendiri dan jauh dari keluarga.

Seperti yang dialami oleh Astrid (26), buat menempuh kuliah di UPN Veteran Yogyakarta. Dia harus pindah dari Jakarta ke Yogya sekitar 7 tahun lalu, dan cerita kalau dulu rasanya campur aduk untuk kuliah di Yogya. Mulai dari bingung nanti makannya gimana, ke mana-mana sama siapa, nggak tau daerahnya, terus kalau nanti kenapa-kenapa minta bantuan siapa. Tapi ternyata setelah dijalanin, Astrid ngerasa ngekost jauh dari orang tua nggak se-susah yang dibayangin. Malah dia jadi belajar banyak, kenal karakter orang dan ketemu banyak temen dari segala daerah.

 

HAL PALING ESENSIAL BUAT PARA CALON ANAK KOST ATAU YANG MAU HIDUP MANDIRI

Berhubung nanti ‘rumah’ kita selama di luar kota adalah kamar kost, penting banget buat pilih tempat kost yang senyaman mungkin. Jangan asal dekat atau murah, karena pemilihan tempat kost berhubungan juga sama rasa kerasan atau betah kita di tempat tersebut biar nggak gampang homesick.

Pilih Sesuai Kriteria

Agar kita bisa nyaman tinggal kota orang, tentuin dulu kost seperti apa yang sesuai sama kriteria kita. Jauh sebelum hunting, baiknya kita udah nge-list dulu nih apa aja yang kita cari dari sebuah kost-kostan, mulai dari budget, lokasi dan juga fasilitas.

 

Budget

Idealnya, nentuin budget merupakan langkah paling awal yang harus kita lakukan setelah berembuk dan sepakat sama orang tua soal berapa nilai yang mau dikeluarkan untuk membayar sewa kamar kost tiap bulannya. Dengan menentukan budget dari awal, pencarian kita udah jadi lebih spesifik, tinggal adjustment dari kriteria yang lain.

 

Lokasi

Pernah dengar istilah “Lokasi menentukan prestasi” kan? Kenyataannya kalimat ini memang betul sih, apalagi buat kost-kostan. Simplenya, kalau kita bisa dapet kost-kostan yang deket sama kampus, atau kantor tempat kita kerja, potensi telat masuk juga makin kecil. Jadi usahakan cari kost yang dekat sama lokasi rutinitas kita, malah sebisa mungkin bisa dijangkau dengan jalan kaki. Cara ini juga bikin kita lebih irit dan nggak perlu ngeluarin biaya untuk angkutan umum, atau ojek online.

Selain dekat dengan kampus, usahakan juga lokasi kost kita dekat dengan tempat-tempat penting seperti minimarket, apotik, rumah sakit, warung kelontong, dan warung makan. Pastikan kost-an kita punya alamat jelas dan terdaftar, buat memudahkan pesen makan atau kirim-kirim barang ya.

 

Fasilitas

Fasilitas tiap kost-kostan pastinya berbeda sesuai dengan harganya. Tapi beberapa hal yang menjadi fasilitas basic kost-kostan yang wajib ada yaitu air bersih, jendela agar sirkulasi udara baik, dan kamar mandi yang layak.

Nah, fasilitas untuk tambahan lain biasanya akan dikenakan biaya tambah. Semakin mahal biaya kostan, fasilitas yang ditawarkan juga biasanya semakin lengkap. Berapa fasilitas yang mungkin bisa menjadi pilihan kita dalam memilih kost-kostan adalah:

 

Cari Kost-Kostan Dari Rumah

Thank God kita udah dimudahkan sama kemajuan teknologi! Karena sekarang nyari kost-kostan nggak perlu panas-panasan lagi, atau ngeluarin ongkos untuk bolak-balik survey langsung. Sekarang udah ada beberapa aplikasi dan platform pencari kost dan kita bisa langsung booking di sana. Di antaranya ada Mamikos, Kostkost, Infokost,  KostHERO, 99.co, Cari-kos.com dan SewaKost.com. Tinggal pilih deh yang sesuai sama kriteria yang kita suka.

 

Jangan Mepet Saat Survey ‘rumah’ baru kita

Jangan pernah survey kost-kostan dengan waktu yang mepet jadwal masuk kuliah, karena biasanya kost-kostan sekitar kampus akan penuh di-booking oleh banyaknya mahasiswa baru. Selain itu, kita juga bisa punya waktu lebih panjang untuk membandingkan harga, supaya kita bisa terhindar dari harga kost yang nggak sesuai budget alias kemahalan.

 

Minta Rekomendasi Orang Terpercaya

Buat mengetahui apakah lingkungan kost yang kita incar itu baik, kita bisa tanya senior yang udah lebih dulu merantau ke kota tersebut. Kalau nggak ada orang yang kita kenal di kota itu, bisa tanya-tanya rekomendasi ke orang-orang sekitar kost-an tersebut. Kita juga bisa ikut forum atau cari review soal kost-an yang diincar. Jaman sekarang mbah Google udah bisa jadi detektif pribadi buat kamu. Ya kan?

 

Taati aturan kost

Walaupun kita bayar tiap bulan, kita tetap butuh patuh sama peraturan yang dibuat oleh pemilik kost, misalnya jam malam, ataupun peraturan menginap bagi orang luar. Makanya sebelum benar-benar masuk, perhatikan poin apa aja yang jadi peraturan dari calon kostan, supaya kita nggak kaget dan terkesan melanggar aturan yang udah diberlakukan.

 

STARTER KIT

Selain memilih kost-an, menyiapkan barang-barang untuk mengisi kamar kost pertama kali juga nggak kalah penting. Soalnya, hari-hari awal kita di kota orang, pastinya penuh penyesuaian. Nah, sejumlah ‘starter kit’ ini wajib ada buat kita yang pertama kali ngekost.

Btw, biarpun kalo udah ada starter kitnya, dekor kamar kos kita biar lebih keliatan nyaman buat ditinggalin (dan kayak kamar-kamar di Pinterest!), baca artikelnya di IDE DEKOR KAMAR KEREN KAYAK IKEA!

 

LINGKUNGAN

Cari kost udah selesai, tinggal kita menyesuaikan diri dan cari tau soal lingkungan tempat kita tinggal.

Kenalan dengan tetangga baru.

Ini hal paling penting yang nggak bisa kita abaikan saat tinggal di tempat baru. Karena kita jauh dari orangtua, tetangga kitalah yang nantinya bisa kita mintai bantuan dikala kita butuh. Nggak harus satu gedung lho ya, temen-temen di kanan dan kiri kamar kita juga udah cukup. Seenggaknya, mereka tau kalau ada keberadaan kita yang jadi tetangga baru mereka.

Kenali ibu kost dan penjaga kost.

Kita bisa minta bantuannya saat diperlukan, misalnya mengganti bohlam lampu, atau janjian untuk nggak mengunci pagar kalau kita terlambat pulang. Setelah itu, usahakan kita juga mengenali lingkungan di luar kost-an, misalnya dengan pemilik warung makan atau warung kopi. Ini penting, karena merekalah orang-orang yang akan kita temui setiap hari. Hafalkan juga jalan dari kost-an ke tempat aktivitas kita, atau ke titik-titik penting lain seperti minimarket, warnet, tempat fotocopy, sampai rumah sakit.

 

KEUANGAN

Jadi anak kost dan hidup sendirian, artinya kita bertanggung jawab sepenuhnya sama keberlangsungan hidup kita sehari-hari. Nggak ada lagi istilah dimasakkin orang rumah, yang bisa kita andalkan cuma gimana cara kita survive setiap harinya dengan budget yang kita punya. Usahakan untuk bijak dengan pengeluaran, dan jangan terlalu boros supaya kita nggak kesusahan terutama di akhir-akhir bulan. Yang paling penting, sisihin uang kita tiap bulan buat biaya tak terduga seperti untuk saat kita sakit, lampu kamar putus, atau laptop yang mendadak rusak.

 

KOMUNIKASI DENGAN ORANG TUA

Tinggal di kota orang, rasa kangen antara anak dengan orang tua udah pasti nggak bisa dihindarin. Walaupun udah tinggal jauh, jangan lupa untuk selalu kontak dengan mereka. Rutin Whatsapp atau telefon bisa sedikit menenangkan rasa rindu kita dan orangtua, serta menghilangkan rasa khawatir selama kita jauh dari mereka.

Percaya deh, kalau selama ini kita nganggep ngabarin orang tua adalah hal yang agak memalukan, begitu jauh rasanya lain banget. Pokoknya segala nasihat mereka yang tadinya kita rasa annoying bakal terasa 100% benar saat kita mengalami ‘adult problems’. Orang tua juga selalu punya cara, untuk anaknya merasa tenang.


Foto: Shutterstock

Related Articles

Cara mengatasi writer block

Ketemu sama keadaan dimana kita bingung mau nulis apa atau mau bikin apa padahal keadaannya kita lagi dikejar deadline! Ini dia cara mengatasi writer block

Cara LDR Agar TIdak Bosan

LDR juga tetep bias nyenengin kok! Simak tipsnya.

PROJECT BARENG SAUDARA

Apa aja plus minus bikin project bareng saudara?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.