Login

or


Email
Password

Mylooks

4 PRODUK UTAMA DALAM SKINCARE

Berbicara skincare nggak pernah akan ada habisnya. Dengan berjuta-juta produk skincare di luar sana beserta klaim yang mereka suguhkan, nggak heran ini membuat kita bingung. Padahal sebenarnya kita hanya ingin kulit wajah sehat, terlindung sempurna dan nggak muncul “tamu nggak diundang” atau jerawat and the gang. Jadi, sebenarnya apa aja sih produk skincare yang harus kita punya? Menurut Beauty Within, inilah 4 core produk skincare utama yang harus kita punya.

 

THE 4 BASIC SKINCARE ROUTINE ESSENTIALS

Keempat step dan juga produk ini adalah core atau pusat utama skin care routine kita. Tanpa mereka, skincare tambahan seperti serum atau lainnya nggak bisa berfungsi dengan baik. Keempat produk skincare utama tersebut terdiri dari:

 

CLEANSER

Yang fungsinya untuk membersihkan wajah. Cleanser adalah step pertama untuk membersihkan kotoran, minyak, sel-sel kulit mati yang ada di permukaan wajah. Kenapa step ini penting banget buat dilakukan? Karena kotoran yang nggak dibersihkan bisa masuk ke pori-pori wajah, membuatnya tersumbat sehingga memicu jerawat (tapi lain cerita kalo jerawat kamu tipe yang hormonal ya), karena itu penting banget untuk selalu membersihkan wajah sebelum kita lanjut ke step pemakaian produk berikutnya.

Berapa kali harus membersihkan wajah serta produk apa yang kita pakai, itu tergantung tipe jenis kulit kita masing-masing.

TIPS:

Untuk yang punya tipe kulit kering, sebagian mungkin cukup membersihkan wajah dengan pake kapas dan micellar water di pagi hari, baru kemudian pake pembersih wajah di sore/malam setelah beraktivitas. Jenis cleanser yang cocok untuk kulit tipe ini berkisar antar gel, milk base, atau cream cleanser. Karena sifatnya yang mild dan nggak akan menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan kulit kering.

Sedang buat kulit berminyak, kita bisa memilih cleanser yang mengandung salicylic acid. Kandungannya yang gentle, nggak akan membuat kulit kita memproduksi minyak berlebih. Dan ketika kita membersihkan wajah, coba bersihin dengan cara memijat memutar di area T sekitar 2 menit supaya bersih dan kandungannya meresap ke dalam pori-pori. Disarankan juga untuk melakukan double cleansing.

 

TONER

Berfungsi untuk menghidrasi dan menyeimbangkan air di kulit wajah. Semua jenis tipe kulit membutuhkan hidrasi buat mencapai kulit yang glowing dan bersih. Karena tubuh kita hampir 70%nya terdiri dari air, dan juga supaya kulit bisa berfungsi sempurna dia membutuhkan air dalam jumlah cukup. Di sinilah toner dan produk hidrasi lainnya bekerja untuk meningkatkan kandungan air di kulit. Kebanyakan toner adalah water based dan terdiri dari humektan, bahan aktif untuk menyerap (absorption) dan mengikat (adsorption) air. Contohnya Hyaluronic Acids.

Toner dan moisturizer (juga serum) saling melengkapi satu sama lain, apalagi kalo kulit kita termasuk yang kering. Nggak cukup hanya menggunakan salah satunya. Partikel toner (dan serum) cenderung kecil bila dibandingkan moisturizer dan harus dipake pertama kali, karena kalo nggak air untuk melembapkan dan menghidrasi kulit kita nggak akan bisa “dijebak” di dalamnya.

 

MOISTURIZER

Melembapkan, melembutkan dan bisa juga menghidrasi kulit wajah. Selain ketiga fungsi tersebut, moisturizer bekerja untuk mencegah hilangnya kelembapan di kulit dengan menaruh “pelindung” di atas kulit, sehingga kelembapan nggak akan menguap sepanjang hari. Untuk kulit berminyak, pastikan memilih produk skincare yang ringan (lightweight) dan bisa mengontrol minyak.

 

SUNSCREEN

Melindungi wajah dari sinar UVA dan UVB. Believe it or not, sunscreen adalah cara efektif and the key product untuk mempertahankan keremajaan kulit. Karena premature wrinkling, pigmentation, dark spot, garis-garis halus, itu semua terjadi akibat kulit wajah terekspos dan nggak terlindungi dari sinar matahari serta polusi.

Penting banget buat dicatat, karena di umur kita yang masih remaja gini kita cenderung nggak peduli sama masalah kulit kayak: keriput, freckles, dan garis halus serta masalah kulit lainnya karena mengganggap “ah masih muda ini jadi nggak penting ah pake sunscreen”. Perlu disadari, kulit remaja nggak akan bisa kembali lagi begitu kita sudah dewasa nanti. Our youthful skin won’t bounce back, walaupun semahal apapun perawatan kulitnya. Semakin bertambah usia hari demi hari (bukan tahun kayak ulang tahun ya) regenerasi kulit kualitasnya akan semakin menurun, masalah kulit yang kita alami sembuhnya nggak akan secepat ketika kita masih remaja. Selain itu, sinar matahari menyerang langsung ke kolagen dan elastin di lapisan kulit yang membuat elastisitas berkurang sedikit demi sedikit. Bayangin aja bila kita nggak melindungi kulit dari sejak dini, bisa-bisa baru masuk usia 20 tahun garis halus malah udah muncul. So, pastikan lindungi wajahmu dengan sunscreen apapun jenis kulitnya!

 

Nah itulah keempat produk utama skincare yang harus kita punya sebelum kita masuk ke tambahan produk skincare lainnya. Udah nggak bingung lagi kan sekarang? Yang penting ketahui dulu JENIS KULIT WAJAH kita, dan METODE SKIN CARE seperti apa yang ingin kita lakukan.

 


Foto: Shutterstock   

Related Articles

CHIC CHOKERS

Kalung chokers yang sempat populer di tahun 1990-an, sekarang hits lagi.

Trend Kecantikan: Apa itu Cushion?

Apa sih cushion itu? Inovasi make up dan skin care dari dunia beauty ini bakal bikin kamu ketagihan!

Gaya Fashion Jeans Denim

Denim, atau yang lebih popular dengan Jeans merupakan style outfit yang multifunction, terutama the iconic blue jeans yang cocok di mix match dengan style apapun.

Membentuk alis dengan Stensil Alis

Membentuk alis dengan stensil alis memang merepotkan. Kalo alis nggak pas akan mempengaruhi muka. Nah dengan alat ini bisa membentuk atau menggambar alis sendiri.

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.