Login

or


Email
Password

Mylooks

7 KESALAHAN UMUM SCRUBBING YANG SERING DILAKUKAN

Scrubbing adalah salah satu rutinitas eksfoliasi wajah dan tubuh untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, sekaligus membersihkan kotoran supaya pori-pori tidak tertutup dan kulit tetap terhidrasi juga lembut. Biarpun terdengar sederhana tapi kalo scrubbing nggak dilakukan dengan benar, yang ada hasil di atas malah jadi sebaliknya. Berikut ada 7 kesalahan saat scrubbing yang sering banget nggak sadar kita lakuin, apa aja sih itu?

 

NGGAK MEMBASAHI WAJAH TERLEBIH DAHULU

Pake scrub itu beda dengan pake micellar water atau pembersih makeup. Scrubbing punya butiran scrub, bila kulit kita masih kering gesekan antara butiran scrub dan lapisan kulit akan membuat kulit menggesek dan terluka sehingga bisa nyebabin iritasi. Karena itu, jangan lupa membasahi wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan scrub, apapun jenis scrub yang kita gunakan.

 

MEMILIH BUTIRAN SCRUB YANG TERLALU KASAR

Semakin besar dan kasar scrubnya semakin bagus, ini adalah mindset yang salah. Butiran scrub harus halus dan terbuat dari bahan yang aman. Butiran scrub yang besar dan kasar bisa merusak struktur kulit sehingga kulit jadi kering, kusam, dan malah nimbulan hal yang nggak kita inginkan.

 

MEN-SCRUBBING TERLALU KERAS

Badan kita bukan panci yang musti digosok keras biar kotorannya hilang. Permukaan kulit kita sangat lembut dan rentan iritasi, daripada pake alat scrub yang keras lebih baik gunakan scrub dari bahan alami yang lembut dan kalo perlu punya kandungan yang bisa melembapkan kulit. Gosok secara perlahan, nggak perlu ditekan karena butiran-butiran scrub udah cukup untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati di tubuh kita.

 

HANYA FOKUS MEN-SCRUBBING DI AREA TERTENTU

Dilansir dari The Healthy, menurut dermatologist, Neal Schultz, MD., hasil optimal scrubbing wajah sulit didapat bila konsistensi tekanan dan lama kita men-scrubbing nggak tepat di tiap area. Karena itu sebelum muka men-scrubbing, perhatikan dulu di kaca area manakah yang perlu lebih kita perhatikan. Masalah pada wajah bisa berubah-ubah tiap hari, kalo kita melihat area dahi lebih kasar dan kusam pastikan untuk lebih memperhatikan area tersebut. Jangan salah memberikan perhatian di area-area yang sebenarnya nggak perlu discubbing.

 

NGGAK MEMPERHATIKAN WAKTU SCRUBBING DAN KONDISI KULIT

Mungkin aja kita lupa kira-kira udah nge-scrub wajah dan badan hari ini atau belum. Idealnya men-scrubbing wajah bisa dilakukan nggak lebih dari empat kali seminggu, dan untuk tubuh dua sampe tiga kali seminggu. Kalo kulit kita termasuk yang sensitive, bisa mengurangi dari dua waktu tersebut. Kemudian, perhatikan kondisi kulit apakah kulit di waktu yang pas untuk scrubbing atau tidak. Scrubbing itu sama dengan exfoliasi maka harus disesuaikan dengan kondisi kulit dan rutinitas perawatan kulit kita. Ketika kulit sedang berjerawat atau sensitive, sebaiknya menghindari melakukan scrubbing. Mengikis kulit mati Cuma akan membuat jerawat semakin parah karena ningkatin risiko tersebarnya bakteri ke bagian wajah yang lain.

 

LUPA ME-MOISTURIZER KULIT SETELAH SCRUBBING

Ini kesalahan kedua paling sering setelah nge-scrub dengan keras. Moisturizing gunanya untuk melembapkan, menenangkan kulit, menutrisi, sekaligus mengunci air yang ada di dalam kulit supaya tetap bertahan di dalam lapisan kulit tubuh ataupun wajah. Dan juga supaya kulit nggak iritas, pastikan untuk menyediakan lotion dan toner di kamar mandi biar nggak kelupaan.

 

MENGGUNAKAN ALAT SCRUBBING YANG KOTOR

loofah, washcloth, sponge mandi sebaiknya langsung dicuci dan dikeringkan tiap sehabis digunakan supaya bakteri nggak betah tinggal di dalamnya. Kebayangkan alat scrub yang kita pake bukannya membersihkan malah nambahin bakteri, hiii….

 


Foto: Shutterstock dan berbagai sumber

Related Articles

CHIC CHOKERS

Kalung chokers yang sempat populer di tahun 1990-an, sekarang hits lagi.

Trend Kecantikan: Apa itu Cushion?

Apa sih cushion itu? Inovasi make up dan skin care dari dunia beauty ini bakal bikin kamu ketagihan!

Gaya Fashion Jeans Denim

Denim, atau yang lebih popular dengan Jeans merupakan style outfit yang multifunction, terutama the iconic blue jeans yang cocok di mix match dengan style apapun.

Membentuk alis dengan Stensil Alis

Membentuk alis dengan stensil alis memang merepotkan. Kalo alis nggak pas akan mempengaruhi muka. Nah dengan alat ini bisa membentuk atau menggambar alis sendiri.

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.